6 Tips untuk Menunggu Persalinan

Untuk menunggu persalinan tentu ada berbagai hal yang harus dipersiapkan terutama kesehatan tubuh dan mental ibu. Mendekati waktu persalinan ibu diharapkan tidak stres dan cemas agar lebih mudah. Bagaimana cara untuk membuat perasaan ibu tenang ketika mendekati persalinan? Ibu bisa lihat beberapa tips untuk menunggu persalinan seperti di bawah ini :

Tips untuk Menunggu Persalinan

Ketika ibu hamil sudah mendekati waktunya persalinan tentu ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan selain pakaian. Nah, di sini ada beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan saat menunggu waktu persalinan tiba.

1.     Waktu Istirahat Lebih Banyak

Sebelum tiba waktunya persalinan, perbanyak waktu istirahat. Pastikan ibu tidur antara 7 hingga 9 jam dan sisihkan waktu untuk tidur siang meski sebentar. Dengan tidur yang cukup akan membantu ibu hamil dan janin lebih mudah dalam proses persalinannya. Jaga pola tidur agar tidak mengalami masalah ketika sudah waktunya persalinan.

2.     Mempelajari Proses Persalinan

Dengan mempelajari tentang proses persalinan sebelum waktunya tiba perlu dilakukan agar bisa menghadapinya tanpa perasaan cemas yang berlebihan. Mengetahui proses persalinan akan memberikan solusi bagi ibu hamil untuk tidak takut dan berpikir negatif. Mengikuti pelatihan untuk persalinan dapat membantu ibu hamil mengambil langkah nyata lebih baik.

3.     Menghindari Berpikir Negatif

Untuk ibu hamil hindari berpikiran negatif agar tidak stres, maka ibu hamil perlu menamankan pikiran positif setiap harinya. Dengan berpikir positif akan membantu ibu dan janin tetap sehat. Selain itu, untuk proses persalinan telah tiba akan lebih lancar.

4.     Mempersiakan Keperluan Bayi

Untuk menunggu waktunya persalinan tiba, ibu bisa mempersiapkan keperluan bayi sebelum lahir sehingga tidak boleh ngung lagi setelah melahirkan nanti. Siapkan perlengkapan bayi yang utama terlebih dahulu seperti bedong, pakaian, sarung tangan, kaos kaki, handuk, peralatan mandi bayi, maupun botol susu.

Baca Juga : Inilah Daftar Berbagai Kebutuhan Bayi Baru Lahir

5.     Melakukan Olahraga Ringan

Bagi ibu hamil yang sedang menunggu waktu persalinan tiba bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan secara teratur. Dengan melakukan olahraga yang ringan akan membantu menambah stamina saat melahirkan.  menghadapi ujian stamina saat melahirkan.

6.     Mengonsumsi Makanan yang  Bernutrisi

Ketika melakukan persiapan persalinan, hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil adalah menjaga kondisi tubuh dalam kondisi yang tetap sehat. Sehingga ibu hamil perlu untuk mengonsumi makanan yang banyak memiliki nutrisi seperti kacang-kacangan, sayur, buah dan lainnya

Memasuki masa persalinan tidak hanya biaya saja yang perlu dipersiapkan, namun secara fisik dan mental ibu hamil harus terjaga dengan baik sehingga dapat mempermudah proses melahirkan nantinya. Dengan beberapa tips untuk menunggu persalinan diatas diharapkan dapat membantu ibu hamil lebih tenang ketika melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *