bayi susah tidur

Inilah Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Sering kali para Bunda mengeluh karena si kecil susah tidur. Banyak para Bunda yang tidak tahu penyebab bayi susah tidur dan sebenarnya hal ini wajib diketahui para ibu agar si kecil tidak rewel terus.

Ketika si kecil rewel karena tidak bisa tidur, tentunya akan membuat pada Bunda menjadi kelelahan.

Akan tetapi Bunda tidak perlu panik atau sampai khatir dengan hal ini karena kesempatan kali ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil dapat dengan mudah tidur nyenyak.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jam tidur bayi tidak sama dengan orang dewasa.

Biasanya, bayi yang baru lahir menghabiskan sekitar 16 jam atau lebih per hari untuk tidur. Lalu mulai usia 3–4 bulan, bayi sudah dapat tidur setidaknya lima jam berturut-turut.

Akan tetapi tidak semua bayi memiliki durasi tidur yang sama. Ada yang lebih lama dari 16 jam dan ada juga yang kurang dari itu.

Bayi susah tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor. Maka dari itu ciptakan kebiasaan tidur yang baik untuk bayi dengan cara ini agar jam tidur ibu tidak terganggu.

Nah berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi bayi susah tidur.

Baca juga : Inilah alasan kenapa bayi tersenyum saat tidur

Penyebab bayi susah tidur

cara mengatasi bayi susah tidur

Setiap para Bunda pasti selalu menginginkan si kecil bisa tertidur dengan nyenyak dan nyaman  sepanjang malam sambil sesekali mengigau di sela-sela mimpi indahnya.

Biasanya bayi akan mengalami susah tidur setidaknya dalam 6 minggu pertama setelah kelahiran. Kondisi ini merupakan hal yang normal.

Ada beberapa faktor penyebab bayi susah tidur. terutama pada malah hari, diantaranya sebagai berikut:

  • Bayi merasa lapar
  • Bayi merasa takut
  • Ingin digendong
  • Kepanasan atau kedinginan
  • Risi karena popoknya kotor atau basah
  • Kecapekan
  • Gigi mau tumbuh
  • Bayi belum mengenal siang dan malam
  • Bayi sangat sensitif terhadap suara bising
  • Adanya perubahan pada tubuh bayi, seperti kedinginan, sehingga ia merasa tidak nyaman
  • Tidak nyaman atau sedang sakit, entah mengalami kolik, alergi, gumoh, tidak enak badan, dan lainnya

Bayi yang sudah memasuki usia 3–6 bulan, pola tidur si kecil mungkin sudah menjadi lebih teratur.

Biasanya, bayi yang berada usia ini akan tidur selama 14–15 jam sehari, yang mana sebanyak 4–5 jam waktu tidurnya dihabiskan di siang hari.

Hal ini tentu saja membuat bayi lebih banyak tidur di malam hari, sehingga Anda bisa beristirahat dengan cukup.

Baca juga : 5 Kado untuk bayi yang bermanfaat dan antimainstream

Cara mengatasi bayi susah tidur

tips mengatasi bayi susah tidur

Bagi para ibu yang baru memiliki bayi, menidurkan si kecil bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika disertai menangis dan rewel banyak maunya, pasti akan tambah pusing dalam mengasuhnya.

Akan tetapi tenang bund, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar si kecil bisa dengan mudah tidur nyenyak dan Anda pun bisa beristirahat dengan tenang, di antaranya sebagai berikut:

Berikan sesuatu untuk diisap

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika menjelang tidur biasanya si kecil akan mengisap sesuatu seperti jarinya atau yang lain. Dengan menghisap sesuatu ternyata juga bisa detak jantung bayi, melemaskan perutnya, dan menenangkan tangan serta kaki yang berontak menggapai-gapai.

Bunda juga bisa berikan dot bayi yang berisi susu formula jika biasanya si kecil minum susu formula. Atau Bunda juga bisa menidurkan si kecil dengan menyusui.

Apabila ketika menyusu si kecil tetap menangis atau rewel biarkan sedikit ‘menggigiti’ puting Anda. Meskipun akan sakit tetapi tidak perlu khawatir.

Akan tetapi jika Anda memberikannya susu formula di dalam botol dot, biarkan ia memainkan lembut karet dot tersebut.

Karena yang demikian ini merupakan suatu kebiasaan si kecil agar cepat tidur.

Pijat bayi

cara pijat bayi

Banyak sekali ketika si kecil dipijat, mereka akan menangis. Bisa jadi karena pijatan yang kita berikan menjadikan si kecil menjadi kurang nyaman. Maka dari itu penting sekali Bunda ketahui cara memijat bayi yang benar.

Ketika kita sudah bisa memijat bayi dengan benar maka dengan sendirinya bayi kita akan terlelam karena mereka merasa nyaman dengan pijatan kita.

Dan kebanyakan para bayi akan merawsa senang ketika diberikan beberapa sentuhan yang membuatnya merasa nyaman

Ketika memijatnya pun harus dengan hati-hati karena dikhawatirkan jika salah cara memijatnya bisa menjadikan si kecil cidera dan semakin rewel.

Gunakan minyak zaitun untuk dioleskan pada tubuh bayi. Selain untuk memijat, banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bayi.

Ketahui tanda-tanda jika si kecil mengantuk

tanda tanda bayi mengantuk

Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan si kecil rewel atau menangis dan tidak menjadi susah tidur, seperti:

  • Bayi lapar
  • Bayi ingin tidur
  • Bayi tidak enak badan
  • Ingin digendong
  • Bayi kelelahan
  • Tumbuh gigi
  • Dll

Karena si kecil belum bisa ngomong, jadi menangis merupakan salah satu bentuk untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan.

Ketika si bayi sudah tampak mengantuk, maka segeralah untuk menempatkannya pada tempat tidur. Bayi yang mengantuk dapat ditandai dengan menguap, mengucek mata, banyak meregangkan tubuh, bahkan menangis.

Bunda juga harus mengetahui tanda-tanda jika si kecil rewel karena mengantuk atau yang lainnya. Jangan sampai si kecil ingin A dan kita melakukan B atau sebaliknya. Maka dari itu penting sekali untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik untuk bayi.

Baca juga : Ketahui! Bahaya jika bayi tidur terus menerus

Cara menciptakan kebiasaan tidur yang baik untuk bayi

cara mengatasi bayi rewel

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa para Bunda lakukan agar si kecil memiliki kebiasaan tidur yang baik.

Dengan begitu si kecil akan tahu jam tidurnya dan jarang rewel lagi untuk tidur.

Apa sajakah itu? Berikut cara menciptakan kebiasaan tidur yang baik untuk bayi.

  • Gunakan lampu yang redup di kamar dan jauhkan bayi dari suara-suara yang bising sehingga bayi dapat tidur dengan tenang dan lelap.
  • Buatlah jadwal tidur dan bangun yang konsisten. Anda dapat membuat jadwal rutin untuk waktu tidur dan bangun bayi Anda. Lama kelamaan, bayi pun akan terbiasa dengan jadwal tersebut.
  • Jika bayi rewel saat akan tidur, Anda harus menenangkannya. Jangan malah memarahi atau membentaknya karena dapat membuat tangisannya semakin kencang. Bayi menjadi rewel menjelang tidur bisa disebabkan karena ia belum menemukan posisi yang nyaman.
  • Dalam menenangkan bayi untuk tidur, Anda juga dapat menggunakan dot. Penggunaan dot ketika bayi akan tidur dapat mengurangi risiko kematian mendadak pada bayi (SIDS).
  • Pastikan bayi kenyang sebelum tidur karena jika tidak kenyang, maka dapat menciptakan kebiasaan bangun di malam hari.
  • Ketika bayi mengantuk, segera letakkan mereka di tempat tidurnya. Hal ini dapat mendorong bayi untuk segera tidur. Sebaiknya, sebelum menidurkan bayi bersihkan terlebih dahulu tempat tidurnya agar bayi merasa nyaman dan dapat tidur dengan pulas.

Terlebih lagi untuk para Bunda yang baru memiliki bayi tentu akan merasa kewalahan jika bayi susah tidur. Maka dari itu penting sekali untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik untuk bayi.

Dengan begitu Anda dan bayi Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan bisa lebih berenergi pada keesokan harinya. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *