3 Pilihan Menu Sehat, Makanan untuk Balita 1 tahun

Tahukah Moms Hari Gizi Nasional diperingati pada tanggal 25 Januari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat agar menjadi bangsa yang sehat dan berprestasi. Dengan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan harian tubuh akan membantu mengisi energi sehingga dapat beraktivitas. Tentunya menerapkan makan sehat yang bergizi sangatlah penting, apalagi untuk kebutuhan si kecil.

Kebutuhan Gizi Balita yang harus Dipenuhi

Gizi dan makanan untuk balita dengan orang dewasa memiliki takaran yang berbeda sehingga Moms perlu tahu lebih dulu berapa gizi yang dibutuhkan si kecil dan apa saja makanan yang diperbolehkan masih menjadi pertanyaan dikalangan ibu muda hingga sekarang.

Selama masa emas, maka perkembangan anak sangat penting untuk diperhatikan. Untuk kebutuhan gizi anak pada usia 1 tahun adalah energi dengan total 1350 kkal, protein 20 gr, lemak sekitar 45 gr, karbohidrat: 215 gr, dengan serat 19 gr, dan air mencapai 1150 ml.

Sedangkan untuk kebutuhan vitamin yang dianjurkan bagi balita usia 1 tahun adalah vitamin A 400 RE, vitamin D 15 mikrogram, vitamin E 6 mcg, vitamin K 15 mcg, vitamin B1 0,5 mg, vitamin B2 0,5 mg, vitamin B3 6 mg, vitamin B5 2 mg, vitamin B6 0,5 mg, folat 160 mcg, dan vitamin B12 1,5 mcg. Vitamin-vitamin tersebut penting untuk mendukung gizi yang seimbang bagi tubuh si kecil selama usia emasnya.

Memenuhi kebutuhan gizi tentu sangat penting karena membantu untuk perkembangan otak mereka. Selain itu, untuk mencegah anak mengalami gangguan kesehatan seperti stunting. Maka, mengetahui status gizi anak adalah salah satu Moms menjaga kesehatan si kecil.

Apa Saja Makanan untuk Balita 1 Tahun yang Bergizi?

Untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil yang memiliki peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Maka, ada beberapa rekomendasi jenis makanan yang bisa menjadi pilihan terbaik Moms berikut ini.

1.     Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan pilihan yang menjadi sumber protein yang mudah diserap oleh tubuh si kecil. Dengan memberikan asupan makanan telur dapat membantu mereka bertenaga sehingga dapat beraktivitas.Moms bisa membuat berbagai olahan yang menggunakan telur. Sebelum memberikan pada si kecil, pastikan tersebut matang dengan baik.

2.     Tahu

Tahu menjadi makanan anak 1 tahun yang mudah didapatkan dan bergizi. Tahu memiliki sumber zat besi, kalsium, dan protein yang bagus bagi si kecil. Namun, sebelum memberikannya, pastikan jika si kecil tidak memiliki alergi kedelai.

3.     Sayuran

Sayuran seperti wortel atau brokoli dapat menjadi pilihan Moms untuk makanan si kecil. Moms bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin A yang diperlukannya dan mampu memenuhi nutrisi, serta serat untuk tubuh si kecil.

Memenuhi kebutuhan gizi anak adalah hal wajib yang harus dipenuhi oleh orang tua. Dengan memberikan makanan yang sehat akan membantu tumbuh kembang si kecil secara optimal. Ada beragam jenis makanan untuk balita 1 tahun yang bisa menjadi pilihan Moms, seperti yang direkomendasikan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *