Ketahui Apa Itu MPASI Adekuat?

Apa itu MPASI adekuat? MPASI atau Makanan Pendamping ASI biasanya akan diberikan pada anak usia 6 bulan. Untuk MPASI adekuat merujuk pada pemberian makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi dan perkembangan anak secara optimal.

Dengan MPASI adekuat akan membantu si kecil tidak mengalami stunting dan wasting. Memasuki usia 6 bulan MPASI adekuat sangat penting karena untuk memenuhi kebutuhan energi maupun nutrisinya. Nah, ada beberapa prinsip yang perlu Moms ketahui mengenai MPASI adekuat ini.

1.     Makanan yang Kaya Nutrisi

Memberikan MPASI pada si kecil tentu tidak sembarangan, apalagi MPASI adekuat harus mencangkup makanan yang kaya akan nutrisi. Beberapa makanan tersebut juga harus mengandung sumber protein dan karbohidrat. Seperti nasi, kentang, sereal, susu, telur, ikan, dan buah-buahan.

2.     Tekstur Makanan Lembut

MPASI atau Makanan Pendamping ASI biasanya diberikan dalam bentuk padat, tapi mudah dihaluskan. Moms bisa memilih makanan yang lembut dan mudah dicerna sehingga aman untuk pencernaan si kecil yang masih sensitif.

3.     Hindari Gula dan Garam

Masa MPASI adalah aktunya si kecil diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan padat. Namun, dalam prosesnya Moms sebaiknya menghindari penggunaan garam dan gula untuk bayi usia di bawah 12 bulan.

4.     Memperkenalkan Berbagai Makanan Padat Satu Persatu

Untuk membantu mengindentifikasi alergi makanan, Moms bisa memperkenalkan makanan baru satu persatu. Selain itu. pastikan Moms memilih makanan tersebut mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin.

5.     Memperhatikan Kesiapan Si Kecil

Moms perlu memperhatikan tanda-tanda kesiapan si kecil diberikan MPASI. Beberapa tanda bayi siap MPASI adalah menunjukkan minat pada makanan, menunjukkan kemampuan duduk sendiri, dan mulai menyunyah.

6.     Tetap Memberikan ASI secara Teratur

Dengan memberikan ASI atau susu formula secara teratur dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi utama hingga anak berusia dua tahun. Pastikan Moms juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi agar mendapatkan ASI yang berkualitas.

7.     Mengandung Banyak Serat dan Karbohidrat

Moms perlu memberikan asupan makanan yang banyak mengandung serat dan karbohidrat, hal ini dapat membantu pencernaan si kecil dan menstabilkan gula darah dalam tubuh. Jika Moms masih khawatir dengan pertumbuhan si kecil bisa konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi.

8.     Memberikan MPASI Tepat Waktu

Dengan memberikan MPASI tepat waktu pada si kecil dapat memenuhi energi yang dibutuhkan secara tepat. Moms dapat memberikan MPASI adekuat ketika si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda mulai menginginkan makanan lain selain ASI atau sufor.

Baca juga: Tips Mencegah Bayi Mengalami Drop Saat Musim Hujan

Apa itu MPASI adekuat? Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika MPASI adekuat merupakan makanan tambahan yang dapat memenuhi energi dan nutrisinya. Moms bisa membiasakan si kecil makan sehat secara bertahap dan konsistensi.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *