cara mengatasi bayi kembung

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Kembung

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja loh bund, bahkan bayi pun juga bisa mengalami perut kembung. Maka dai itu Bunda harus tahu cara mengatasi bayi kembung dan penyebabnya agar bisa menghindarinya.

Perut kembung pada bayi juga menjadi salah satu penyebab si kecil merasa gelisah dan rewel.

Terlebih ketika bayi berusia antara 0 sampai 3 bulan, si kecil akan sering mengalami perut kembung yang disebabkan karena saluran cernanya yang masih belum bekerja sempurna.

Akan tetapi bunda tidak perlu khawatir karena hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar dialami pada bayi yang berada diusia tersebut.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasinya agar bunda bisa mengantisipasinya jika si kecil mengalami perut kembung.

Penyebab perut kembung pada bayi

cara menatasi perut kembung pada bayi

Meskipun kelihatannya sepele, akan tetapi Bunda tidak boleh membiarkan si kecil mengalami perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung, ini lah beberapa penyebab perut kembung pada bayi.

Minum selain ASI

Membiarkan si kecil minum selain ASI merupakan sebuah keteledoran Bunda yang harus diperhatikan.

Sebelum si kecil menginjak usia 6 bulan jangan sampai bunda membiarkan si kecil menum selain ASI.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena pemberian minum selain ASI pada bayi bisa memicu perut kembung pada bayi dan diare, karena sistem pencernaannya belum bisa mencerna kandungan gula buah atau fruktosa dalam jus dengan baik.

Jadi sebaiknya Bunda tetap memberinya dengan ASI atau susu formula saja.

Makanan yang dikonsumsi ibu

Perlu bunda ketahui juga bahwa segala sesuatu yang bunda konsumsi pada saat si kecil masih minum ASI akan berpengaruh juga pada bayi Bunda.

Sebagai contohnya jika Bunda makan sembarangan atau tidak beraturan bisa menyababkan si kecil mengalami perut kembung juga loh bund.

Maka dari itu. buat bunda yang masih menyusui si kecil sangat disarankan untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas tinggi, seperti kubis, kembang kol, brokoli, bawang, atau kentang.

Baca juga : 11 Rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil

Dot bayi

Jika si kecil minum susu formula menggunakan dot bayi, Bunda harus selalu memastikan untuk memilih dot bayi yang  dengan ukuran mulut bayi.

Ini juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena untuk meminimalkan masuknya udara ke mulut bayi, sehingga ia tidak mengalami perut kembung.

Selain itu untuk mempermudah si kecil dalam meminum susu sebaiknya gunakan bantal dot untuk bayi dari babycloudfoam.

Makanan yang dikonsumsi si kecil

Pada umumnya bayi usia 6 bulan yang sudah mulai menerima MPASI, Bunda perlu memperhatikan asupan makanannya.

Pada usia tersebut sangat bagus si kecil untuk mengonsumsi sayur-sayuran.

Namun sayuran memang bagus untuk bayi, akan tetapi tidak semua sayuran bisa dikonsumsi dan salah satunya adalah brokoli.

Selain itu jangan sampai Bunda terlalu berlebihan memberikan sayuran pada si kecil. Hal ini karena sayuran ini bisa membuat perut Si Kecil kembung.

Cara mengatasi bayi kembung

menangani-permasalahan-perut-kembung-pada-bayi

“Perut kembung pada bayi dikatakan berbahaya apabila bayi rewel, perut tampak tegang mengilat, bayi muntah-muntah, atau bayi tidak buang air besar (BAB) selama beberapa hari dan menyebabkan bayi tidak nyaman,” jelas dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Tapi tenang Bund, Bunda tidak perlu khawatir pada saat bayi mengalami perut kembung, karena berikut ini ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Bunda terapkan.

Beberapa cara ini mungkin terlihat sederhana dan sangat mudah untuk bunda terapkan pada si kecil saat kembung. Simak pembahasannya yuk bund!

Sendawakan bayi

cara menyendawakan bayi

Menyedawakan si kecil merupakan hal yang paling sering dilakukan pada Bunda jika bayi mengalami perut kembung.

Jangan lupa untuk membantu bayi untuk bersendawa setelah si kecil usai menyusu.

Pada saat Bunda membantu si kecil untuk sendawa ternyata bisa mendorong udara yang masuk selama menyusui keluar dari perutnya.

Cara paling mudah yang bisa Bunda lakukan yaitu dengan menggendong dan mendekapnya secara tegak dan tunggulah sampai Si Kecil bersendawa sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Kemudian selain menggendongnya, bisa saja Bunda menyendawakannya dengan posisi duduk. Pangkulah buah hati, usap-usap punggungnya hingga ia bersendawa.

Tengkurapkan bayi

cara menungkerapkan bayi

Selain membantu si kecil untuk bersendawa, Bunda juga dianjurkan untuk menungkerapkan si bayi. Cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan memposisikan si kecil seperti ini juga dapat membantu mendorong udara di perut hingga keluar.

Bahkan American Academy of Pediatrics juga menyarankan posisi ini untuk mengeluarkan gas dari bayi Moms.

Artinya, memeposisikan si kecil seperti ini saat kembung aman ya bund. Jadi bunda tidak perlu khawatir lagi.

Dan ternyata ketika bayi Bunda tengkurap juga akan membuat lebih aktif dan juga meningkatkan kemampuan bergeraknya serta mengembangkan motoriknya.

Perlu bunda ketahui juga bahwa bayi yang terlalu lama berbaring juga tidak baik, karena dapat menghambat proses pencernaan bayi dan menyebabkan bayi terkena konstipasi atau sembelit.

Memijat perut si kecil

cara pijat perut bayi

Memijat perut juga perlu dilakukan untuk mengurangi perut kembung pada bayi. Akan tetapi jangan sembarangan memijatnya ya bund. Bunda harus tahu cara memijat bayi yang benar dan aman.

Pijatlah dengan lembut menggunakan minyak telon hingga ia juga merasa hangat dan nyaman. Kemudian cara memijatnya pun harus searah dengan jarum jam.

Perlu Bunda ketahui juga bawa gerakan memijat dengan lembut seperti ini juga akan membuat badan bayi terasa lebih rileks dan tidak merasakan pegal akibat terlalu lama berbaring atau menyusui.

Kontrol udara yang masuk ke tubuh bayi

Seperti yang Bunda ketahui bahwa terlalu banyak angin yang masuk ke tubuh bayi bisa mengakibatkan perut kembung. Maka dari itu Bunda haru bisa mengurangi udara yang masuk ke tubuh bayi.

Kira-kira apakah bisa bund?

tentu bisa dong bund. Salah satu cara mengontrol udara masuk ke tubuh bayi yaitu ketika memberi makan bayi Moms dalam posisi yang lebih tegak untuk mengurangi udara yang ditelan anak.

Kemudian ketika Bunda sedang menyusui si kecil selalu pastikan bayi berada pada posisi menyusui yang benar.

Lalu bagaimana jika si kecil minum susu dengan botol ?

Uji puting dan botol anti-gas, yang dapat mengubah aliran ASI dan mengurangi jumlah udara yang ditelan bayi.

Selain menerapkan cara mengatasi perut kembung pada bayi ini, coba hindari mengocok botol terlalu banyak, yang dapat menambahkan gelembung ekstra pada susu.

Agar posisi bayi minum susu formula dengan nyaman dan benar bisa gunakan bantal dot untuk bayi dari babycloudfoam.

Perhatikan jenis dot yang digunakan

bantal dot untuk bayi

Ternyata jika Bunda salah memberikan ukuran dan jenis botol susu pada bayi, dapat menyebabkan perut kembung pada bayi loh.

Maka dari itu penting sekali untuk selali memperhatikan bentuk ukuran botol bayi dan tekstur dot.

Biasanya ketika si kecil menyusui dengan botol, sebaiknya bayi membutuhkan waktu antara 20 menit hingga 1 jam untuk menyelesaikan makannya.

Namun jika si kecil selesai menyusui dalam 5 menit, mereka menelan terlalu cepat dan menelan udara berlebih. Dalam kasus seperti ini, aliran dot mungkin terlalu besar untuk usia mereka.

Ketika hal itu terjadi pada bayi, segeralah ganti dengan dot susu yang memiliki aliran lebih perlahan, agar gas tidak terlalu banyak masuk ke dalam perut bayi.

Meskipun kelihatannya sepele, akan tetapi harus tetap diperhatikan ya bund. Tidak mau kan si kecil selalu rewel karena perutnya kembung terus menerus.

Nah, itulah tadi bund beberapa penyebab dan cara mengatasi bayi kembung yang bisa Bunda terapkkan jika si kecil merasa kembung.

Semoga bermanfaat ya bund 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *