cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih

Inilah Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

Ketika si kecil usianya sudah mencapai 2 tahun, maka tiba lah si kecil untuk disapih. Akan tetapi seringkali ketika menyapih si kecil, payudara Bunda menjadi membengkak dan banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih.

Tentunya konsisi tersebut sangat membuat kita merasa tidak nyaman karena adanya rasa sakit yang dirasakan pada sekitar payudara. Dan bahkan dengan membengkaknya payudara tersebut terkadang tubuh kita bisa sampai mengalami panas dingin.

Jika Bunda baru mengalami hal yang seperti ini mungkinbertanya-tanya bahwa kenapa payudara bengkak saat menyapih anak?

Jawabannya yaitu karena payudara Anda masih memproduksi ASI meski bayi sudah tak lagi menyusu.

Ketika ASI terus diproduksi tapi tidak dikeluarkan, maka akan berakibat payudara jadi membengkak. Kemudian bagaimana cara mengatasi payudara akibat menyapih?

Nah berikut ini beberapa cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih yang barus diketahui sebagai seorang ibu agar tidak semakin parah dan berbahaya.

Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih

Kapan bisa menyapih anak? Menurut WHO, Anda bisa memulainya sejak anak berusia 2 tahun.

Ketika si kecil sudah disapih dan tidak menyusu lagi biasanya payudara Anda akan membengkak karena terus memproduksi ASI.

Lalu, berapa lama payudara bengkak saat menyapih? Biasanya, kondisi ini terjadi selama 5-10 hari.

Selama jangka waktu tersebut, inilah beberapa cara untuk mengatasi peyudara yang membengkak pada saat menyapih si kedil yang bisa Anda lakukan

Baca juga : Kebutuhan dan manfaat kalsium untuk ibu menyusui

Mandi dengan air hangat

cara mengatasi payudara yang membengkak

Ternyata mandi dengan air hangat bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi payudara yang membengkak. Mandi air hangat atau berendam di air hangat bisa digunakan sebagai cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih.

Dengan mendi atau berendam dengan air hangat tersebut bisa membuat jaringan payudara kenyal sehingga memudahkan aliran ASI yang terkumpul.

Selain itu bisa juga Bunda mengompres payudara yang bengkak dengan menggunakan air hangat untuk meredakan nyeri.

Oleskan minyak bunga melati

minyak bunga melati

Menurut jurnal Breastfeeding Medicine, mengoles minyak peppermint terbukti menjadi cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih.

Yang akan Anda rasakan setelah mengoleskan minyak bunga melati ini yaitu sensasi dinginnya mampu mengurangi rasa sakit pada payudara yang bengkak.

Akan tetapi jika digunakan pada dosis yang berlebihan, justru akan membahayakan kulit. Sebaiknya, gunakan minyak peppermint saat tidak kontak kulit dengan Si Kecil.

Selain itu, minyak bunga melati yang dioleskan pada payudara juga berpotensi mengurangi produksi ASI. Namun, efektivitasnya membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Memijat payudara

Korean J Women Health Nurs menjelaskan bahwa ada dua studi uji coba dari berbagai jenis pijat payudara.

Gua-Sha Therapy42 dan pijat payudara Oketani43 dibandingkan dengan pijat payudara konvensional pada kelompok kontrol menemukan bahwa terdapat pengurangan nyeri, pembengkakan, dan ketidaknyamanan pada kelompok kontrol dan intervensi dalam kedua studi, tetapi kelompok intervensi memiliki penurunan gejala yang jauh lebih besar.

Baca juga : Cara menyusui bayi dan posisi menyusui yang benar

Keluarkan ASI dengan pompa ASI

cara memompa asi

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab pembengkakan payudara yaitu karena payudara Bunda terus memproduksi ASI dan ASI tersebut tidak diminum oleh si kecil atau dikeluarkan.

Nah, memompa payudara merupakan salah satu cara paling tepat untuk mengeluarkan ASI yang berlebih. Dengan melekukan yang demikian akan bisa meringankan dan mengurangi rasa sakit pada payudara.

Anda tidak perlu mengeluarkan yang banyak, Akan tetapi cukup keluarkan secukupnya saja hingga merasa enakan. Pompalah ASI hanya “untuk kenyamanan” jika merasa diperlukan. Jika Anda mengeluarkan ASI terlalu banyak bisa berpengaruh pada tubuh Anda sendiri.

Kemudian, harus diapakan stok ASI perah yang tersisa? Anda bisa memberikannya sebagai donor ASI bagi anak-anak lain yang membutuhkannya.

Kompres payudara

Mungkin banyak yang bertanya, bolehkah mengompres payudara? Dan jawabannya yaitu sangat diperbolehkan.

Anda bisa menggunakan kompres dingin atau dengan ice pack. Suhu dingin tersebut terbukti mampu mempersempit pembuluh darah dan bisa mengurangi nyeri payudara akibat pembengkakan.

Cara mengatasi payudara bengkak ketika menyapih dengan mengompres seperti ini cukup murah dan mudah dilakukan

Jika dilakukan setiap hari, penggunaan kompres dingin ternyata juga bisa mengurangi produksi ASI saat menyapih. Dengan begitu tentu saja menjadi keuntungan karena payudara bisa kembali normal sekaligus  menghentikan produksi ASI secara alami.

Perlu Bunda ketahui juga bahwa mengompres payudara dengan air panas atau botol air panas tidak dianjurkan untuk mengatasi pembengkakan karena dapat meningkatkan pembengkakan jaringan.

Gundakan bra yang pas dan longgar

manfaat bra longgar untuk ibu menyusui

Ketika payudara Anda membengkak sebaiknya gunakanlah bra yang tidak terlalu ketat dan tanpa kawat. Hal ini karena bisa membuat payudara tertekan dan memicu saluran ASI tersumbat.

Dan bahkan jika mengguakan bra yang berkawat bisa saja memicu mastitis.

Jadi ketika menyapih selalu pastikan untuk menggunakan bra yang tidak ketat agar tidak menambah rasa sakit pada payudara. Selain itu pilihlah yang terbuat dari serat alami, seperti kapas, yang memungkinkan aliran udara dan mendorong penguapan.

Bra yang terbuat dari serat sintetis dapat menahan panas, meningkatkan keringat, dan memerangkap kelembapan pada kulit payudara.

Baca juga : Inilah pantangan minuman dan makanan untuk ibu menyusui yang harus dihindari

Cara menjaga payudara setelah menyapih

Cara menjaga payudara setelah menyapih

Setelah selesai menyapih, bukan berarti Anda berhenti untuk menjaga payudara. Siapapun sudah seharusnya untuk menjaga payudara agar tetap sehat.
Lantas bagaimana cara menjaga payudara agar tetap sehat ? Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan sehari-hari agar payudara Anda tetap sehat.
  • Selalu ganti bra bila ASI menetes dan membasahi bra agar terhindar dari jamur hingga mastitis
  • Kenakan bra dengan ukuran pas dan terbuat dari katun
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh payudara
  • Periksa payudara sendiri sebulan sekali dengan mendeteksi gumpalan atau benjolan sekitarnya.
  • Gunakan krim khusus puting dan areola agar tidak kering dan pecah-pecah

Selain itu sangat penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan payudara selama dan setelah menyusui.

Selain untuk meningkatkan rasa percaya diri, merawat payudara setelah memiliki anak dapat pula membantu mengurangi risiko masalah, seperti kulit payudara pecah-pecah dan infeksi mastitis seperti yang telah disebutkan diatas.

Itulah tadi Bund beberapa cara mengatasi payudara bengkak saat menyapih dan cara merawat payudara agar tetap sehat. Semoga bermanfaat ya bund 😉

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *