makanan pelancar asi

9 Minuman dan Makanan Pelancar ASI yang Harus Dikonsumsi

Bunda sudah tahu belum apa saja makanan pelancar ASI yang baik untuk di konsumsi ketika menyusui? Sebanarnya ada banyak sekali loh bund cara melancarkan ASI terutama untuk makanan.

Permasalahan ASI yang keluar dengan sedikit merupakan sebuah masalah yang sering ditakutkan para ibu yang baru saja melahirkan. Dan tidak heran juga bahwa masalah yang satu ini menambah beban pikiran untuknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa air susu ibu atau ASI memiliki manfaat yang begitu besar bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi. Maka dari itu sebagai orang tua harus selalu memastikan ASI yang keluar dengan lancar.

Selain itu, Bunda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalsium pada ibu menyusui.

Apalagi jika si kecil sering terbangun dari tidurnya karena lapar. Salah satu cara untuk menenangkannya yaitu dengan menyusuinya.

Nah, agar kebutuhan ASI si kecil lancar dan terpenuhi, yaitu Bunda harus memakan makanan pelancar ASI

Pertanyaannya, apa saja jenis makanan yang membuat ASI melimpah?

Tenang Bund, berikut ini beberapa daftar makanan pelancar ASI yang aman untuk Bunda konsumsi agar bisa membantu memproduksi ASI dengan lancar.

Makanan pelancar ASI untuk ibu menyusui

minuman pelancar asi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penting sekali para Bunda yang betu melahirkan untuk selalu memastikan bahwa ASI nya keluar dengan lancar.

Dan sebenarnya makanan pelancar ASI cukup mudah ditemukan dalam bentuk suplemen atau makanan segar. Selain itu Bunda juga bisa mencampurnya ke dalam menu makan sehari-hari lho.

Kira-kira makanan seperti apakah yang bisa membantu melancarkan produksi ASI ketika menyusui? Inilah daftar makanan pelancar ASI untuk dikonsumsi semasa menyusui.

Baca juga : Inilah cara menyusui bayi yang benar beserta gambar

Ikan salmon

Selain termasuk dalam salah satu makanan untuk melancar ASI, ikan salmon juga sangat membantu sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Didalam ikan salmon terkandung sumber omega 3 dan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil dan juga menjaga kesehatan jantungnya.

Maka dari itu penting sekalu mengonsumsi ikan salmon setidaknya dua kali dalam seminggu.

Daging sapi

makanan untuk ibu menyusui

Pada masa menyusui, biasanya sang ibu akan membutuhkan protein, zat besi dan vitamin B12 agar bisa memberikan ASI yang berkualitas untuk si kecil.

Nah, pada daging sapi mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 yang sangat penting bagi ibu menyusui untuk dikonsumsi.

Pada daging sapi sebenarnya sangat rendah lemak, jadi sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusi agar bisa meningkatkan kualitas ASI dan mengembalikan energi setelah melahirkan.

Daun singkong

Melansir Buku Tanaman untuk Pelancar ASI di Sekitar Kita (2015) karya Elok Widayanti, MSi terbitan Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kemenkes RI, daun singkong atau ubi kayu terbukti mengandung banyak zat gizi, seperti vitamin C, zat besi, hingga kalsium yang berguna untuk memperbanyak produksi ASI.

Baca juga : cara mengatasi payudara kendur yang aman

Kacang hijau

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui.

Selain itu kacang hijau juga mengandung banyak sekali nutrisi, diantaranya yaitu seperti kacang hijau, seperti asam folat, vitamin B1, kalsium, kalium, dan fosfor dapat bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI.

Kelor

Pada salah satu penelitian adna yang telah membuktikan bahwa daun kelor memiliki berbagai kandungan zat gizi, diantaranya:

  • 20,51 persen protein
  • 19,25 persen fiber
  • 2,63 persen lemak
  • 43,78 persen karbohidrat

Selain itu, analisis elemen menunjukkan bahwa kandungan kalsium dan zat besi pada daun katuk juga cukup tinggi, yakni berturut-turut sebesar 2007,67 dan 26,34 mg/100 g daun kering.

Dengan adanya beberapa kandungan nutrisi tersebut, daun kelor dianggap memiliki banyak sekali manfaat, seperti:

  • Meningkatkan produksi ASI
  • Mecegah anemia
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengatasi rematik
  • Mengatasi pegal linu, encok, dan pereda nyeri

Baca juga : Inilah daftar makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Bayam merah

manfaat bayam untuk ibu menyusui

Bayam merah ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti:

  • Protein Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfot
  • Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Air

Selain beberapa kadungan diatas pada bayam juga memiliki banyak serat, serta karotein, klorofil, dan saponon. Sehingga sangat baik sekali untuk tubuh.

Dengan adanya beberapa kandungan tersebut, bayam merah dianggap memiliki sejumah manfaat, termasuk mengobati anemia dan memperlancar ASI.

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat bayam untuk ibu hamil dan menyusui lainnya.

Jus alpukat

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Didalam kandungannya, buah alpukat mempunyai banyak sekali nutrisi berupa folat, kalium, serat, lemak baik, serta antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh termasuk pada ibu menyusui.

Tidak hanya untuk ibu menyusui saja, tetapi banyak juga manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.

Selain itu, buah alpukat mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Selain itu, ada pula kandungan lainnya berupa asam folat, vitamin C, vitamin E, dan kalium yang bermanfaat untuk membantu perkembangan bayi.

Baca juga : Inilah daftar mitos ibu menyusui yang harus diketahui

Susu kacang

Salah satu manfaat dari kacang almond yaitu karena adanya kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat merangsang hormon sekaligus meningkatkan produksi ASI.

Dikutip dari situs Sanford Health dijelaskan bahwa kacang mempunyai kandungan protein, serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta lemak baik.

Daun katuk

manfaat Daun katuk untuk ibu menyusui

Tidak diragukan lagi, banyak yang sudah merasakan sendiri dari daun katuk ini karena memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk ibbu menusui dan hamil.

Namun yang paling populer yaitu bahwa mengonsumsi daun katuk menjadi salah satu cara melancarkan ASI pada ibu hamil.

Hal ini disebabkan karena pada daun katuk mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

Pada umumnya ibu menyusui membutuhkan protein setidaknya sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya.

Namun pada saat kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.

Nah, itulah tadi bund beberapa rekomendasi minuman dan makanan untuk melancarkan ASI serta untuk mendapatkan ASi yang berkualitas untuk si kecil. Jangn lupa untuk mengonsumsinya ya… Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *