Mengenali Red Flag Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Istilah red flag memang terdengar asing. Red flag sendiri memiliki arti tanda bahaya atau atau sesuatu hal yang tidak layak untuk dilanjutkan. Sehingga red flag perkembangan anak menunjukkan tanda bahaya mengenai kondisi si kecil selama proses tumbuh kembangnya.

Dengan bertambahnya usia si kecil biasanya akan menunjukkan berbagai perkembangan. Mulai dari pertumbuhan fisik maupun bebagai kemampuannya. Namun, dalam proses tumbuh kembang setiap anak berbeda. Maka, untuk untuk menjaga kondisi anak tetap baik, Moms perlu mengenali berbagai red flagnya.

Red Flag Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun

Dengan adanya red flag pada si kecil biasanya menunjukkan masalah dalam perkembangannya. Maka, Moms perlu untuk mengetahui tandanya sejak awal agar dapat ditangani dengan tepat. Berikut red flag yang sering terjadi pada anak usia 1-5 tahun.

1.     Perkembangan bahasa terlambat

Red flag yang sering terjadi pada si kecil saat memasuki usia 2-3 tahun adalah mengalami keterlambatan bicara. Pada usia ini umumnya anak akan memiliki peningkatan kosakata sekitar 50-300 kata, namun mereka yang mengalami masalah baru bisa bicara 2 kata saja yang jelas.

2.     Belum bisa berjalan

Umumnya, anak bisa berjalan pada usia 1,5 tahun meski belum lancar, tetapi tanpa menggunakan bantuan. Sedangkan untuk usia 2 tahun sudah mulai lancar jalan. Maka, Moms bisa segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak.

3.     Kesulitan dalam menyeimbangkan badannya atau melompat

Untuk anak usia 3-5 berisiko memiliki masalah yang menunjukkan red flag kesulitan dalam menyeimbangkan badannya atau melompat. Anak dengan gangguan gerak halus, mereka tidak dapat mengkoordinasi gerakan tubuhnya dengan baik.

4.     Kesulitan berdiri

Red flag perkembangan motorik pada anak biasanya mengalami kesulitan berdiri. Anak akan keliatan tidak dapat berdiri dengan stabil an untuk menompang berat badannya terlihat kesusahan. Sehingga di usia 1 tahun Moms harus memperhatikan si kecil dengan lebih baik.

5.     Mengalami keterbatasan respon

Biasanya anak akan mengalami red flag komunikasi dengan adanya keterbatasan respon. Anak tidak akan bereaksi tehadap suara saat mendengarkan cerita atau lagu. Mereka tidak akan menunjukkan minat untuk mendengarkannya.

6.     Keterbatasan pengetahuan dasar

Red flag dalam perkembangan kognitifnya adalah anak akan mengalami keterlambatan dan kesulitan dalam pemahaman pengetahuan dasar, meski hal yang sederhana. Kondisi ini sering dialami oleh anak usia 1 tahun, maka Moms harus mengetahui pasti pengetahuan dasarnya, seperti membedakan warna.

7.     Minat belajar dan berinteraksi rendah

Umumnya, anak usia 5 tahun akan aktif bermain dengan teman-temannya atau orang digsekitarnya. Mereka akan tertarik dengan berbagai mainan. Namun, berbeda pada anak yang memiliki masalah, mereka tidak akan tertarik bermain maupun bersosialisasi.

Itulah beberapa hal mengenai red flag perkembangan anak. Moms perlu mengenali apa saja tandanya. Untuk mengatasi red flag pada perkembangan anak usia 1-5 tahun memang tidak mudah, maka Moms bisa secepatnya konsultasikan dengan dokter anak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *