Apa Saja Jenis Alergi Pada Bayi?

Umumnya alergi pada anak memang tidak membahayakan, tetapi hal ini membuat si kecil tidak nyaman. Namun, Moms perlu untuk mengetahui jenis alergi pada bayi agar dapat mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Perlu Moms ingat jika kulit bayi sangat tipis dan sensitif sehingga mudah untuk mengalami alergi meski pemicunya karena hal yang dianggap sepele. Nah, inilah beberapa hal yang mengkibatkan alergi pada si kecil.

Pemicu Alergi Pada Bayi

Alergi menjadi salah satu reaksi yang sering muncul akibat paparan zat atau partikel yang dianggap berbahaya oleh tubuh. Mskipun bukan penyakit yang parah, namun membuat tidak nyaman karena respon tubuh yang itimbulkannya seperti bersin atau bantuk.

Alergi memang sering terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Berikut yang perlu Moms tahu apa pemicu alergi tersebut.

Baca juga: Apakah Bayi Ngedot Sambil Tidur Diperbolehkan?

1.     Makanan

Makanan bisa menjadi salah satu yang memicu terjadinya alergi, terutama bagi bayi yang memasuki usia MPASI biasanya sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat.

Maka, Moms perlu memperhatikan reaksi si kecil saat memakannya, apabila mulai muncul ruam dan bayi rewel, hentikan konsumsi makanan tersebut.

2.     Udara

Udara juga menjadi pemicu alergi yang umum dialami oleh bayi dan orang dewasa. Biasanya dari alergi yang timbul akibat dari debu atau bulu hewan.

3.     Musiman

Alergi musiman ini terjadi saat perubahan cuaca. Ini sering dialami oleh bayi dan orang dewasa, biasanya musim hujan akan memiliki tingkat kelembaban yang tinggi seperti munculnya jamur atau tungau. Ketika cuaca yang tidak menentu akan menimbulkan risiko alergi pada kulit si kecil.

4.     Kekurangan ASI

Apabila kebutuhan nutrisi ASI untuk si kecil ternyata dapat menimbulkan alergi. ASI memiliki banyak nutrisi dan membantu membangun sistem kekebalan tubuh jadi apabila kekurangan ASI berisiko timbul alergi pad tubuh bayi yang masih rentan terhadap penyakit.

5.     Susu Sapi

Susu sapi memang membantu untuk tumbuh kembang anak, namun perlu Moms ketahui jika tidak semua anak dapat meminumnya. Seringkali susu sapi menimbulkan alergi pada si kecil, biasanya alergi ini akan muncul beberapa menit setelah meminumnya.

Maka, Moms perlu mengetahui tanda-tanda alergi susu sapi agar dapat memberikan penanganan yang tepat.

6.     Gigitan Serangga

Ternyata serangga dapat menimbulkan alergi yang membuat si kecil tidak nyaman karena munculnya rasa panas dan gatal pada kulit bayi yang tipis. Serangga yang sering menimbulkan alergi adalah nyamuk, tungau, atau semut.

Itulah beberapa jenis alergi pada bayi. Untuk mengatasi alergi, Moms bisa memperhatikan apa saja yang menjadi pemicunya. Menjaga kebersihan juga menjadi salah satu cara dalam pencegahan alergi yang perlu Moms lakukan setiap harinya. Dengan menjauhkan si kecil dari pemicu alergi akan membuat kulitnya bayi tidak mengalami iritasi.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *