persiapan melahirkan

Persiapan Melahirkan Normal dan Caesar yang Harus Diketahui

Kelahiran si kecil merupakan suatu momen yang didambakan setiap pasangan. Semua ibu hamil pasti berharap bisa melahirkan secara normal. Namun sebelumnya perlu persiapan melahirkan normal.

Meskipun tidak ada yang tahu nantinya akan melahirkan dengan normal atau caesar, bunda perlu persiapan sebelum masa HPL.

Persiapan persalinan yang matang akan membuat bunda lebih tenang ketika mendekati kelahiran si kecil. Maka dari itu perlu mencatat persiapan melahirkan apa saja yang harus Anda lakukan dan susun dengan baik sebelum saatnya tiba.

Apalagi ketika mulai memasuki akhir-akhir trimester kehamilan ketiga, Anda untuk melakukan berbagai persiapan melahirkan.

Lalu kira-kira apa saja persiapan melahirkan normal dan caesar yang harus dipersiapkan menjalang HPL?

Berikut daftar persiapan melahirkan yang harus bunda ketahui dari sekarang.

Persiapan melahirkan normal atau caesar

persiapan persalinan caesar

Setiap ibu hamil pasti menginginkan peroses persalinan yang normal.

Dan agar bisa persalinan normal bisa berjalan lancar, salah satu faktor yang menentukannya yaitu dari kesiapan mental dan keyakinan dari Anda sendiri.

Perlu diketahui bahwa timbulnya kekhawatiran seseorang yang meu melahirkan justru akan membuat proses persalinan persiapan persalinannya menjadi sedikit terhambat.

Jadi sebisa mungkin jauhi berbagai informasi yang berpotensi menambah kekhawatiran dan pupuk kepercayaan diri bahwa bunda pasti bisa melahirkan normal.

Maka dari itu kesiapan mental merupakan hal terpenting yang harus dipersiapkan agar tidak terjadi baby blues syndrom setelah melahirkan.

Berikut beberapa persiapan persalinan normal atau caesar yang harus Anda ketahui.

Mengikuti kelas persalinan

Hampir disetiap rumaah sakit pasti ada kelas persalinan untuk ibu hamil dan bahkan sampai ada yang menggratiskan kelasi ini untuk siapapun.

Tujuan dari adanya kelas ini yaitu untuk mengedukasi para ibu hamil untuk mempersiapkan proses kelahiran si kecil.

Jika Anda mengikuti kelas tersebut akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan seputar ibu hamil hingga persiapan persalinan.

Selain itu juga ada cara menguatkan tekad dan mental untuk persiapan melahirkan.

Jadi kelasi ini sangat dianjurkan untuk diikuti oleh setiap ibu hamil agar nantinya ketika mendekati HPL semua persiapannya sudah matang.

Senam hamil

olahraga untuk ibu hamil

Biasanya dalam kelas menuju persalinan tersebut akan diajarkan juga beberapa senam yang bertujuan agar persalinan nantinya bisa lancar. Setelah diajari beberapa gerakan, bunda bisa berlatih sendiri dirumah setelahnya.

Ada beberapa gerakan senam yang biasanya diajarkan, diantaranya:

Kagel

Gerakan ini bertujuan untuk melatih otot panggul bawah. Caranya, tarik otot area intim hingga ke dubur, tahan beberapa detik, lalu kendurkan. Ulangi beberapa kali.

Latihan panggul

Hampir sama dengan kagel, latihan ini juga bertujuan untuk melatih otot panggul.

Caranya, ambil posisi seperti merangkak dengan kedua tangan ke depan untuk menahan tubuh. Lalu tarik otot dubur secara perlahan, tahan beberapa detik, lalu kendurkan. Ulangi beberapa kali.

Berjongkok

Ternyata jika kita terbiasa berjongkok juga akan berpengaruh ketika nantinya persalinan. Selain itu juga bermanfaat agar otot panggul dan paha menjadi lebih kuat.

Caranya, ambil posisi jongkok sambil berpegangan pada benda agar tak jatuh selama beberapa detik.

Yoga cobbler’s pose

Caranya yaitu dengan duduk bersila, kedua telapak tangan dan kaki menempel. Lalu gerakkan lutut naik dan turun selama beberapa menit. Gunanya menguatkan otot panggul.

Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir

kado untuk bayi baru lahir

Perlengkapan untuk bayi sebenarnya harus mulai dipersiapkan ketika memasuki trimester ketiga atau beberapa bulan sebelum mendekati HPL.

Dan memepersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ini sebenarnya tidak terlalu ribet. Perlengkapan bayi biasanya hanya baju, sepatu, mainan, stroller,tas bayi, hingga boks tidur bayi.

Sementara perlengkapan untuk ibu menyusui ada juga loh, seperti botol untuk menampung ASI, pompa ASI, celemek untuk menyusui, bra menyusui dan sebagainya.

Untuk mempersiapkan semuanya juga tidap perlu terbur-buru. Tapi agar tidak kerepotan menjelang melahirkan bisa disiapkan dari sekarang.

Perlu bunda ketahui bawa kepala peyang merupakan masalah yang sering dihadapi semua bunda. Tidak mau juga kan si kecil memiliki kepala yang peyang.

Selain tidak enak dipandang, banyak juga yang mengatakan memiliki dampak buruk untu perkembangan otak si kecil. Maka itu penting sekali bunda memiliki bantal bayi anti peyang.

Dan sekarang Babycloudfoam telah mengeluarkan sebuah bantal bayi untuk mengatasi kepala peyang pada bayi dan juga telah dibuktikan oleh beberapa artis terkenal. Info lebih lengkap dan testimoni silahkan klik disini.

Menentukan tempat bersalin

cara menentukan tempat untuk bersalin

Dikutip dari Parents, Maria Lorillo, bidan berlisensi dan profesional bersertifikat mengatakan sebaiknya mencari tempat bersalin yang dirasa nyaman dan cocok bagi ibu melahirkan.

Maka dari itu carilah bidan atau dokter yang sama dan tahu proses perjalanan kehamilan agar lebih bisa lebih nyaman untuk melakukan persalinan normal. Dan harapan semua ibu hamil yaitu bisa melahirkan dengan cara normal.

Jadi mulai sekarang carilah tempat untuk melahirkan yang pas dan juga memperharikan fasilitas disana. Kemudian jangan lupa catat nomor teleponnya, agar jika sewaktu-waktu si kecil kontraksi bisa langsung menghubunginya.

Memilih metode persalinan

Ada beberapa jenis persalinan yang bisa bunda pilih untuk melahirkan. Beberapa metode tersebut terantung dengan kondisi dan kebutuhan sang ibu.

Metode atau jenis persalinan meliputi melahirkan normal, operasi caesar, gentle birth, water birth, dan hypnobirthing.

Untuk pemilihan metode persalinan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Kemudian dokter akan menilai kemampuan dan kondisi tubuh ibu sehingga bisa memberi saran terbaik.

Baca juga : Beginilah cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan

Mengetahui posisi saat persalinan

posisi melahirkan yang benar

Pasi banyak yang mengira bahwa posisi persalinan hanya bisa dilakukan dengan tidur berbaring saja. Padahal ada cara yang lainnya juga loh bund, seperti melahirkan dengan posisi jongkok.

Mungkin posisi ini terdengar tidak biasa, tetapi posisi jongkok bisa membuka panggul dan membantu bayi masuk ke posisi persalinan yang ideal.

Menurut Henry Dorn, M.D., seorang dokter kandungan di High Point, North Carolina bahwa posisi ini paling efektif jika ibu hamil sudah rajin melatih posisi jongkok sebelumnya dan sudah menguatkan otot-otot kaki.

Jika dokter memberi tahu bayi tidak berada di tempat yang optimal di trimester terakhir, cobalah berlatih berlutut, duduk bersila, atau duduk di bola latihan untuk sebanyak mungkin per harinya, tutur Henry,

Latihan mengontrol nafas

latihan pernafasan saat melahirkan

Melatih pernafasan penting juga untuk dilakukan dari awal kehamilan. Jika Anda sering berolahraga maka nantinya saat persalinan akan sedikit mudah karena sudah bisa mengontrol nafasnya.

Pernapasan yang sesuai irama, meditasi, hipnosis diri, dan teknik relaksasi lainnya adalah cara yang sangat baik untuk semua jenis persalinan.

Tetap tenang saat terjadi kontraksi

Menurut Heidi Rinehart, M.D., seorang dokter kandungan di Keene, New Hampshire mengatakan bahwa ketakutan meningkatkan ketegangan yang pada akhirnya menambah penderitaan ibu hamil.

Maka dari itu penting sekali untuk selalu tenang saat menghadapi rasa sakit selama kontraksi.

Ketika pada saat persalinan atau kontraksi Anda merasa takut dan tegang saat menghadapinya, maka tubuh akan menjadi kaku yang cenderung memperburuk ketidaknyamanan.

“Ketika ibu tegang, beberapa otot mengencang dan mencoba menahan bayi, sementara otot-otot di rahim mengencang untuk mencoba mendorong bayi keluar. Otot-otot seolah tarik-menarik satu sama lain yang membuat persalinan lebih menyakitkan,” jelas Heidi.

Seorang pendidik persalinan bersertifikat, hipnoterapis, dan doula di Bedford Corners, di New York bernama Julietta Appleton mengatakan bahwa “Ini mensimulasikan kontraksi dan memungkinkan untuk meningkatkan ambang rasa sakit yang dirasakan.”

Tanda awal melahirkan

tanda tanda akan melahirkan

Sebenarnya kapan bunda akan melahirkan sudah diperkirakan dalam tes HPL. Namun pada saat mendekati HPL biasanya ada beberapa tanda-tanda mau melahirkan, diantaranya sebagai berikut:

  • Sakit pada punggung atau nyeri seperti menstruasi.
  • Terasa kram di area panggul atau area rektal.
  • Terjadi pelunakan, penipisan, atau pelebaran leher rahim.
  • Peningkatan volume keputihan, mungkin berwarna kecoklatan atau merah muda.
  • Penurunan berat badan, penurunan berat badan ini bisa dialami ibu hamil kurang lebih seminggu sebelum melahirkan.
  • Timbul rasa ingin buang air besar. Ini terjadi karena usus bekerja lebih banyak dari biasanya untuk memproduksi hormon yang nantinya membantu persalinan.
  • Peningkatan kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu yang terasa seperti pengencangan atau pengerasan rahim dengan kemungkinan kram ringan.
  • Perasaan gelisah atau mudah lelah. Kondisi ini juga sering menjadi faktor yang menyebabkan jadwal tidur di malam hari terganggu dan menjadi tidak teratur.

Baca juga : Inilah penyebab dan cara mengatasi baby blues setelah melahirkan

Nah, ituah tadi beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang melahirkan hingga tanda-tanda mau melahirkan.

Semoga dengan ini bisa menambah pengetahuan ketika nantinya akan menghadapi persalinan. Semoga bermanfaat ya bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *