pantangan makanan untuk ibu menyusui

Inilah Daftar Pantangan Makanan untuk Ibu Menyusui yang Harus Dihindari

Seperti halnya pada saat hamil, ternyata ada juga pantangan makanan untuk ibu menyusui yang harus Bunda ketahui. Meskipun ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui agar kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh, akan tetapi Anda harus memperhatikan minuman dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil juga.

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa beberapa makanan penghambat ASI yang pantang dikonsumsi ibu menyusui. Tetapi sebenarnya tidak ada peraturan yang keras tentang hal tersebut.

Menurut Katherine A. Dettwyler, Ph.D., seorang peneliti tentang menyusui dan antropolog, perempuan di seluruh dunia menghasilkan cukup banyak ASI yang berkualitas saat mengonsumsi makanan yang hampir seluruhnya terdiri dari padi-padian (beras atau millet atau sorgum) ditambah seporsi kecil sayuran dan daging sesekali.

Dengan demikian Bunda harus mengetahui apa saja makanan penghambat ASI yang menjadi pantangan ibu menyusui berikut.

Pantangan makanan untuk ibu hamil yang menghambat ASI

pantangan minuman untuk ibu menyusui

Sebenarnya tak ada aturan khusus mengenai makanan yang tidak boleh dimakan ibu menyusui. Namun, dalam Korean Journal of Pediatrics disebutkan bahwa kebanyakan keluhan yang dialami ibu menyusui adalah ASI seret atau tidak mencukupi, penyakit yang diderita ibu, dan penyakit pada bayi.

Makanan atau minuman yang dilarang untuk ibu menyusui mempertimbangkan dua hal. Pertama, makanan tersebut mampu menghambat produksi ASI. Kedua, pantangan makanan untuk ibu menyusui ini bertujuan untuk menghindari bayi dari penyakit ataupun gangguan tertentu.

Oleh karena itu, penting bagi para Bunda yang menyusui untuk mulai menghindari apa yang menjadi pantangan makanan ibu menyusui dan mengatur pola makan sehat serta bernutrisi.

Berikut ini beberapa daftar pantangan makanan dan minuman untuk ibu menyusui.

Baca juga : Beginilah cara menyusui bayi baru lahir dan posisi yang benar

Ikan bermerkuri tinggi

makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk dikonsumsi pada masa menyusui.

Akan tetapi, ada juga loh beberapa jenis ikan yang termasuk dalam makanan penghambat ASI, sehingga pantang untuk dikonsumsi lho Bund.

Dari sekian banyak ikan, jenis ikan todak dan king mackerel memiliki kadar merkuri yang tinggi, yang mana kandungan merkuri tersebut dapat masuk ke ASI dan dapat membahayakan si kecil.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ikan yang diberi label sebagai makanan penghambat ASI untuk ibu menyusui yaitu hiu, ikan todak, tilefish, dan king mackerel.

Dengan demikian, jika Anda ingin makan ikan maka pilihlah jenis ikan yang lebih rendah merkuri bila memungkinkan, seperti nila, salmon dan trout. Selama kehamilan, sushi dilarang keras karena kemungkinan bakteri dan parasit.

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang dilarang saat hamil hingga menyusui.

Dikutip dari Very Well Family, jika Bunda mengonsumsi alkohol lebih dari sekadar minuman sesekali, minuman alkohol dapat mengakibatkan penurunan suplai ASI, memengaruhi refleks let-down, dan ini berarti Moms memberikan alkohol ke bayi melalui ASI.

Selain dapat menghambat ASI pada saat menyusui, minum alkohol juga bisa mengganggu kemampuan Anda dalam merawat anak. Apalagi jika alkohol berulang kali akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak.

Makanan mentah

makanan mentah yang dilarang dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang masih mentah merupakan suatu pantangan untuk ibu menyusui yang harus dihindari. Hal ini harus Anda hindari karena biasanya pada makanan yang masih mentah bisa menjadi sumber infeksi.

Contoh makanan yang masih mentah dan sering kita jumpai diantaranya yaitu seperti ikan mentah pada sashimi, kerang, ataupun susu yang tidak dipasteurisasi.

Dalam sebuah penelitian yang terbit pada jurnal Korean Journal of Pediatrics, makanan mentah merupakan makanan yang tidak boleh untuk ibu menyusui.

Selain itu makanan mentah juga bisa berpotensi membuat ibu mengalami darah keracunan akibat infeksi bakteri (septikemia). Bakteri pun dapat diserap ASI. Meski demikian, hal ini jarang terjadi.

Baca juga : Daftar susu untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat

Minuman yang mengandung kafein

makanan yang dilarang dikonsumsi ibu menyusui

Beberapa minuman yang mengandung kafein yaitu diantaranya seperti kopi, teh atau soda yang kita konsumsi satu atau dua cangkir tidak akan berpengaruh pada bayi.

Akan tetapi jika terlalu banyak mengonsumsinya maka akan menyebabkan Moms dan bayi merasa gelisah, mudah tersinggung, dan susah tidur, dan menjadi salah satu makanan penghambat ASI.

Dikutip dari Ameda Direct, seornang ibu menyusui harus berhati-hati sebelum minum minuman yang mengandung kafein karena akan berpengaruh pada ASI yang dapat membuat Moms dan Si Kecil sulit tidur siang.

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan dikaitkan dengan kolik dan acid reflux pada beberapa bayi.

Makanan pedas

makanan yang dilarang dikonsumsi ibu menyusui

Jika sebelum hamil Anda suka makan makanan pedas maka ketika hamil harus mengurangi atau berhenti terlebuh dahulu karena akan berpengaruh pada bayi yang ada didalam kandungan.

Apalagi ketika sudah melahirkan dan kemudian lanjut masa menyusui, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan terlebih makanan pedas.

Hal ini karenaa makanan pedas bisa memengaruhi rasa ASI dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan bayi mengalami kolik, kembung, bahkan diare pada anak.

Baca juga : Daftar kalsium untuk ibu menyusui yang harus dikonsumsi

Buah asam

buah untuk ibu menyusui

Pantangan makanan ibu menyusui yang harus Bunda perhatikan yaitu mengonsumsi buah asam. Buah yang mengandung rasa asam seperti jeruk dan nanas mengandung cukup tinggi vitamin C.

Akan tetapi biasanya jika kita mengonsumsi buah asam  terlalu banyak akan membuat perut menjadi tidak nyaman dan juga akan berpengaruh pada ASI. Kemudian sistem pencernaan tubuh bayi belum bisa dikatakan sempurna sehingga tidak kuat jika terpapar zat asam tersebut.

Dan jika Anda tetap mengonsumsi buah yang satu ini, maka bisa menyebabkan si kecil menjadi rewel, sering meludah, ruam popok, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, Sebaiknya mulai dari sekarang Anda menghindari konsumsi buah yang terlalu asam dan menggantinya dengan buah lain seperti stroberi, pepaya, dan sayuran hijau.

Nah itu lah tadi beberapa daftar pantangan minuman dan makanan untuk ibu hamil yang harus dihindari dan sebenarnya masih banyak lagi makanan dan minuman yang harus dihindari pada saat masa hamil dan menyusui.

Dengan menghindari berbagai pantangan makanan ibu menyusui, itu sama halnya Anda telah menurunkan risiko si kecil terserang macam-macam penyakit. Tunggu apalagi? Yuk mulai ganti beberapa asupan Anda di rumah. Semoga bermanfaat 😉

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *