obat masuk angin untuk anak

 Cara mengatasi dan Obat Masuk Angin untuk Anak

Masuk angin merupakan masalah yang termasuk sering dialami anak kecil. Sebenarnya cara mengatasi dan obat masuk angin untuk anak juga sangat banyak.

Banyak sekali gejala penyebab anak masuk angin yang dilakukan si kecil tanpa kita sadari sebegai orang tua. Maka dari itu penting juga untuk mengawasi si kecil agar tidak sakit.

Jika terkena masuk angin, akan selalu membuat si kecil rewel dan menangis tanpa henti. Hal ini membuat kita sebagai orang tua merasa kebingungan dan terus berusaha untuk menenangkannya.

Namun ada juga orang tua yang masih bingung cara mengatasi anak masuk angin.

Tapi kini bunda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada pembahasan seputar cara mengatasi, penyebab masuk angin pada anak hingga obat masuk angin anak.

Penyebab masuk angin pada anak

penyebab masuk angin pada anak

Tanpa kita sadari ada hal-hal kecil yang bisa membuat si kecil mengalami masuk angin.

Namun ketika si kecil sudah bisa buang angin yang disertai dengan perasaan lega, itu tandanya akan sembuh dengan sendirinya.

Nah, untuk mengantisipasi terjadinya masuk angin pada si kecil, beberapa penyebab masuk angin pada anak berikut ini harus bunda ketahui.

Baca juga : Ketahui penyebab dan cara mengatasi diare pada anak

Tidak cocok dengan susu atau MPASI

Penggunaan susu formula atau MPASI sebenarnya diperbolehkan saja karena hal-hal tertentu. Akan tetapi memilih susu formula juga harus sangat diperhatikan setiap orang tua.

Ada juga susu formula yang menurut kita bagus atau mahal tetapi tidak cocok untuk anak. Dah bahkan ketidakcocokan susu formulah juga bisa menjadi salah satu sebab si kecil mengalami masuk angin.

Dengan begitu pencernaan si kecil akan terganggu dan sampai membuat perutnya kembung. Maka dari itu penting sekali memilih susu formula yang tepat dan tidak harus mahal.

Terlalu banyak angin yang masuk

Sebenarnya ini masih ada kaitannya dengan sebelumnya. Namun masuk angin pada bayi disebabkan karena ia menyusu dengan cara yang tidak tepat.

Pada saat menyusui mungkin posisi mulut bayi tidak menempel pada puting dan areola, sehingga saat mengisap ASI, ada udara yang ikut masuk ke dalam tubuhnya. Inilah yang menjadi penyebab masuk angin pada bayi.

Terlalu sering menangis

gejala masuk angin pada anak

Ternyata anak yang terlalu sering menangis bisa menjadi sebab terkena masuk angin. Terlalu sering menangis membuat angin masuk ke dalam perut bayi,

Maka dari itu ketika si keci menangis segeralah untuk menenangkannya agar tidak terlalu banyak angin yang masuk dan supaya tidak masuk angin.

Sistem pencernaan yang belum matang

Hal seperti ini terjadi pada anak yang berusia balita yang sedang belajar makan. mungkin karena Sistem pencernaan bayi yang belum matang masih belajar untuk mencerna makanan.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu sistem pencernaan si kecil akan beradaptasi untuk mencerna makanan. Biasanya bayi akan lebih sering mengeluarkan gas dibandingkan orang dewasa.

Baca juga : Inilah kesalahan ibu hamil yang sering dilakukan

Cara mengatasi masuk angin anak

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa bunda lakukan ketika si kecil masuk angin dan tidak perlu dibawa ke rumah sakit.

Akan tetapi jika dirasa sudah terlalu parah dan bunda tidak bisa menanganinya, sebaiknya segera di bawa ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin pada anak yang bisa bunda lakukan dirumah.

Memandikan si kecil dengan air hangat

Jika si kecil jarang mandi dengan menggunakan air hangat, maka ketika si kecil masuk angin cobalah memandikannya dengan air hangat.

Memandikan anak dengan air hangat ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang akan dirasakan. Salah satunya yaitu bisa membantu mengurangi nyeri pada tubuh dan pegal-pegal ketika mengalami masuk angin.

Dengan begitu, mandi dengan air hangat sangat dianjurkan kepada siapapun yang mengalami masuk angin. Akan tetapi perhatikan juga air yang dignakan, jangan sampai terlalu panas dan membuat kulit menjadi sakit.

Selain bisa mengatasi masuk angin, mandi dengan air hangat juga bisa membuat membuat otot-otot yang tegang mengendur sehingga tubuh anak terasa lebih nyaman. Sehingga si kecil dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Mengoleskan minyak hangat pada tubuh

obat anak masuk angin di apotik

Seperti yang kita ketahui, mengoleskan minyak hangat pada tubuh menjadi salah satu cara mengatasi masuk angin pada anak.

Anda cukup mengoleskan minyak hangat pada bagian tubuh tertentu seperti perut dan punggung.

Selain menghilangkan masuk angin, rasa hangat dari olesan minyak tersebut bisa meredakan pegal-pegal dan rasa tidak enak badan yang dirasakan anak.

Pastikan anak tidak mengalami dehidrasi

Ketika sedang mengalami masuk angin, si kecil sangat rentan mengalami dehidrasi. Apalagi jika disertai muntah dan mual, pasi akan mengeluarkan banyak sekali cairan tubuh.

Maka dari itu penting sekali untuk selalu memastikan si kecil agar tidak dehidrasi.

Untuk menghindari itu, sebaiknya si kecil mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, kaldu bening, susu atau ASI untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Hindari juga si kecil untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena bisa membuatnya semakin dehidrasi.

Menggunakan pakaian hangat

perlengkapan baju anak

Menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat sangatlah diperlukan ketika si kecil mengalami masuk angin. Ketika tubuh tetap hangat, dapat membantu mengerahkan energi untuk mendukung daya tahan tubuh.

Akan tetapi jika kondisi tubuh si kecil kedinginan, bisa menurunkan sistem imun sehingga rentan terserang bakteri atau virus.

Itulah sebabnya kenapa menjaga imun tubuh sangat penting agar tidak terserang virus maupun bakteri.

Mengonsumsi obat anak masuk angin dan muntah

Tanpa di barengi dengan mengonsumsi obat masuk angin untuk anak, si kecil akan lebih lama sembuhnnya. Dan untuk memilih obat masuk angin anak juga harus dengan resep dokter.

Obat-obatan ini biasanya telah diformulasikan khusus dengan herbal, seperti jahe, daun mint, adas, ginseng, meniran, kunyit, dan madu.

Obat anak masuk angin anak dan muntah

obat masuk angin anak rumahan

Sebenarnya masuk angin bukanlah merupakan sebuah penyakit yang terlalu serius. Namun jika dibiarkan begitu saja akan berakibat sangat fatal.

Dikutip dari American Academy of Pediatrics, pada dua tahun pertama hidupnya, anak mungkin mengalami 8-10 kali masuk angin.

Kemudian pada saat mereka sudah mulai masuk sekolah, masuk angin juga akan lebih sering terjadi.

Untuk mengatasi itu semua, berikut ini obat masuk angin anak yang bisa bunda berikan untuk anak ketika masuk angin

Baca juga : 11 Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin

Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen merupakan slah satu obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan pada tubuh.

Obat paracetamol biasanya digunakan untuk mengobati berbagai nyeri ringan, demam, serta pilek dan flu. Selain itu bisa juga dikonsumsi untuk meredakan masuk angin anak.

Obat ini juga boleh digunakan siapa saja termasuk ibu hamil, ibu menyusui dan juga anak diatas dua tahun tetapi harus dengan resep dari dokter.

Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu sangat jarang obat ini bisa menimbukan efek samping seperti:

  • Kerusakan hati dan jantung jika diminum terlalu banyak.
  • Reaksi alergi seperti ruam dan bengkak.
  • Muka merah, tekanan darah rendah, dan detak jantung meningkat (biasanya muncul saat diberikan lewat infus).
  • Gangguan darah, seperti trombositopenia (trombosit rendah) dan leukopenia (sel darah putih rendah).

Sebelum si kecil mengonsumsi paracetamol sebaiknya mintalah resep ke dokter terlebih dahulu.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C

obat anak masuk angin alami

Ternyata vitamin C juga bisa mengurangi gejala masuk angin loh bund. Disisi lain juga dapat membantu meningkatkan kesehatan bayi, termasuk sistem kekebalan tubuhnya.

Bunda dapat memberikannya melalui makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk atau yang lainnya.

Minuman jahe

Seperti yang kita ketahui jahe berkhasiat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu saja, jahe juga dipercaya dapat mengatasi masuk angin, meredakan pusing, mual, muntah, batuk, dan mengurangi gangguan pencernaan seperti kembung.

Seorang ahli kesehatan dari Reader’s Digest Association yang bernama Alyssa Jung, mengatakan bahwa mengunyah potongan jahe atau mencampurkannya dengan minuman hangat membantu mengatasi kembung, sehingga mendorong gas dalam perut keluar.

Humidifier

Obat masuk angin anak selanjutnya adalah humidifier. Jika masuk angin Si Kecil disertai gejala batuk pilek, maka simpanlah humidifier di kamar anak untuk membantu mengurangi rasa tersumbat pada hidung.

Apalagi, bakteri dan jamur bisa tumbuh dengan cepat, penggunaan humidifier bisa membuat udara menjadi steril kembali.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa menjadi perhatian bunda ketika si kecil sedang masuk angin. Semoga bermanfaat ya bund

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *