Bayi Mengoceh Sebelum Tidur, Normalkah?

Perkembangan setiap bayi tentu berbeda-beda, termasuk kemampuan bayi dalam berkomunikasi. Seringkali si kecil akan bertingkah lucu ketika tidur maupun bangun.

Seperti bayi mengoceh saat mau tidur adalah hal yang umum terjadi. Namun, hal ini meenjadi salah satu momen yang lucu. Tahukah Moms jika bayi mengoceh saat tidur menjadi cara untuk meredakan diri sendiri  sebelum tertidur. Bahkan situasi ini dapat menjadi cara untuk melakukan komunikasi.

Normalkah Bayi Mengoceh Sebelum Tidur?

Menjelang waktu tidur si kecil biasanya tidak akan lengsung tertidur pulas. Mereka akan mengoceh lebih dulu sebelum tidur sambil memegang dot maupun badan bergerak ke kanan dan kiri. Bayi akan tertidur lelap jika sudah lelah berbicara sendiri.

Ada sebagian orang tua yang menganggap ini sebagai hal yang normal dilakukan oleh bayi. Mereka melakukan hal tersebut untuk menenangkan diri sendiri atau mengajak orang disekitarnya untuk berkomunikasi.

Kebiasaan mengoceh sebelum menjelang tidur, dilihat dari segi psikolog  anak memang bukanlah masalah jadi Moms bisa tenang. Sebagai orang tua Moms bisa memberitahukan pada anak perlahan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut agar tidak terbawa hingga dewasa.

Ternyata ada berbagai macam kebiasaan si kecil menjelang tidur. Selain mencari ketenangan bayi juga ingin mendapatkan rasa aman. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika kebiasaan itu dilakukan dapat membantu si kecil tidak mimpi buruk.

Tips Mengetahui Celotehan Bayi Sebelum Tidur

Ketika Moms menemani si kecil menjelang waktu tidurnya, tetapi anak masih berceloteh dengan riang inilah tips yang bisa Moms lakukan.

1.     Memperhatikan Ekspresi Si Kecil

Jika si kecil mengoceh sebelum tidur, Moms bisa mendengarkan dan memperhatikan ekspresi dari si kecil. Mungkin mereka ingin mengungkapkan suatu  perasaan seperti lapar atau merasa kurang nyaman. Pastikan Moms mencoba untuk mengidentifikasi apa penyebab bayi mengoceh.

2.     Melakukan Pemeriksaan Fisik Pada Bayi

Jika bayi mengoceh sebelum tidur, pastikan kondisi fisik bayi apakan baik-baik saja atau ada yang membuatnya tidak nyaman karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka.

3.     Berbicara Dengan Lembut

Apabila si kecil mengoceh sebelum menjelang tidur, Moms bisa mengajak bicara dengan lembut. Moms bisa menenangkan si kecil dan segera mengajaknya untuk tidur dengan kata-kata ajakan yang lembut akan membantu bayi merasa aman.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengajak Anak Berbicara?

Bayi mengoceh saat mau tidur memang bukan hal mengawatirkan, namun untuk menjaga si kecil tetap aman dan nyaman Moms perlu mengetahui apa penyebabnya sehingga kualitas tidur bayi tidak akan terganggu.

Diatas ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan apabila hal tersebut terjadi pada mereka. Untuk menghadapi hal tersebut Moms harus bisa bersabar dengan memberikan ekspresi yang tetap tenang dan suara yang lembut. Nah, di sini Baby CloudFoam juga menuliskan tentang “usia bayi mulai berceloteh” yang bisa Moms klik pada tautan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *