Menu MPASI Adekuat Adalah…

Menu MPASI adekuat sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan si kecil sehingga sangat dibutuhkan untukdalam menunjang tumbuh kembagnya. Perlu Moms ingat jika MPASI harus memenuhi zat gizi makronya. 

MPASI perlu Moms berikan ketika ASI sudah tidak mencukupi nutrisi bayi. Namun, dalam pemberian menu MPASI adekuat adalah yang mengandung zat gizi lengkap dan seimbang.

Apa Saja Menu MPASI Adekuat?

Saat memasuki usia 6 bulan, biasanya si kecil membutuhkan energi dan nutrisi yang banyak sehingga ASI saja tentu tidak cukup, maka perlu MPASI untuk mendukung tumbuh kembangnya.

1.     Mengandung Karbohidrat

Ada berbagai makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa Moms berikan pada si kecil sebagai menu MPASI adalah ubi, sereal, serta pisang. Perlu Moms ketahui, karbohidrat menjadi sumber nutrisi yang penting untuk membentuk energi, hingga mendorong pertumbuhan si kecil.

Moms bisa memenuhi kebutuhan MPASI adekuat  per hari adalah sekitar 35 sampai 65 persen dari kebutuhan kalori bayi.

2.     Protein

Untuk protein ada dua jenis yang baik bagi bayi, yaitu protein hewani dan nabati. Dengan kedua protein tersebut, mampu membantu memenuhi zat gizi yang bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Selain itu, juga bisa mencegah kekurangan nutrisi dan stunting. Kebutuhan akan protein menjadi hal yang penting dan memiliki peran aktif dalam mengembangkan kemampuan si kecil. Protein yang dibutuhkan adalah ikan, daging sapi, tahu, tempe, hingga kacang-kacangan.

3.     Lemak

Lemak dapat membantu bayi untuk menambah kalori dan mendukung perkembangan otak hingga syaraf. Beberapa makanan yang banyak mengandung lemak dan diperbolehkan bagi si kecil adalah lemak sapi atau brutu ayam.

4.     Buah-buahan

Buahenjadi salah satu sumber vitamin yang bagus untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Dengan membiasakannya MPASI buah akan membantu memenuhi kebutuhan cairan dan serat dalam tubuh si kecil. Namun, pemberian buah tidak boleh berlebihan karena dapat menghambat penyerapan nutrisinya.

5.      Sayur

Sayur memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk pencernaan bayi, karena mengandung serat. Namun, dalam 1000 hari kehidupan si kecil pastikan Moms memilih sayuran yang tepat. Pilih yang mudah dicerna dan memiliki tekstur lembut.

Bagaimana Mengatur Menu MPASI Adekuat?

Untuk mendapatkan MPASI adekuat Moms perlu memastikan makanan dan minuman yang diberikan sudah mencangkup nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Nah, berikut MPASI yang harus diperhatikan.

1.      Memberikan MPASI yang Lembut

Pada minggu pertama hingga kedua, Moms bisa memberikan MPASI yg lembut dan halus sehingga pencernaan si kecil tidak bermasalah. Moms bisa membuat bubur dari sayuran dan protein hewani, serta nasi yang sebelumnya sudah disaring terlebih dahulu.

2.      Memberikan MPASI Campuran

Pada minggu ketiga hingga seterusnya, Moms bisa memberikan si kecil bubur nasi yang dicampur dengan sayuran atau daging. Selain itu, Moms juga bisa membuat puree buah yang di mix.

Menu MPASI adekuat adalah menu yang mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan si kecil selama 1000 hari kehidupannya secara optimal. Pastikan makanan dan minuman yang diberikan nutrisi yang seimbang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *