tips merawat bayi kembar

Tips Merawat Bayi Kembar dengan baik dan Tidak Repot

Memiliki bayi yang kembar merupakan suatu anugerah yang sangat besar. Namun tantangan untuk merawatnya pun menjadi lebih besar. Untuk itu bunda harus tahu tips merawat bayi kembar agar tidak kerepotan dalam mengasuhnya.

Terlebih buat bunda yang baru pertama kali memiliki anak, pasti akan sangat repot dan kesusahan dalam mengasuhnya jika memiliki bayi yang kembar. Itu baru mengasuh anak, belum lagi masalah rumah yang sangat banyak dan menumpuk.

Jika bunda tidak bisa memanajemen waktu dan tenaga, maka perkerjaan rumah tangga bisa keteteran. Kecuali jika bunda memiliki babysister atau asisten rumah tangga (ART) maka akan sangat membantu sekali.

Tenang saja bund, kali ini ada beberapa tips merawat bayi kembar supaya bunda lebih mudah dalam mengasuh dan mendidiknya.

Tips merawat bayi kembar dengan mudah dan tidak repot

perlengkapan bayi kembar

Dikutip dari NHS, sekitar 40 persen bayi kembar membutuhkan perawatan khusus setelah dilahirkan. Mungkin ketika bunda melahirkan bayi kembar dengan sehat dan selamat, bunda akan bisa bertemu si kecil dalam satu ruangan yang sama.

Namun bagaimana jika bayi lahir lebih awal atau prematur ? Maka akan membutuhkan perawatah khusus terlebih dahulu hingga benar-benar sehat.

Tapi jika terjadi hal tersebut bunda tidak perlu khawatir karena ketika nanti bayi sudah sehat bunda bisa bertemu langsung.

Setelah benar-benar sehat dan diperbolehkan untuk pulang, kedepannya bunda akan dihadapkan dengan tantangan mengasuh anak kembar dan itu tidak mudah sekali. Mengasuh dan mendidik anak 1 aja bagi yang belum pernah mengasuh sebelumnya mungkin kesusahan apalagi kembar.

Tapi tenang bund, ada beberapa tips yang bisa bunda terapkan dalam mengasuh bayi kembar ini supaya memudahkan dalam rumah tangga.

Baca juga : Panduan dan cara mencukur bayi yang benar

Pahami kebiasaan si kembar

Meskipun kembar, tetapi setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Ternyata penting juga loh bund mengetahui kebiasaan si kecil untuk memudahkan dalam mengasuhnya. Ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan dalam memahami kebiasaan bayi, diantaranya:

  • Berapa kali bayi menyusu dalam sehari.
  • Durasi saat si kembar tidur.
  • Berapa kali si kembar buang air besar.
  • Jumlah popok yang dihabiskan dalam satu hari.
  • Bayi memiliki reaksi alergi atau tidak.

Nah setelah mengetahui beberapa poin diatas, bunda akan lebih mudah dalam mengasuh dan mengatur waktu. Misal jika bunda kerepotan saat menyusui keduanya, bunda bisa berikan ASI perah yang sebelumnya disimpan di botol ke salah satu diantara mereka.

Belanja keperluan bayi secara online sekaligus

perlengkapan merawat bayi kembar

Sebelum kelahiran pastinya bunda sudah mempersiapkan pelengkapan bayi baru lahir untuk satu bayi saja, namun mungkin tidak disangka-sangka juga ternyata diberikan bayi kembar, pastinya keperluannya duoble.

Kemudian pada saat itu juga pasti bunda repot mengurusi bayi yang si kecil yang baru lahir. Maka dari itu bunda cukup beli keperluan bayi secara online saja, seperti perlengkapan mandi, pakaian, perlengkapan tidur dan lain-lain.

Namun dari sekian banyak perlengkapan bayi, bunda pasti membutuhkan bantal untuk mengatasi kepala peyang pada bayi.

Untuk mengatasi masalah tersebut Baby Cloudfoam mengeluarkan produk bantal bayi anti peyang untuk bantu mencegak kepala peyang pada bayi.

Bantal tersebut berisi 100% kulit kacang hijau yang memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama mengatasi kepala peyang. Selain itu juga telah digunakan beberapa artis terkenal dan terbukti manfaatnya. Pastinya tidak mau kan bund, si kecil memiliki kepala yang peyang

Untuk info bantal bayi anti peyang tersebut bunda bisa klik disini atau kunjungi situs resmi Baby Cloudfoam berikut -> https://cloudfoam.id/cs-rotator

Dengan belanja onlin ini menjadi solusi terbaik untuk menghemat waktu dan tenaga, sehingga bisa lebih fokus mengurus anak.

Membuatkan jadwal yang sama untuk keduanya

Cara selanjutnya yaitu membuat jadwal yang sama, seperti jadwal makan, tidur, mandi dan bermain. Selama beberapa hari kebelakang bisa bunda tulis kebiasaan si kembar.

Dengan membuatkan jadwal tersebut bunda akan lebih efisien waktu dalam mengurus anak. Jika bunda mampu, bisa juga buat jadwal menyusui bersama keduanya dengan menggunakan dot bayi.

Baca juga : Penyebab bercak putih pada kulit bayi dan cara mengatasinya

Gabung dengan komunitas orang yang memiliki anak kembar

perlengkapan mengurus bayi kembar

Mengasuh anak kembar memanglah tidak mudah. Sangat membutuhkan banyak sekali tenaga dan pikiran. Akan ada banyak sekali masalah dan tantangan yang dihadapi.

Namun tanang bun semua masalah dan tantangan tersebut sidikit demi sedikit akan menemukan solusinya jika bunda bergabung dengan komunitas atau grup online di sosial media orang tua yang memiliki anak kembar.

Disitu akan banyak sekali yang sharing mengenai parenting cara merawat anak kembar dan bunda bisa belajar juga dari mereka. Akan ada banyak sekali informasi yang disampaikan seperti rasa khawatir, cemas, senang, dan sulitnya merawat bayi kembar.

Selain itu bergabung dengan komunitas atau grup tersebut bisa menjadi penyemangat juga dalam mengasuh anak.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Mengasuh bayi, apalagi kembar, memang sangat menguras  tenaga dan emosi. Kadang juga bisa sampai membuat kita stres karena kebanyakan pikiran. Selain itu juga tidak memiliki waktu untuk diri sendiri atau me time.

Mungkin sesekali bunda harus meluangkan waktu untuk diri sendiri agar tidak terlalu stres dalam mengasuh anak. Jika bunda sampai stres dan terus-menerus, bunda akan mengalami baby blues.

Untuk itu penting sekali loh bund meluangkan waktu untuk kesenangan diri sendiri seperti: menonton film, bermain bersama teman, belanja atau melakukan hal yang membuat mood bunda kembali fresh.

Mintalah bantuan baby sister atau ART untuk bantu menjaga si kembar, tetapi harus dalam pantauan kita juga.

Nah, itulah tadi bund beberapa tips merawat bayi yang bisa bunda terapkan agar tidak terlalu repot. Semoga bisa membantu ya bund dan menambah wawasan bunda juga

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *