kalsium untuk ibu menyusui

Kebutuhan dan Manfaat Kalsium untuk Ibu Menyusui yang Harus Dipenuhi

Tidak hanya pada masa hamil saja, ternyata pada saat menyusui juga sangat penting sekali loh untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui.

Memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui yang diperlukan karena seseorang ibu menyusui akan kehilangan kalsium yang diberikan ke bayi lewat ASI. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan mulut ibu menyusui.

Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa kepadatan tulang ibu menyusui bisa berkurang hingga 3-5 persen, sehingga memenuhi kalsium untuk ibu menyusui sangat penting untuk dilakukan.

Dengan demikian ibu menyusui perlu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri dan bayi.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini penjelasan mengenai manfaat dan kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui yang perlu Bunda ketahui dan harus dipenuhi pada saat menyusui.

Pentingnya kalsium untuk ibu menyusui

bahaya kekurangan kalsium pada ibu menyusui

 

Pada umumnya setiap harinya ibu menyusui membutuhkan setidaknya 1300 mg kalsium agar bisa menjaga kesehatan tulang ibu serta mendukung tumbuh kembang bayi. Jika kebutuhan kalsium tersebut tidak terpenuhi maka akan terjadi bahaya kekurangan kalsium pada ibu menyusui.

Salah satu contoh jika terjadi kekurangan kalsium yaitu terjadinya osteoporosis. Tidak hanya osteoporosis saja, bisa juga terkena penyakit lain seperti sakit gigi, sakit tulang, serta nyeri otot.

Adapun fungsi kalsium untuk ibu menyusui yaitu bisa membantu menguatkan dan mengukuhkan tulang. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, mengendalikan tekanan darah, dan juga mengoptimalkan kinerja sistem saraf.

Nah, agar beberapa bahaya kekurangan kalsium tersebuut tidak terjadi pada kita, maka harus memenuhi kalsium sehari-hari setidaknya 1300 mg kalsium setiap harinya dan haru mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Terlebih untuk ibu menyusui, mengonsumsi makanan kalsium tinggi merupakan asupan yang sifatnya wajib selama menyusui. Selain itu, Ibu juga dianjurkan mengkonsumsi suplemen dan susu untuk ibu menyusui.

Baca juga : Daftar pantangan minuman dan makanan untuk ibu menyusui yang harus dijauhi

Bahaya kekurangan kalsium pada ibu menyusui

bahaya kekurangan kalsium pada ibu menyusuii

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa peting sekali untuk ibu menyusui agar memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari. Dan jika hal tersebut tidak terpenuhi maka akan terjadi beberapa hal yang membahayakan bagi tubuh dan berpengaruh oada si kecil juga.

Osteoporosis merupakan salah satu dampak dari kurangnya kalsium dalam tubuh. Akan tetapi ada dampak buruk yang lainnya juga, diantaranya adalah sebagai berikut,

Lebih rentan terpapar virus dan bakteri

Kurangnya kalsium pada tubuh bisa saja menurunkan sistem kekebalan dan imun pada tubuh kita. Dengan demikian jika sampai kekurangan kalsium akan sangat rentan sekali tubuh kita terkena virus ataupun bakteri.

Apalagi untuk ibu hamil, bisa saja berpengaruh pada kualitas ASI dan si kecil juga.

Jadi tak heran jika kalsium ibu menyusui tidak terpenuhi, berdampak pada imunitas tubuh.

Kualitas ASI berkurang

cara menjaga kualitas asi untuk bayi

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa kalsium merupakan salah saru komponen utama pada ASI.

Jadi apabila kandungan kalsium Anda tidak terpenuhi dengan sempirna, maka secara otomatis kualitas ASI juga akan berkurang. Akibatnya, kebutuhan nutrisi pada bayi juga terdampak.

Selain itu kada kualitas ASI juga akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil juga. Jadi mulai sekarang ayo penuhi kebutuhan kalsium Bunda agar si kecil bisa mendapatkan kulaitas ASI yang terbaik.

Meningkatkan resiko kejang pada bayi

Kekurangan kalsium pada proses menyusui juga berefek pada si kecil juga loh Bund.

Bakal ada kemungkinan terjadinya peningkatan resiko kejang tanpa sebab yang menyerang bayi. Tentu hal ini cukup membahayakan kesehatan si kecil.

Jadi hal ini penting sekali untuk Bunda ketahui agar senantiasa menjaga kandungan kalsium yang ada pada tubuh.

Sering mengalami kram otot

Kram otot adalah salah satu masalah yang sering dialami siapapun, termasuk ibu menyusui. Hal ini bisa saja disebabkan karena terjadinya kekurangan kada kalsium pada tubuh kita.

Pada umumnya Bunda bisa mulai merasakan rasa sakit pada bagian paha, lengan lalu berlanjut pada ketiak ketika digunakan untuk bergerak atau melakukan aktivitas tertentu.

Nah, untuk mengatasi kram otot yang terlalu sering, sebaiknya memperhatikan pola makan dari sekarang. Contohnya, konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung kadar kalsium yang tinggi.

Fungsi saraf menjadi terganggu

Dampak lain yang bisa Bunda rasakan jika ibu menyusui mengalami kekurangan kalsium yaitu terganggunya beberapa fungsi saraf dalam tubuh.

Sebagai contohnya yaitu otot akan melemah, detak jantung juga menunjukkan gejala yang tidak teratur.

Selain itu, dampak lain dari kurangnya kalsium pada tubuh yang paling sering kita jumpai yaitu akan munculnya gejala mati rasa pada jari dan kesemutan dengan frekuensi yang lebih sering.

Baca juga : Beginilah cara menyusui bayi baru lahir dan posisi yang benar

Manfaat kalsium untuk ibu menyusui

manfaat kalsium untuk ibu menyusui

Secara umum bayi yang baru lahir akan mendapatkan asupan kalsium dari ASI sang ibu.

Sebenarnya bayi dan ibu juga sama-sama membutuhkan kalsium untuk kekebalan tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat kalsium untuk ibu menyusui yang harus bunda ketahui dari sekarang

Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Mungkin sudah banyak sekali yang tahu manfaat dari kalsium untuk tubuh kita. Salah satunya yaitu berperan dalam mendukung kekuatan tulang dan gigi.

Selain itu kalsium juga bisa berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah rapuh.

Dengan begitu ketika kita tua nanti tidak akan terkena penyakit tulang seperti osteopenia, kondisi pengeroposan tulang sebelum masuk fase osteoporosis.

Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya untuk mencegah osteoporosis pada tulang saja, kandungan kalsium juga berperan penting untuk kesehatan jantung, diantaranya:

  • proses pembekuan darah,
  • menjaga detak jantung lebih teratur
  • mengendalikan kontraksi ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Kemudian kalsium juga berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Yaitu dengan mengendurkan otot yang mengelilingi pembuluh darah.

Menjaga kesehatan mulut

Selain tulang, gigi juga termasuk salah satu bagian tubuh yang membutuhkan banyak kalsium, agar lebih kuat dan tidak rapuh.

Tidak hanya untuk ibu menyusui saja, bahkan semua orang haru memenuhi kebiutuhan kalsiumnya agar giginya menjadi kuat.

Sebagai contohnya jika tubuh kita sampai kekurangan kalsium maka akan bisa merusak gusi, gigi keropos, berlubang, dan rusaknya lapisan luar akar gigi.

Baca juga : Cara mengatasi payudara yang bengkak ketika menyapih

Tips cara memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh

cara memenuhi kalsium pada tubuh

Setelah mengetahui betapa pentingnya dan manfaat dari kalsium untuk tubuh, Bunda sudah tahu belum bagaimana cara memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil?

Kalsium pada seorang ibu tidak berhenti setelah melahirkan saja, melainkan harus tetap dipenuhi ketika menyusui. Hal ini karena juga akan berpengaruh pada si kecil.

Nah, berikut ini beberapa tips memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui yang harus Anda ketahui.

Perbanyak minum air mineral

Siapa yang menyangka bahwa sebenarnya air mineral juga mengandung kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu menyusui sebaiknya Anda mengkonsumsi air mineral sebanyak 8-10 gelas per hari untuk menunjang asupan kalsium setiap harinya.

Lakukanlah secara rutin, maka Anda tidak akan sampai kekurangan kalsium. Akan tetapi harus diimbangi dengan makanan yang mengandung kalsium tinggi juga.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium

Cara yang paling mudah memenuhi kalsium pada tubuh selain minum air mineral yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsiumnya.

Beberapa contoh makanan tersebut diantaranya seperti produk susu dan turunannya, keju, kacang-kacangan, sayuran hijau, seafood, kacang kedelai seperti tahu dan tempe, jus jeruk, serta rumput laut dan masih banyak lagi.

Pada umumnya setiap hari tubuh kita membutuhkan setidaknya 1300 mg kalsium setiap harinya. Jadi dengan mengonsumsi beberapa daftar makanan diatas kemngkinan kebutuhan kalsium pada tubuh Anda bisa terpenuhi dengan cukup.

Konsumsi suplemen kalsium

suplemen kalsium untuk ibu hamil

Mungkin diantara Bunda sekalian ada yang alergi dengan susu atau sejenisnya. Apalagi jika Bunda menerapkan pola hidup vegan yang minim kalsium. Akan lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada cara lain, yaitu dengan mengonsumsi uplemen kalsium setiap harinya agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi.

Pada umumnya tiap kapsul mengandung 500 mg kalsium. Jadi dalam sehari Bunda bisa minumnya sebanyak 2 kali.

Atau agar lebih amannya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itulah tadi Bund pentingnya memenuhi kebutuhan kalsium pada saat menyusui. Dengan mengetahui manfaat dan bahaya kekurangan kalsium pada ibu hamil semoga bisa menjadi perhatian agar selalu menjaga kesehatan.

Dan semoga tips cara memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui tadi bisa bermanfaat dan dilakukan ya Bund 😉

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *