obat flu untuk ibu menyusui

Tips dan Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman dikonsumsi

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami siapa saja, baik yang tua maupun muda, termasuk ibu menyusui juga. Apalagi jika Anda sedang berada pada masa kehamilan, maka harus tahu obat flu untuk ibu menyusui yang aman untuk dikoonsumsi.

Untuk ibu menyusui memang penting sekali agar selalu menjaga kesehatan Anda dan janin. Akan ada kondisi yang membuat Anda terkena flu.

Ditambah lagi untuk sekarang ini cuaca seddang tidak menentu dan kondisi badan sedang tidak sehat sepenuhnya. Maka penting sekali untuk menjaga imun tubuh agar selalu sehat terus.

Hal yang harus selalu Anda perhatikan saat terkena flu yaitu jangan sampai asal dalam memilih obat flu untuk ibu menyusui .

Memang sudah banyak obat flu dijual dipasaran, akan tetapi sebaiknya harus tetap berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah dan tidak membahayakan janin yang ada dalam kandungan

Nah, berikut ini beberapa obat flu untuk ibu menyusui dan tips mengatasi flu saat menyusui .

Bolehkah ibu menyusui minum obat menyusui ?

gejala flu ibu menyusui

Sebenarnya ibu menyusui boleh-boleh saja mengonsumsi obat flu. Beberapa obat flu mingkin aman diminum selama masa kehamilan.

Akan tetapi, ada juga obat flu yang mungkin tidak aman karena ditakutkan dapat memengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan.

Jika usia kehamilan Anda kurang dari 12 minggu, alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum minum obat flu.

Hal ini karena pada 12 minggu pertama kehamilan merupakan periode kritis dalam perkembangan organ vital janin.

Kemudian hindari juga minum obat jenis apa pun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Salah minum obat flu saat menyusui justru bisa berbahaya untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Baca juga : Cara menyusui bayi baru lahir dan posisi yang benar

Obat flu untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi

Menurut Center for Disease Control and Prevention, seorang ibu menyusui kemungkinan lebih rentan terkena flu dibandingkan orang dewasa yang tidak menyusui . Hal ini disebabkan oleh perubahan pada sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru.

Obat flu herbal untuk ibu menyusui

Nah, untuk mengatasinya, berikut ini beberapa obat flu untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi

Obat flu herbal

Mengonsumsi obat herbal merupakan salah satu alternatif untuk mengghindari obat-obatan kimia. Untuk manfaatnya pun sebenarnya tidak kalah jika dibandingkan obat kimia.

Dan sebenarnya untuk ibu menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, tetapi pada beberapa kondisi diperbolehkan dengan tetap dalam pengawasan dokter.

Salah satu obat flu herbal yang baikk untuk dikonsumsi saat menyusui mil yaitu Nutrimax C&C.

Nutrimax C&C mengandung kombinasi 4 herbal yaitu Ivy Leaf, Thyme, Licorice, dan Elderberry Extract yang telah terbukti aman mengatasi influenza, batuk kering, dan batuk berdahak pada anak-anak dan dewasa. Obat sirup ini diperkaya dengan rasa madu dan bebas alkohol.

Paracetamol

obat flu ibu hamil

Jenis obat yang satu ini mungkin paling sering digunakan sebagai pertolongan pertama saat mulai mengalami gejala demam dan sakit kepala. Obat Paracetamol juga termasuk obat bebas yang dapat dibeli secara bebas di apotek tanpa resep dokter.

Selain untuk mengatasi demam dan sakit kepala, obat paracetamol juga bisa digunakan untuk mengatasi flu dan obat ini juga aman untuk dikonsumsi ibu menyusui .

Untuk dosis dan aturan pakainya obat paracetamol ini silahkan dibaca cengan seksama sesuai dalam kemasan. Hindari mengonsumsi obat ini secara berlebihan karena akan memicu overdosis dan masalah liver.

Mengonsumsi obat paracetamol saat menyusui juga sangat aman untuk mengatasi flu. Hal ini karena belum pernah ditemukan belum ditemukan laporan yang menunjukkan bahwa obat ini dapat membahayakan janin dalam kandungan khususnya pada trimester kehamilan pertama dan kedua.

Baca juga : Rekomendasi susu untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi

Cairan oxymetazoline

Cairan oxymetazoline biasanya digunakan untuk mengatasi pilek pada orang dewasa dan ibu menyusui . Jenis obat yang satu ini dalam bentuk semprot dan juga bisa Anda dapatkan di apotek terdekat secara bebas.

Meskipun bisa mendapatkannya dengan bebas, akan tetapi dalam mengonsumsinya harus tetap dengan resep dokter atau apoteker temat Anda membeli obat ini.

Hindari obat ini jika Anda memiliki hipersensitif terhadap komponen obat untuk menghindari kontraindikasi yang bisa berisiko bagi kesehatan kandungan.

Antihistamin

obat flu untuk ibu hamil

Obat flu untuk ibu menyusui lainnya yang aman untuk dikonsumsi yaitu termasuk dextromethorphan dan obat ekspektoran yang mengandung guaifenesin.

Obat antihistamin, seperti Benadryl dan Claritin juga tergolong aman dikonsumsi sebagai obat flu untuk ibu menyusui apabila penyebabnya adalah alergi.

Baca juga : Cara mencegah sakit gigi untuk ibu hamil dan obat yang paling aman

Obat Ekspektoran

Jenis obat yang satu ini bisa konsumsi jika flu Anda disertai dengan batuk berdahak.

Pada umumnya dokter atau apoteker akan merekomendasikan Anda dengan obat ini karena kandungan ekspektoran untuk meredakan penumpukan dahak di saluran pernapasan akibat flu.

Akan tetapi beberapa catatan jika Anda ingin mengonsumsi obat ini, yaitu aman dan boleh dikonsumsi jika usia kehamilan sudah mencapai 12 minggu.

Kemudian meskipun obat yang satu ini tergolong aman untuk dikonsumsi saat menyusui , akan tetapi harus tetap mengikuti resep dari dokter.

Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau masalah medis lainnya.

Tips mengatasi flu saat menyusui

cara mengatasi flu saay menyusui

Selain mengonsumsi obat flu yang amand dikonsumsi oleh ibu menyusui , Anda juga harus melakukan beberapa hal agar cepat sembuh, diantaranya sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup setiap hari.
  • Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam secukupnya, cara ini dipercaya dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan batuk  yang menyertai flu.
  • Konsumsi obat sesuai resep dan anjuran dokter.
  • Mandi menggunakan air hangat.
  • Konsumsi makanan yang dapat menghangatkan tubuh seperti sup.
  • Mengoleskan minyak aroma terapi pada dada dan punggung untuk membantu melegakan pernapasan.
  • Posisikan bantal sedikit lebih tinggi ketika tidur.

Nah, itulah tadi Bund beberapa rekomendasi obat flu untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi beserta tips mengatasi flu saat menyusui agar cepat sembuh. Semoga bermanfaat ya Bund 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *