Latihan Mindfulness Bagi Ibu Hamil: Pengertian dan Caranya

Mindfulness menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Cara ini memang hal simpel yang sering dilakukan setiiap harinya. Namun, tahukah Moms dengan latihan mindfulness sangat membantu untuk ibu hamil.

Dengan melakukan mindfulness diharapkan Bumil dapat fokus dan memusatkan perhatiannya terhadap situasi yang sedang terjadi saat ini, sehingga dapat membuatnya lebih mencintai diri mereka sendiri. Jadi untuk penjelasan lengkapnya mengenai latihan mindfulness bagi ibu hamil baca di artikel ini, ya Moms!

Apa Itu Mindfulness?

Secara umum, mindfulness dapat dikatakan sebagai kondisi pikiran yang dilakukan dengan kesadaran penuh, di mana lebih terfokus pada momen saat ini sesuai dengan apa yang sedang dikerjakannya. Mindfulness dapat menjadi salah satu bentuk meditasi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Dengan mengikuti latihan mindfulness ini dapat memmbantu menurunkan stress dan kecemasan yang sering kali dirasakan oleh ibu hamil saat memasuki usia persalinan. Melakukan mindfulness dengan teratur dan konsisten akan membantu ibu hamil mengeluarkan energi negatif dan membuat tubuh lebih rileks, serta tenang.

Dalam bahasa mindfulness sendiri memiliki arti kesadaran. Sehingga kondisi ini dapat dilakukan pikiran yang sadar untuk membantu menerima emosi dengan terbuka dan lebih sadar akan kondisi di sekitarnya. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika pelatihan mindfulness dapat memberikan efek yang positif, di mana mampu mengatasi depresi selama masa kehamilan.

Bagaimana Cara Latihan Mindfulness Bagi Ibu Hamil?

Bagi ibu hamil lonjakan emosi di luar kendali sering kali menjadi salah satu pemicu terjadinya stress dan depresi. Hal ini karena kondisi perubahan hormon pada ibu hamil yang mempengaruhi suasana hatinya yang dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Maka, sangat disarankan untuk melakukan pelatihan mindfulness ini selama kehamilan, terutama saat mendekati waktunya persalinan. Nah, berikut adalah cara untuk melakukan latihan mindfulness dengan tepat bagi Bumil.

1.     Mengikuti Senam Prenatal

Moms bisa mengikuti kelas prenatal yang mencakup mindfulness dari awal kehamilan. Dengan melakukan senam prenatal yang berdasarkan mindfulness dapat membantu ibu hamil menenangkan pikiran, terutama saat memasuki waktu persalinan.

2.     Melakukan Meditasi

Moms bisa melakukan meditasi mindfulness yang jarang diketahui orang. Untuk meditasi ini diadaptasi dari ajaran Buddha dan cukup populer. Meditasi dilakukan dengan cara menggabungkan  konsentrasi dan kesadaran. Moms cukup fokus untuk menarik napas dengan merasakan sensasi dari pikiran, tubuh, hingga perasaan.

3.     Berjalan Kaki

Ternyata jalan kaki setiap pagi atau sore dapat membantu ibu hamil mengurangi terjadinya stress. Cukup dengan cara yang sederhana sudah dapat dikatakan sebagai latihan mindfulness. Moms bisa melakukannya secara teratur dan konsisten. Pastikan Moms menikmati suasana pagi atau sore dengan nyaman, sehingga dapat membantu tubuh lebih relaks.

Itulah pengertian dan cara yang tepat untuk melakukan latihan mindfulness bagi ibu hamil. Dengan melakukan mindfulness diharapkan mampu mengatasi depresi yang sering terjadi pada ibu hamil. Lakukan pelatihan mindfulness ini secara rutin dan teratur untuk merasakan manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *