keringat dingin pada bayi

7 Penyebab Keringat Dingin pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Keringat dingin mungkin sebuah kondisi yang sering kali dialami oleh si kecil. Pada umumnya keringat dingin pada bayi ini dipengaruhi beberapa hal seperi pergantian musim atau yang lainnya.

Selain itu ada juga penyebab lainnya yang biasa terjadi seperti pilek, flu, atau infeksi sinus, sehingga kemudian mereka akan mengalami demam.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Johnson & Johnson, pada tubuh bayi akan melepaskan keringat ke permukaan kulit untuk kemudian diuapkan oleh panas tubuh.

Sebenarnya keringat dingin pada bayi dan orang dewasa pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis tergantung penyebabnya juga. Keringat dingin yang pertama yaitu disebabkan akibat kondisi medis yang mendasarinya dan keringat dingin tanpa sebab apapun.

Nah, agar bunda bisa tahu lebih jauh lagi, berikut ini pembahasan mengenai penyebab keringat dingin pada bayi dan cara mengatasinya. Jadi bunda tidak perlu khawatir lagi jika si kecil mengalami hal tersebut.

Penyebab keringat dingin yang sering dialami pada bayi

cara mengatasi keringat dingin pada bayi

Seperti yang dudah disebutkan sebelumnya, secara umum ada dua jenis penyebab keringat dingin yang biasanya dialami setiap orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini beberapa penyebab keringat dingin terutama pada bayi.

Menderita penyakit jantung bawaan

Kelainan jantung atau cacat jantung bawaan juga bisa dialami bayi. Ketika si kecil terkena penyakit jantung seperti ini, bisa saja menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi terganggu.

Akibatnya, akan membuat suplai oksigen ke organ dan jaringan dalam tubuh menjadi berkurang. Selain itu si kecil juga bisa mengalami keringat dingin pada bayi dengan sering.

Selain itu, penyakit jantung bawaan ini juga bisa membuat kulit bayi tampak pucat, kebiruan, dan kondisi lain yang membahayakan.

Jika ada bayi yang sampai mengalami hal seperti ini, maka harus mendapatkan penanganan khusus dari dokter agar bisa cepat sembuh.

Baca juga : Ketahui penyebab dan cara mengatasi bercak putih pada bayi

Si kecil mengalami mimpi buruk

cara mengatasi bayi keringat dingin

Tidak hanya orang dewasa juga loh bund. Ternyata meskipun diusia yang masih kecil bayi pun juga bisa mendapatkan mimpi buruk juga.

Ketika mimpi buruk tersebut muncul dalam tidur, maka si kecil akan merasa ketakutan. Nah, rasa takut yang hadir dalam mimpi tersebutlah menjadi sebab si kecil mengalami keringat dingin.

Dan saat itu pula si kecil akan menangis dan ketakutan yang diikuti dengan keluarnya keringat dingin.

Ada masalah pada Hidung, Tenggorokan, dan Paru-Paru

Dalam sebuah jurnal di  Archives Disease of Childhood menyebutkan bahwa ada sebuah fakta yang menjelaskan jika ada bayi atau anak-anak yang berkeringat di malam hari atau sering mengalami keringat dingin lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain seperti:

  • Alergi.
  • Asma.
  • Pilek karena alergi.
  • Reaksi alergi kulit seperti eksim.
  • Sleep apnea.
  • Tonsilitis
  • Hiperaktif.

Dengan demikian, artinya jika ada siapapun yang sering mengalami keringat dingin ada kemungkian juga mengalami beberapa masalah kesehatan lainnya seperti yang sudah disebutkan diatas.

Si kecil kepanasan

penyebab keringat dingin pada bayi

Perlu bunda ketahui bawa bedong atau selimut yang terlalu mengekang akan membuat si kecil kepanasan. Selain itu juga sangat berbahaya juga dan bahkan bisa meningkatkan tersiko terjadinya kematian mendadak pada bayi.

Agar si kecil nyaman dan tidak berkeringat, aturlah suhu pada ruangan bayi menjadi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin juga. Pastikan juga si kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Selain itu jangan lupa pastikan juga si kecil mengenakan pakaian atau perlengkapan bayi yang nyaman dan menyerap keringat.

Artinya, bunda perlu memeperhatikan segala hal yang ada disekitar bayi, mulai dari ruangannya hingga perlengkapan bayi yang digunakan setiap hari agar selalu nyaman dan mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hipoglikemia

Zat gula dara merupakan salah satu sumber energi yang utama pada tubuh. Apabila kada gula dalam tubuh menurun, pada tubuh kita akan kekurangan energi dan bisa saja tidak berfungsi dengan baik seperti biasanya. Kondisi tersebur biasanya disebut dengan Hipoglikemia.

Jika pada bayi, hipoglikemia bisa disebabkan oleh kelahiran prematur, infeksi berat, berat badan lahir rendah, terlahir dari ibu yang menderita diabetes, kedinginan, dan kelainan kongenital (cacat bawaan lahir), misalnya penyakit jantung bawaan.

Aliran oksigen tidak lancar

Hipoksia merupakan sebuah kondisi yang mana pada tubuh seseorang kekurangan oksigen.

Kondisi tubuh yang seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sesak nafas, atau posisi tidur yang tidak benar sehingga menutup jalur pernapasan.

Keringat dingin yang keluar adalah respon tubuh atas otak yang kekurangan oksigen.

Baca juga : Inilah! Cara pijat bayi yang benar dan aman

Si Bayi terkena efek dari obat-obatan tertentu

Ketidak cocokan bayi pada suatu obat atau vitamin ternyata juga bisa menyebabkan keringat dingin loh bund. Tidak cocoknya obat tersebut dengan bayi akan meningkatkan suhu pada tubuh.

Setiap tubuh bayi memiliki respon yang berbeda-beda terhadap suatu obat, ada yang cocok dan ada yang tidak.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebelum bunda memberikan obat kepada si kecil sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan petunjuk ataupun dosis yang tepat untuk si Bayi.

Cara mengatasi keringat dingin pada bayi

cara mengatasi keringat dingin pada bayi setelah dingin

Untuk mengatasi masalah keringat dingin pada bayi tersebut sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa lakukan, diantaranya sebagai berikut:

  • Memperbaiki suhu kamar menjadi lebih sejuk.
  • Melepaskan selimut pada si Bayi dan mengganti pakaiannya menjadi lebih nyaman.
  • Memperbaiki sirkulasi ruangan menjadi lebih segar.
  • Memperbaiki pola makan si Bayi menjadi lebih sehat.
  • Memberinya obat atau vitamin sesuai petunjuk dokter.
  • dll

Namun jika bunda sudah melakukan beberap langkah diatas tetapi si kecil belum membaik, sebaiknya segera dibawa ke dokter sepaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah tadi bund beberapa penyebab keringat dingin pada bayi dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita ya bund jadi bunda tidak perlu panik dan khawatir lagi.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *