4 Manfaat Protein untuk Ibu Hamil Muda

Untuk memenuhi nutrisi ibu dan janin, pastikan mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Protein sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin dan kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Selama masa kehamilan protein juga memiliki peran yang cukup besar untuk membantu pertumbuhan jaringan rahim dan mendukung payudara agar bisa menyusui dengan lancarnya nantinya. Jadi apa saja manfaat protein bagi ibu hamil muda? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Moms!

Apa Saja Manfaat Protein untuk Ibu Hamil Muda?

Untuk membantu pertumbuhan janin dan kesehatan ibu, tentunya tidak cukup hanya memenuhi kebutuhan vitaminnya saja. Moms juga harus memperhatkan kebutuhan akan protein yang memiliki banyak manfaat seperti berikut ini.

1.     Sumber Kalori

Protein juga berguna sebagai sumber kalori yang penting bagi tubuh. Dengan kalori yang bagus akan membantu Moms beraktivitas setiap harinya dengan nyaman. Kebutuhan kalori yang terpenuhi akan membantu untuk kinerja dan fungsi organ tubuh.

2.     Membantu Mengatasi Risiko Bayi Cacat

Dengan protein yang terpenuhi akan membantu memgatasi risiko bayi mengalami kecacatan. Protein sendiri ternyata dapat dipecah menjadi bahan penyusun yang biasanya disebut asam amino, sehingga mampu untuk mncegah terjadinya risiko bayi cacat.

3.     Membangun dan Memelihara Jaringan Tubuh Keseluran

Protein sebagai nutrisi yang membangun dan memelihara jaringan tubuh hampir keseluruhan, dari rambut hingga kulit. Sehingga protein memiliki peran yang besar bagi ibu hamil muda.

4.     Membantu Dalam pembentukan Antibodi

Antibodi memiliki peran untuik melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan memenuhi jumlah protein yang cukup pada tubuh tentunya dapat meningkatkan antibodi  setiap harinya.

Daftar Makanan  yang Memiliki Sumber Protein  Berkualitas

Biasanya dokter akan memberikan saran kebutuhan protein yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Umumnya protein yang dibutuhkan sekitar 45 gram untuk setiap harinya.

Namun, bisa mengalami peningkatan hingga 75 gram. Jadi makanan apa yang mengandung protein tingga dan bagus bagi ibu hamil muda?

1.     Telur

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang dapat  diolah dalam berbagai jenis masakan yang enak. Apalagi telur dapat membantu mencukupi kebutuhan protein harian ibu hamil muda.

Perlu Moms ketahui jika dalam 1 atau 2 butir telur ayam mengandung protein sekitar 12,4 gram sehingga cukup memenuhi kebutuhan protein hariannya.

Telur juga mengandung kolin yang memiliki peran untuk membantu dalam pembentukan otak  dan sumsum tulang belakang janin, serta mampu mencegah bayi cacat.

2.     Daging ayam

Daging ayam salah satu makanan yang kaya akan protein, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda.

Dengan daging ayam 100 gram, memiliki kandungan sekitar 18,2 gram protein. Dengan konsumsi daging ayam juga bisa mencukupi kebutuhan zat besi yang berperan mencegah bayi prematur.

3.     Daging sapi

Daging sapi juga menjadi salah satu makanan yang memiliki protein tinggi. 100 gram daging sapi ternyata mengadung sekitar 19 gram. Moms bisa mengelak h berbagai macam masakan menggunakan daging sapi.

Itulah beberapa manfaat protein untuk ibu hamil muda dan daftar makanan yang dapat menjadi sumber protein. Moms bisa mengkonsumsi berbagai makanan lainnya yang dapat meningkatkan protein, namun pastikan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *