cara menyusui bayi baru lahir

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir dan Posisi yang Benar

Sebenarnya cara menyusui bayi baru lahir merupakan hal halami. Akan tetapi untuk seorang ibu yang baru melahirkan anak pertamanya pasti masih agak bingung dan kesulitan.

Selain itu bunda juga harus mengetahui beberapa posisi menyusui bayi baru lahir yang benar juga loh, supaya si kecil bisa lebih nyaman ketika minum ASI.

Dengan demikian, mulai sekarang Anda harus mengetahui cara dan posisi menyusui bayi  aru lahir yang benar.

Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut, proses menyusui akan menjadi lebih nyaman sehingga dapat terbentuk bonding antara ibu dan anak yang baik.

Tapi tenang bund, dikesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara menyusui bayi baru lahir hingga posisi yang benar saat menyusui.

Cara menyusui bayi baru lahir yang benar dan praktis

cara menyusui bayi yang benar beserta gambar

Didalam air susu ibu (ASI) mengandung lebih dari 200 nutrisi yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan bayi. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kandungan nutrisi di dalam ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Disisi lain ASI juga bisa meningkatkan kecerdasan si kecil juga. Tetapi pada masa menyusui, bunda juga harus menjauhi pantangan makanan untuk ibu menyusui untuk menjaga kualitas ASI.

Memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan akan menekan risiko diabetes, obesitas, asma, serta penyakit infeksi seperti infeksi telinga, radang paru-paru (pneumonia), atau diare.

Setelah melahirkan ada beberapa cara menyusui bayi baru lahir yang harus diketahui. Apalagi jika Anda baru saja melahirkan anak pertama, hal ini sangat penting untuk diketahui.

Nah, berikut ini cara menyusui bayi yang baru lahir agar proses menyusui menjadi nyaman dan menyenangkan untuk sang ibu atau si kecil.

Pastikan ibu dan si kecil dalam kondisi nyaman dan rileks

Posisi menyusui bayi yang benar yaitu jika si kecil dan sang ibu berada dalam keadaan rileks dan nyaman. Kemudian posisi kepala si kecil juga harus lebih tinggi dari tubuhnya.

Dengan demikian si kecil akan lebih mudah ketika menelan ASI.

Kemudian Anda juga bisa menyangganya dengan tangan atau bantal bayi. Setelah itu tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya.

Dekatkan bayi ke payudara

posisi menyusui bayi agar tidak gumoh

Dengan mendekatkan si kecil ke payudara, kita bisa mengetahui apakah si kecil ingin minum ASI atau tidak.

Terkadang saat si kecil menangis bukan karena ingin minum ASI, melainkan ada hal lain yang membuatnya tidak nyaman.

Ketika mendekatkan si kecil ke payudara, tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah.

Jika bayi belum melakukannya, ibu dapat membimbing bayi dengan dengan menyentuh lembut bagian bawah bibir bayi dengan puting susu ibu.

Pelekatan yang benar

Perlu diketahui bahwa posisi pelekatan bayi yang baik saat menyusui bukan hanya menempelkannya pada bagian puting saja, akan tetapi juga pada area bawah puting payudara dan selebar mungkin.

Jika ingin mengetahui pelekatan tersebut sudah benar atau belum yaitu ketika bunda sudah tidak merasakan nyeri saat bayi menyusu dan si kecil juga memperoleh ASI yang cukup.

Membenarkan posisi bayi saat minum ASI

cara menyusui bayi bibir sumbing

Adakalanya bunda akan merasakan nyeri saat menyusui si kecil. Ketika terjadi demikian, itu tandanya ada yang salah dengan posisi si kecil. Dan itu juga bisa menyebabkan payudara bengkak.

Segera lepas perlekatan dengan memasukan jari kelingking ke dalam mulut dan letakkan di antara gusinya. Dengan begitu si kecil akan berhenti menyusui dan bunda bisa mengubah posisinya agar kembali nyaman.

Setelah dirasa posisinya sudah pas, dekatkan kembali si kecil ke payudara. Dan biasanya bayi akan dapat menyusu dengan baik.

Waktu menyusui bayi baru lahir

Umumnya untuk bayi yang baru lahir disusui setiap 2 – 3 jam dengan waktu menyusu 15 – 20 menit setiap kalinya. Dan biasanya si kecil akan menyusu 5 hingga 40 menit, semuanya tergantung dengan kebutuhan si kecil.

Untuk awal-awal menyusui biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi ibu dan bayi, agar proses menyusui berjalan lancar.

Baca juga : Inilah obat batuk untuk ibu menyusui yang dibolehkan dikonsumsi

Posisi menyusui bayi baru lahir yang benar dan praktis

Menurut Konselor Laktasi dr. Nia Wulan Sari dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, sebenarnya ada beberapa posisi menyusui yang bisa bunda lakukan agar mendapatkan posisi yang nyaman untuk sang ibu dan si kecil, diantaranya sebagai berikut:

Football Hold

gambar menyusui bayi yang benar

Dikutip dari mandela.com, posisi menyusui football hold biasanya dilakukan untuk ibu yang saat melahirkan dengan metode caesar. karena tidak menempatkan atau membatasi berat pada area dada dan perut ibu.

Posisi menyusui ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh ibu, tepatnya di bawah lengan. Sisi yang digunakan sama dengan sisi payudara untuk menyusui.

Selain itu, posisi ini juga cocok untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, atau bayi yang mengalami kesulitan mengunci dengan pas saat menyusui.

Cradle Position

cara menyusui bayi baru lahir agar tidak sakit

Posisi yang seperti ini adalah posisi yang paling sering dilakukan pada umumnya. Ketika melakukan posisi ini, pastikan antara dada sang ibu harus bersentuhan dengan dada si kecil.

Posisi ini dilakukan dengan lengan bunda menopang bayi di payudara. Kepala bayi diletakkan di dekat siku, dan lengan Moms menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher.

Side Lying Position

posisi menyusui bayi baru lahir sambil tiduran

Posisi yang pas Side Lying Position yaitu dalam keradaan berbaring miring dan menghadap si kecil. Posisikan mulut si kecil sejajar dengan puting.

Jika ingin lebih nyaman bisa menggundakan bantal ibu untuk sandaran punggung dan leher karena nantinya pasti akan capek juga.

Posisi seperti ini juga sering dilakukan bagi ibu yang setelah melahirkan dengan metode caesar karena tidak menempatkan atau memberi berat pada daerah dada dan perut.

Selain itu posisi Side Lying Position jiga paling sering dilakukan ketika sang ibu lelah dan untuk menidurkan bayi juga.

Baca juga : Daftar obat flu untuk ibu menyusui yang boleh dikonsumsi

Cross Cradle Position

posisi menyusui bayi sambil tiduran

Posisi ini sebenarnya berlawanan dengan posisi cradle hold. Posisi ini yaitu menggunakan payudara sebelah kanan dan menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi.

Posisi cross-cradle menggunakan lengan yang berlawanan untuk menopang bayi dengan bagian belakang kepala dan leher bayi dipegang salah satu tangan.

Sedangkan tangan yang satunya digunakan untuk menopang dan memposisikan payudara jika diperlukan. Dalam posisi ini, bunda dapat menuntun bayi dengan mudah menuju payudara ketika siap untuk menyusui.

Laid Back Position

cara menyusui bayi yang benar agar bayi kenyang

Sederhananya, posisi ini dilakukan ketika si kecil berada di atas sang ibu dalam posisi tengkurap. Sementara posisi sang ibu bisa duduk atau berbaring. Intinya yaitu posisinya saling berhadapan.

Menurut Christine Griffin, seorang spesialis menyusui, mengatakan bahwa posisi ini mendorong bayi untuk menemukan payudara Moms, membuka mulutnya lebar-lebar dan menggunakan lidahnya untuk menyusu.

Nah, itulah tadi bund beberapa cara menyusui bayi dan juga posisi menyusui yang benar. Beberapa cara menyusui bayi baru lahir diatas bisa bunda terapkan dalam berbagai keadaan, sesuai dengan kondisi dan situasi.

Semoga informasi seputar cara dan posisi menyusui ini bisa bermanfaat ya bund

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *