Ketahui 6 Cara Tepat Memilih Bahan untuk Baju Bayi

Memilih baju bayi tidak boleh sembarang karena kulit bayi yang sensitif, jadi Moms perlu memperhatikan bahan apa yang cocok untuk si kecil. Memilih bahan untuk baju bayi memang terlihat mudah, namun Moms perlu mengetahui cara tepat untuk memilih bahan yang bagus.

Cara Memilih Bahan untuk Baju Bayi

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi yang sensitif sangat rentan terhadap berbagai sentuhan terutama baju. Apabila bahan baju yang digunakan tidak bagus untuk kebutuhan si kecil, maka akan membuat kulit bayi mengalami iritasi. Hal ini tentu harus Moms hindari dengan cara memilih bahan baju bayi yang bagus seperti dibawah ini:

1.     Bahan Lembut

Dengan bahan yang lembut akan membantu Moms untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit bayi. Moms bisa memilih bahan katun organik yang mampu untuk menyerap keringat dan cukup adem jika dipakai.

Kenyamanan si kecil menjadi hal wajib yang harus Moms perhatikan. Untuk baju bayi yang menggunakan bahan alami biasanya akan lebih ringan jadi aman dan nyaman jika dipakai oleh si kecil.

2.     Memperhatikan Adanya Alergi Pada Bayi

Bagi Moms yang baru memiliki bayi harus memperhatikan si kecil memiliki alergi atau tidak, apabila bayi memiliki riwayat alergi tertentu, Moms harus menghindari bahan yang bisa memicu reaksi alergi tersebut. Pastikan Moms memilih bahan yang bebas alergen.

3.     Pilih Model Baju yang Sederhana

Untuk memilih baju bayi baru lahir sebaiknya pilih yang sederhana, meski baju dengan banyak aksesori menarik dan terlihat gemas. Namun, tahukah Moms jika baju model banyak aksesoris akan membuat si kecil tidak nyaman. Kulit bayi yang sensitif sangat rawan terkena goresan yang membuat si kecil terluka tanpa sengaja.

4.     Pilih Baju yang Mudah Dilepas dan Dipakai

Selanjutnya Moms bisa pilih baju yang dapat dipakai maupun dilepas dengan mudah, agar bisa memberikan kenyamanan pada bayi. Moms bisa memilih baju bayi yang memiliki kancing bagian depan atau resleting.

5.     Mempertimbangkan Cuaca

Ketika Moms memilih baju bayi, Moms juga harus mempertimbangkan faktor cuaca karena bayi mudah berkeringat. Sehingga di cuaca yang panas pastikan Moms memilih baju bayi yang bahannya mudah menyerap keringat, tipis, dan lembut agar bayi tetap nyaman. Untuk di cuaca dingin Moms bisa memilih baju yang agak tebal, tetapi tidak membuat sesak si kecil.

6.     Pilih Jenis Kain yang Ringan

Ada berbagai jenis kain yang dapat dijadikan sebagai bahan baju bayi, namun Moms perlu memperhatikan jenis kain yang terasa ringan apabila dipakai si kecil. Dengan kain yang ringan tidak akan membatasi gerak si kecil.

Bahan baju bayi yang biasanya digunakan adalah cotton premium yang banyak digunakan sebagai bahan baju bayi baru lahir, cotton bamboo yang saat ini populer karena dianggap mampu untuk menyesuaikan suhu tubuh bayi, dan cotton modal dengan karakteristik serat yang halus dan lembut. Itulah beberapa cara memilih bahan untuk baju bayi. Dengan bahan alami membuat bayi aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *