Benarkah Berpelukan Dapat Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak?

Berpelukan ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Maka, pentingnya berpelukan untuk meningkatkan bonding ibu dan anak. Bonding ibu dan anak adalah menjadi salah satu cara alami yang dapat membentuk ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anaknya.

Manfaat Bonding Ibu dan Anak

Dalam sebuah penelitian mengakatakan jika bonding adalah cara yang tepat untuk membangun interaksi antara orangtua dan anaknya. Adapun manfaat bonding yang perlu Moms ketahui adalah sebagai berikut.

1.     Membangun hubungan yang sehat antara ibu dan anak

Bonding menjadi salah satu yang tepat agar anak dan ibu memiliki hubungan yang sehat. Dengan bonding, akan membuat hubungan dalam keluarga menjadi lebih erat dan berkualitas. Bonding bisa membantu si kecil  berkomunikasi dan berperilaku baik, serta mendengarkan dengan seksama.

2.     Membuat anak lebih bahagia

Tidak hanya menguatkan hubungan antara anak dan keluarga, namun juga bisa membuat si kecil mendaoatkann kebahagian. Moms bisa mengajak si kecil melakukan berbagai kegiatan bersama yang menyenangkan. Dengan anak-anak yang memiliki kelekatan besama orang tuanya akan tumbuh sebagai anak yang saling mendengarkan dan menghormati ketika dewasa nantinya.

3.     Memiliki hubungan sosial yang baik

Ketika dewasa anak akan memiliki hubungan sosial yang baik dan sehat dengan orang lain. Sehingga Moms tiak perlu khawatir lagi, karena si kecil dapat berkomunikasi dengan baik. Sehingga bonding dapat memberikan dampak yang positif bagi anak untuk kedepannya.

4.     Membangun kepercayaan dan rasa aman anak

Dengan bonding dapat membangun kepercayaan diri dan rasa aman si kecil terhadap orang lain, terutama orang tuanya. Kepercayaan diri ini akan membantu anak berinteraksi dengan baik dan merasa aman, serta nyama saat bersama ibunya.

5.     Anak dapat mengenal emosi

Ternyata dengan bonding dapat membantu si kecil untuk mengenal emosi. Hal ini penting agar anak dapat mengetahui kapan harus bersimpati dan memberikan kasih sayang untuk, serta mengetahui cara menghadapi suka atau duka. Dengan mengenal emosi mereka secara tepat.

Baca juga: Manfaat Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini

Bagaimana Cara yang Tepat untuk Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak?

Ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak. Salah satunya dengan memberikan pelukan hangat dan tulus pada si kecil. Dalam sebuah penelitian memngatakan jika pelukan dapat membantu si kecil mengurangi rasa sakit, menghilangkan kecemasan, dan membantu menenangkannya.

Dengan berpelukan tentu dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Perlu Moms ingat bahwa sentuhan fisik seperti pelukan akan membantu si kecil merasa lebih nyaman dan dapat membentuk fondasi hubungan bersama orang tua menjadi lebih kokoh. Cara ini juga dapat membantu memberikan dukungan pada perkembangan anak secara keseluruhan dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *