cara menghitung masa kehamilan

Beginilah Cara Menghitung Masa Kehamilan yang Tepat

Calon ibu atau ibu muda seperti Anda harus tahu cara menghitung masa kehamilan dengan tepat dan cepat. Ya, semakin cepat mengetahui usia kehamilan, maka risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika hamil bisa ditekan.

Selain itu, masih banyak juga manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika mengetahui usia kehamilan sedini mungkin ya. Tidak heran banyak ibu muda ingin tahu cara menghitung masa kehamilan dengan cepat.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung masa kehamilan. Jika ingin tahu informasi lebih lengkapnya, maka langsung saja baca artikel yang satu ini ya. Simak artikel ini sampai akhir agar mendapat informasi lebih lengkap ya!

Kapan Harus Segera Menghitung Masa Kehamilan?

cara menghitung masa kehamilan

Banyak sekali wanita mungkin termasuk Anda yang tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil muda. Kebanyakan dari wanita memang tidak peka terhadap tanda-tanda awal kehamilan yang dialaminya.

Padahal ketika Anda sudah mengalami atau merasakan tanda-tanda kehamilan, maka harus segera dilakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kehamilan muda.

Ketika pemeriksaan pun, Anda harus tahu lamanya masa kehamilan atau usia kehamilan.

Manfaat Mengetahui Masa Kehamilan

manfaat mengetahui masa kandungan

Manfaat mengetahui masa kehamilan sedini mungkin sangat banyak. Apa saja manfaat yang akan didapatkan? Berikut ini beberapa manfaat mengetahui masa kehamilan sejak dini, yaitu:

– Memantau dan mengetahui perkembangan janin.

– Memperkirakan waktu atau hari lahir bayi.

– Sebagai bahan untuk menentukan jadwal pemeriksaan trimester kehamilan.

– Sebagai perkiraan faktor risiko setelah persalinan.

Cara Menghitung Masa Kehamilan

Mengetahui masa kehamilan sedini mungkin memang sangat penting. Lalu, bagaimana cara untuk menghitung masa kehamilan dengan tepat? Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitungnya.

Anda bisa menggunakan salah satu cara di bawah ini untuk menghitung masa kehamilan, yaitu:

Cara Menghitung Masa Kehamilan Berdasarkan HPHT

Cara Menghitung Masa Kehamilan Berdasarkan HPHT

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menghitung berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Cara yang satu ini juga dikenal sebagai metode rumus Naegele.

Cara mengetahui masa kehamilan menggunakan HPHT sangat umum digunakan karena dianggap cukup akurat. Cara ini juga lebih akurat dilakukan terhadap wanita dengan siklus haid teratur 28 hari.

Perhitungan masa kehamilan menggunakan HPHT memiliki asumsi bahwa pembuahan terjadi pada hari ke-14 ketika berada di dalam siklus menstruasi. Cara ini memiliki tingkat kesalahan kurang lebih 2 minggu, tetapi tetap cukup akurat.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka Anda harus mengetahui waktu atau tanggal hari pertama pada menstruasi terakhir.

Nah, jangan lupa mencatat tanggal masa haid ya mulai dari hari pertama hingga hari terakhir haid. Anda bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk memudahkan mencatat masa menstruasi.

Berikut ini rangkuman langkah-langkah untuk perhitungannya, yaitu:

  • Ketahui HPHT
  • Selanjutnya, tambahkan satu tahun
  • Tambahkan tujuh hari
  • Kemudian mundurkan atau kurangi tiga bulan

Contoh perhitungannya, yaitu:

HPHT jatuh ada tanggal 22 Juli 2021, selanjutnya tambahkan 1 tahun. Hasilnya adalah 22 Juli 2022.

Kemudian 22 Juli 2022 ditambah 7 hari, maka hasilnya 29 Juli 2022.

Selanjutnya 29 Juli 2022 dikurangi 3 bulan, hasilnya adalah 29 April 2022.

Artinya, kemungkinan bayi lahir atau persalinan tanggal 29 April 2022.

Anda bisa membandingkan tanggal tersebut dengan waktu sekarang untuk mengetahui usia kehamilan saat ini dan lamanya masa kehamilan hingga bayi lahir.

Perhitungan masa kehamilan menggunakan HPHT bisa dilakukan secara manual.

Anda juga bisa melakukan perhitungan tersebut secara otomatis menggunakan bantuan berbagai aplikasi kalkulator kehamilan. Aplikasi Kalkulator kehamilan dapat dengan mudah diunduh dan digunakan di smartphone.

Anda hanya perlu memasukan data HPHT dan siklus menstruasi untuk mengetahui masa atau usia kehamilan dengan mudah. Cara ini cukup efektif bagi wanita yang baru pertama kali hamil.

Bagi wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya biasanya bisa merasakan gerakan janin ketika usia kehamilannya menginjak 16 hingga 18 minggu.

Cara Menghitung Masa Kehamilan Menggunakan USG

Cara Menghitung Masa Kehamilan Menggunakan USG

Selain menggunakan HPHT, Anda juga bisa mengetahui masa kehamilan menggunakan USG. Cara yang satu ini dianggap menghasilkan perhitungan yang lebih akurat dan tepat. Cara ini juga cocok untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur.

Tentunya Anda harus datang langsung ke dokter kandungan untuk mengetahui masa kehamilan menggunakan USG.

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum menggunakan USG untuk menentukan masa atau usia kehamilan.

Metode USG yang dilakukan yaitu transvaginal. Transvaginal merupakan pemeriksaan menggunakan alat USG yang dimasukkan ke dalam vagina. Cara ini dilakukan pada masa awal kehamilan yaitu 8 hingga 18 minggu kehamilan.

Cara Menghitung Masa Kehamilan Melaui Gerakan Janin

Sebenarnya masa atau usia kehamilan juga bisa diketahui dari gerakan janin. Jika janin mulai bergerak aktif, maka usai kehamilannya sudah menginjak 18 hingga 20 minggu.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Masa Kehamilan?

cara mengetahui usia kehamilan

Setelah menggunakan salah satu cara di atas, maka Anda harus menjaga kesehatan diri dan janin. Mulailah makan makanan yang dianjurkan untuk Ibu hamil. Selain itu, coba lakukan olahraga kecil seperti yoga agar tubuh tetap sehat.

Jika mengalami sedikit keputihan saat hamil muda, maka Anda tidak perlu panik karena hal ini wajar dialami.

Wanita yang hamil muda juga biasanya sering tidak enak badan atau flu. Pastikan untuk mengkonsumsi obat flu untuk Ibu hamil.

Mengetahui cara menghitung usia kehamilan sedini mungkin memang memiliki banyak manfaat. Cara yang paling sering digunakan adalah perhitungan berdasarkan HPHT. Selain itu, cara yang lebih akurat adalah menggunakan USG. Gerakan janin juga bisa digunakan sebagai pertanda usia kehamilan.

Jika sudah mengetahui usia atau masa kehamilan, maka Anda harus benar-benar menjaga kesehatan ya. Lakukan juga pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi janin.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *