Apa Saja Penyebab Anak Makan Sedikit?

Sering kali orang tua dibuat pusing dengan kondisi anak yang hanya mau makan sedikit, sehingga Moms harus memiliki strategi agar kebutuhan nutrisi anak tetap tercukupi. Maka, untuk mengatasi hal tersebut, Moms perlu mencari tahu penyebab anak makan sedikit.

Nah, meski kondisi ini sering terjadi pada anak-anak, namun memberikan makanan yang bergizi menjadi kewajiban yang harus dipenuhi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Berikut beberapa penyebabnya dan cara mengatasinya.

Penyebab Anak Makan Sedikit

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Salah satunya adalah memberikan makanan yang sehat dan enak agar anak makan dengan lahap sehingga dapat mendukung pertumbuhan mereka dengan optimal. Namun, dalam beberapa kondisi masih banyak anak yang makan sedikit sudah kenyang. jadi, apa penyebabnya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1.     Porsi Besar

Biasanya anak menjadi tidak ingin makan, jika melihat porsi yang besar. Biasanya si kecil akan menghindari waktu makan. Anak merasa takut dengan porsi makanan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

2.     Gangguan Sensorik pada Anak

Tenyata gangguan sensorik pada anak juga bisa mempengaruhii nafsu makan si kecil. Hal ini dapat membuat anak mengalami kesulitan saat makan. Tekstur makanan yangn kasar atau keras menyebabkan si kecil hanya makan sedikit.

3.     Pilih-pilih Makanan

Anak makan sedikit bukan karena nafsu makannya yang berkurang, namun salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah anak pilih-pilih makanan yang disukainya saja. Jadi Moms perlu menyusun strategi yang tepat agar anak mau makan, makanan yang telah disiapkan.

4.     Gangguan Kesehatan pada Anak

Anak sering mengalami beberapa gangguan kesehatan yang umum terjadi seperti gangguan pencernaan, sakit perut, atau terjadinya anoreksia. Beberapa gangguan kesehatan tersebut, dapat menjadi penyebab anak hanya makan sedikit.

5.     Pola Makan yang Buruk

Perlu Moms ingat jika makanan untuk anak harus diperhatikan dengan baik, agar makan anak tetap teratur dan lahap. Pola makan yang buruk, akan membuat si kecil makan sedikit dan membuatnya mudah merasa kenyang.

Cara Mengatasi Anak Makan Sedikit

Membujuk anak untuk makan memang tidak mudah sehingga Moms memerlukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Namun, Moms jangan memaksa si kecil untuk makan banyak karena dapat menimbulkan beberapa trauma yang mengakibatkan mereka menghidari waktu makan.

  1. Membuat jadwal makan anak dengan teratur
  2. Mengajak akan untuk menyiapkan makanan
  3. Memberikan pilihan makanan yang kaya nutrisi
  4. Mengirangi makanan ringan atau camilan
  5. Membiasakan anak untuk makan sebelum terlalu lapar atau kelelahan

Penyebab anak makan sedikit bukan karena anak tidak nafsu makan, tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, Moms tidak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi pada anak-anak. Moms bisa mengatasinya dengan beberapa cara diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *