cara merawat tali pusar bayi

✔ Cara Merawat Tali Pusar Bayi agar Tidak Infeksi dengan Aman

Ketika bayi sudah lahir, hal yang paling pertama kali dilakukan yaitu dengan memotong tali pusar bayi. Namun ketika sudah dipotong, bagian tersebut menjadi sensitif bagi bayi. Maka dari itu, cara merawat tali pusar bayi yang baru lahir wajib sekali bunda ketahui.

Perawatan tali pusar bayi yang benar sudah seharusnya diketahui semua wanita. Hal ini karena jika bunda tidak bisa merawatnya maka akan lama keringnya dan bisa menimbulkan infeksi juga pada pusar bayi.

Biasanya, tali pusar pada bayi akan mengering dan lepas dengan sendirinya sekitar 3 minggu setelah kelahiran. Dengan catatan perawatan bunda terhadap pusar bayi benar dan tidak terjadi infeksi.

Tapi bunda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Di kesempatan kali ini ada beberapa cara merawat tali pusar bayi agar cepat kering dan tidak terjadi infeksi. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Inilah daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan dari sekarang

Cara merawat tali pusar bayi agar cepat kering dan tidak infeksi

Bagi bunda yang baru pertama kali memiliki anak mungkin sedikit kebingungan menghadapi ini. Sebenarnya perawatan tali pusar bayi cukup sederhana. Namun harus diperhatikan dengan benar.

Hal ini karena jika bunda sampai teledor dalam merawat tali pusar tersebut maka akan terjadi infeksi pada tali pusar bayi dan lebih lama keringnya. Agar tidak terjadi infeksi dan cepat kering, memerlukan perawatan khusus yang harus diperhatikan.

Nah, kali ini beberapa cara merawat tali pusar bayi yang baru lahir agar cepat kering dan tidak infeksi.

Baca juga : Penyebab bayi kolik di malam hari dan cara mengatasinya

Pastikan tali pusar selalu bersih

perawatan tali pusar bayi baru lahir yang benar

Selalu memastikan tali pusar bayi agar selalu tetap bersih merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya infeksi pada pusar. Bunda tidak perlu memersihkannya dengan alkohol, melainkan dengan air hangat pun sudah cukup.

Kemudian untuk mengeringkannya harus menggunakan kain yang lembut atau bisa juga menggunakan kapas. Namun sebelum melakukan perawatan tersebut, passtikan bunda sudah cuci tangan dan bersih.

Perlu bunda ketahui juga bahwa ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika tali pusar ingin cepat sembuh maka cukup dibiarkan saja. Ketika membersihkanya cukup dilap menggunakan kain lembut dan mengipasinya saja.

Sebenarnya membersihkan tali pusar menggunakan alkohol, sabun atau cairan lainnya justri akan membuat iritasi pada kulit di sekitar tali pusat dan membuatnya sembuh lebih lama. Hindari juga minyak, bedak, jamu, atau obat herba tertentu di sekitar tali pusar.

Biarkan tali pusar lepas dengan sendirinya

Mungkin ketika bunda melihat tali pusar sudah kering dan belum lepas, rasanya pasti ingin segera melepasnya. Akan tatapi sebaiknya jangan bund, biarkan saja tali pusar lepas dengan sendirinya.

Membiarkan tali pusar lepas dengan sendirinya juga salah satu cara perawatan tali pusar yang benar. Jika bunda melepas tali pusar tersebut sebelum waktunya lepas sendiri bisa menyebabkan pendarahan terus-menerus bahkan sampai infeksi juga.

Selama tali pusar masih menempel, bunda cukup memandikan si kecil dengan cara mengelap badannya dengan menggunakan washlap atau sposns mandi.

Jangan tutupi pusar dengan popok

ciri tali pusar bati akan lepas

Penting sekali nih bunda perharikan ketika mengenakan popok pada bayi. Sebaiknya bunda harus lebih hati-hati dan jangan sampai popok tersebut menutupi tali pusar.

Jika tali pusar tertutupi popok bisa menyebabkan tali pusar tidak terkena angin dan menyebabkan lebih lama keringnya. Selain itu juga mencegah masuknya air seni atau tinja ke dalam pusar.

Menjaga tali pusar tetap kering

Ketika bunda selesai memandikan mungkin pada bagian tali pusar bayi seringkali terkena air dan basah. Untuk mengeringkannya cukup dengan mengelapnya dengan menggunakan kain yang lembut.

Penting juga untuk memastikan tali pusar tersebut untuk selalu ada dalam keadaan kering supaya tidak terjadi infeksi.Sebaiknya hindari juga mengunakan kapas karena dikhawatirkan bisa meninggalkan sisa-sisa kapas pada tali pusar.

Selain itu bunda hindari juga memakaikan baju yang model bodysuit (yang menutupi seluruh tubuh) pada Si Kecil.

Jangan mandikan bayi di bak

cara memandikan bayi baru lahir yang benar

Salah satu cara agar tali pusar cepat kering yaitu menjaganya agar tetap kering. Jika bunda memandikan si kecil dengan menggunakan bak akan membuat tali pusar tersebut terkena air dan lebih lama keringnya.

Untuk itu ketika tali pusar bayi belum puput sebaiknya memebersihkan si kecil dengan dengan mengusap washlap ke seluruh tubuh.

Hal ini bertujuan agar tali pusar terhindar dari air dan jika tali pusar bayi sering terkena air akan lebih lama keringnya bahkan bisa terjadi infeksi.

Selali mencuci tangan sebelum membersihkan tali pusar

Hal yang perlu diperhatikah sebelum bunda membersihkan tali pusar bayi yaitu terlebih dahulu harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Cucilah kedua tangan bunda menggunakan antiseptik atau air bersih yang mengalir. Hal ini sering kali bunda lupa, padahal sangat penting sekali untuk diperhatikan agar tidak terjadi infeksi pada tali pusar.

Baca juga : Panduan cara mencukur rambut bayi yang benar dan aman

Bersihkan area sekitaran tali pusar

cara mengatasi infeksi tali pusar bayi

Menjaga kepersihan tali pusar ketika talu pusar sudah lepas juga masih diperlukan dan penting. Terkadang tali pusar yang sudah putus, ada juga yang belum benar-benar kering.

Bunda harus lebih sering lagi membersihkan area sekitaran tali pusar ketika sudah lepas. Tetapi jangan menggunakan alkohol, karena kulit bayi masih sensitif dan bisa menyebabkan infeksi juga.

Nah, bagaimana bund pembahasan kali ini tentang cara merawat tali pusar yang baru lahir ? Beberapa cara diatas bisa bunda terapkan sampai puput. Jadi sekarnag bunda tidak perlu panik atau bingung perawatan tali pusar bayi sampai puput.

Semoga dengan ini bisa bermanfaat dan membantu bunda dalam mengurus si kecil ya bund. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *