Apakah Bayi Tidur Harus Pakai Kaus Kaki?

Kaus kaki menjadi salah satu perlengkapan bayi yang biasanya sudah disediakan sejak baru lahir. Dengan memberikan kaus kaki dapat melindungi si kecil dari udara dingin karena kondisi bayi yang masih rentan terkena penyakit.

Memakaikan kaus kaki pada si kecil dapat membuatnya lebih nyaman karena merasa terlindungi. Namun, apakah bayi tidur harus pakai kaus kaki? Simak ulasan lengkahnya berikut ini.

Inilah Penjelasan Mengenai Penggunaan Kaus Kaki Ketika Bayi Tidur

Pastinya ada berbagai pertanyaan yang sering muncul di benak Moms, seperti pemakaian kaus kaki bayi ketika tidur ini. Apalagi cuaca yang gerah tentu membuat si kecil tidak akan nyaman.

Dari beberapa informasi mengatakan jika penggunaan kaus kaki ketika bayi tidur akan menghambat pergerakannya, bahkan dapat menimbulkan kematian mendadak atau SIDS.

Namun, untuk menjaga kondisi kulit bayi agar tetap aman dari debu, goresan di sekitarnya, atau cuaca dingin Moms bisa memakaikannya.

Telapak kaki menjadi salah satu daerah sensistif si kecil terhadap sentuhan, sehingga penggunaan kaus kaki terus-menerus dapat menghambat stimulasi peraba anak. Apabila kaus kaki dilepas mereka akan merasa bebas.

Hal Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kaus Kaki untuk Bayi?

Kaus kaki memang memiliki banyak menfaat bagi bayi maupun orang dewasa. Namun, untuk penggunaan kaus kaki pada bayi tidak boleh sembarang. Ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan seperti berikut ini.

1.     Memastikan Ukuran Kaki Si Kecil

Tidak hanya memilih baju atau popok untuk bayi saja, yang harus menyesuaikan dengan ukuran si kecil. Moms perlu mengetahui ukuran kaus kaki si kecil agar tidak salah beli. Jika kaus kaki terlalu kecil dan ketat akan membuat kakinya mengalami risiko iritasi.

2.     Memiliki Bahan yang Lembut

Pilihlah kaus kaki dengan bahan yang lembut. Moms bisa memilih bahan katun atau rayon yang juga mampu untuk menyerap keringat sehingga bayi tetap merasa nyaman.

3.     Elastisitas Kaus kaki

Kaus kaki yang memiliki elastisitas dapat dipakai selama si kecil dalam masa pertumbuhan. Dengan bahan yang elastis tidak mengganggu pertumbuhan bayi yang cepat.

4.     Desain Kaus Kaki

Desain kaus kaki bayi biasanya beraneka ragam bentuk atau modelnya. Moms memilih kaus kaki dengan dsain yang lucu, namun tetap nyaman saat dipakai. Pilihlah sesuai dengan usia si kecil.

Apakah bayi tidur harus pakai kaus kaki? Untuk penggunaan kaus kaki pada bayi tentu tidak digunakan secara terus-menerus, Moms bisa memakaikannya ketika kondisi cuaca yang dingin.

Apabila kaus kaki digunakan dalam waktu yang lama pada bayi baru lahir akan menghambat sirkulasi darah yang berada di kaki si kecil. Maka, Moms dapat membiarkan si kecil bertelanjang kaki saat tidur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *