penyebab bayi kolik

Inilah Penyebab Bayi Kolik dan Cara mengatasinya

Mungkin bunda sering menjumpai si kecil tiba-tiba menangis hingga berjam-jam dan sulit untuk ditenangkan. Itulah yang dinamakan kolik dan bunda harus tahu penyebab bayi kolik agar tahu cara mengatasinya.

Sebagai seorang ibu memanglah sangat mengkhawatirkan jika melihat si kecil nangis tanpa sebab dan lama. Sebenarnya kondisi tersebut wajar saja dialami bayi yang baru lahir dan tidak dianggap sebagai gangguan kesehatan.

Pada umumnya kolik ini sebagai tangisan yang berlangsung kurang lebih sekitar 3 jam dalam sehari dan terjadi selama 3 hari dalam seminggu. Biasanya bayi yang mengalami kolik ini akan menangis pada siang, sore atau malam hari.

Untuk ulasan yang lebih detail, berikut ini penjelasan seputar kolik yang sering dialami si kecil.

Apa itu kolik pada bayi ?

ciri ciri bayi kolik

Istilah kolik sering kali digunakan ketika si kecil yang menangis terus-menerus dan sulit di kendalikan oleh siapapun kecuali ibunya sendiri.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya si kecil akan menangis kurang lebih selama 3 jam tanpa henti selama beberapa hari dan umumnya hanya 3 hari.

Sebenarnya hal ini sudah biasa dialami bayi pada umumnya, jadi bunda tidak perlu khawatir dan sebisa mungkin harus tetap mengawasi dan menjaganya.

Biasanya bayi yang mengalami ini pada usia dibawah 5 bulan. Tapi bukan berarti bayi yang diatas 5 bulan tidak mengalaminya, ternyata umur diatas itu juga masih saja bisa mengalami kolik.

Perlu bunda ketahui, resiko bayi kolik akan berkurang jika ibu memberikan ASI Eksklusif. Akan tetapi jika bunda termasuk perokok aktif dan tetap merokok pada masa kehamilan, maka resiko bayi bunda mengalami kolik akan semakin besar.

Jadi salah satu cara mencegah kolik pada bayi yaitu dengan tidak merokok saat mengandung.

Baca juga : Perlengkapan bayi baru lahir yang harus bunda siapkan

Penyebab kolik pada bayi

pijat bayi kolik

Secara umu penyebab si kecil menderita kolik seperti ini belum diketahui secara pasti. Mayo Clinic menyebutkan bahwa beberapa peneliti mengalami kesulitan menjelaskan kondisi ini, seperti mengapa kondisi ini biasanya dimulai pada akhir bulan pertama kehidupan.

Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa kodisi seperti ini bisa terjadi jika bayi tidak merasa nyaman pada perutnya. Hal ini bisa saja terjadi karena di usianya yang masih kecil mencerna makanan masih menjadi hal yang sulit.

Kondisi terlalu banyak gas dalam saluran cerna, lapar, atau terlalu kenyang juga mungkin menyebabkan kolik.

Lingkungan di sekitar bayi ternyata juga bisa memperngaruhi si kecil mengalami kolik loh bund. Kolik juga bisa terjadi jika si kecil merasa kurang nyaman dalam suatu lingkungan..

Disisi lain, bahaya merokok saat hamil juga menjadi salah satu sebab bayi akan lahir dengan prematur, sistem saraf pada bayi berkembang kurang baik dan juga bisa sampai meningkatkan resiko terkena kolik.

Tips mencegah kolik pada bayi

Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mencegah kolik pada bayi, diantaranya sebagai berikut:

  • Ganti dot pada botol susu bayi jika lubangnya terlalu kecil agar bayi tidak menelan lebih banyak udara daripada cairan.
  • Jauhi asap rokok.
  • Hindari konsumsi kopi, teh, dan makanan pedas apabila bayi masih menyusu.
  • Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut agar bersendawa sehabis makan.

Yang paling penting bunda juga harus menjaga konsisi tubuh sendiri. Jangan sampai stres ketika menghadapi bayi kolik. Jika memang sudah tidak bisa menangani si kecil yang mengalami kolik seperti ini, bisa juga bunda minta bantuan seseorang yang dipercaya seperti babysister atau kerabat.

Namub jika bunda telah melakukan berbagai cara tapi si kecil tidak bisa tenang dan membuat bunda semakin khawatir, sebaiknya segera konsultasikan atau di bawa ke dokter secepatnya.

Baca juga : Cara merawat tali pusar agar cepat keting dan tidak infeksi

Cara menenangkan bayi yang mengalami kolik

cara menenangkan bayi kolik

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir setiap bayi pasti mengalami kolik. Jadi bunda tidak perlu khawatir pada si kecil karena hal seperti itu akan dialami ssetiab ibu yang memiliki bayi kecil.

Ketika si kecil sedang mengalami kolik, ada beberapa tips yang bisa bunda untuk menenangkan si kecil, diantaranya sebagai berikut:

  • Gendonglah si kecil selama dia menangis.
  • Gendong bayi menggunakan gendongan kain atau bisa juga pakai selimut.
  • Pijat tubuh bayi dengan lembut dan pelan-pelan.
  • Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat.
  • Berikan senandung atau suara lembut seperti “sshh sshh…” pada bayi
  • Letakkan bayi pada bouncer atau kursi goyang khusus bayi.
  • Berikan dot jika dirasa perlu untuk membantu menenangkan bayi

Selain beberapa cara diatas, ada juga yang bisa bunda lakukan untuk menenangkan si kecil, yaitu dengan cara terapi pijat, fisioterapi, akupunktur, dan chiropractic. Akan tetapi jika ingin melakukan cara tersebut, disarankan bunda untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Perlu bunda ketahui bahwa ketika si kecil sedang mengalami kolik, jangan sampai bunda mengguncangnya dengan keras dan cepat. Cara yang bunda lakukan tersebut tidak akan membuat si kecil berhenti menangis, tetapi justru berisiko membahayakan kesehatannya karena bisa memicu terjadinya shaken baby syndrome.

Baca juga : Inilah rahasia cara merawat kulit bayi agar sehar dan lembut

Meskipun ketika menghadapi bayi kolik kadang sering membuat emosi, tapi jangan sampai bunda malah memarahinya bahkan sampai membentaknya juga.

Pada intinya setiap bayi pasti akan mengalami kolik atau menangis terus-menerus. Oleh karena itu bunda tidak perlu khawatir lagi karena itu sudah menjadi hal yang wajar.

Yang terpenting adalah bagaimana cara bunda menghadapinya. Harus tetap sabar dalam mengasuhnya, jangan sampai mental si kecil terganggu karena kena mara bunda.

Nah, itulah tadi pengertian, cara mengatasi dan penyebab kolik pada bayi. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya bund

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *