4 Mitos Anak Terlilit Tali Pusar dan Penyebabnya

Istilah bayi terlilit tali pusar menjadi salah satu mitos yang banyak dipercaya oleh masyarakat sebagai nasib buruk. Biasanya bayi yang mengalami tali pusar melilit leher hingga 360 derajat karena bayi yang terlalu aktif bergerak dan ukuran bayi yang bertambah besar.

Apabila lilitan tali pusat semakin kencang akan membuat bayi mengalami permasalahan pada denyut jantung bayi. Namun, secara mitos anak terlilit tali pusar memiliki keistimewaan seperti  kehidupan yang kecukupan dan memiliki miliki paras yang menarik, dan daya tariknya luar biasa.

Apa Saja Mitos Anak Terlilit Tali Pusar?

Bayi yang terlilit tali pusar mitosnya memiliki keistimewaan karena proses melahirkannya terbilang lebih rumit. Tenaga medis yang membantu kelahiran bayi terlilit oleh tali pusat ini tentu harus dapat memastikan keselamatan ibu dan bayi.

Mitosnya anak juga akan patuh kepada orang tuanya bahkan dari segi ekonomi akan mendapatkan keberkahan yang membuatnya terhindar dari kesulitan keuangan. Sedangkan untuk mitos lainnya sebagai berikut.

Baca juga: Apa saja Mitos Anak Sungsang?

1.     Hidup Berkecukupan

Mitosnya bayi yang terlilit tali pusat saat di dalam kandungan akan memiliki kehidupan yang berkecukupan kelak ketika dewasa, sehingga banyak masyarakat yang percaya hingga sekarang.

Namun, tahukan Moms jika mitos ini tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga di Negeri China bahkan mereka meyakini jika tali pusar yang dikeringkan dapat dijadikan sebagai jimat yang akan membawa keberuntungan bagi anak.

2.     Intuisi Tajam

Bayi dengan lilitan tali pusat dipercaya memiliki intuisi yang tajam ketika dewasa nanti. Dengan intuisi yang tajam akan membuatnya memiliki berbagai kemampuan membaca emosi orang lain dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

3.     Memiliki Paras Menarik dan Berkharisma

Mitos lainnya anak yang terlilit tali pusar dipercaya memiliki takdir yang baik, mereka terlahir dengan paras yang rupawan dan berkharisma. Namun, secara medis tentunya hal ini belum memiliki bukti yang kuat.

4.     Cocok Dengan Berbagai Outfit

Keistimewaan dari bayi yang terlilit tali pusarnya biasanya cocok mengenakan outfit apa saja. Jadi Moms tidak perlu pusing memilih outfit yang sesuai dengan si kecil.

Penyebab Anak Terlilit Tali Pusar

Ada berbagai hal yang dikhawatirkan ketika janin dalam kandungan sudah mendekati usia persalinan, salah satunya adalah bayi terlilit tali pusar. Kondisi ini sering terjadi selama masa kehamilan menjelang kelahiran.

Beberapa penyebab yang sering ditemukan adalah tali pusar terlalu panjang sehingga melilit pada tubuh si kecil, cairan ketuban yang berlebihan, dan memiliki kehamilan kembar.

Itulah beberapa mitos anak terlilit tali pusar yang hingga sekarang masih banyak masyarakat percayai. Namun, faktanya hal tersebut masih belum bisa dibuktikan dari penelitian secara medis. Nah, untuk mencegah terlilit tali pusar, Moms bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *