Apa Saja yang Memicu Tingkat Kecemasan Ibu Hamil?

Tentu ibu hamil memiliki berbagai kecemasan yang dirasakan. Namun, tahukah Moms jika tingkat kecemasan ibu hamil tersebut merupakan salah satu perubahan hormonal yang umum terjadi pada ibu hamil.

Dari beberapa penelitian mengatakan jika sebagian besar wanita yang hamil  pertama kali akan cenderung mengalami ketakutan. Perasaan cemas tersebut sangat mempengaruhi kondisi kesehatan mental dan fisik ibu hamil yang membuatnya lebih sensitif perasaannya.

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Ibu Hamil

Kecemasan saat hamil memang menjadi hal yang umum, apalagi terjadinya perubahan kadar hormon dalam tubuh selama kehamilan menjadi salah satu yang membuat kondisi ibu hamil sangat sensitif. Namun, Moms perlu mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi kecemasan ibu hamil.

1.     Kehamilan yang Diluar Rencana

Kehamilan diluar rencana atau tidak sesuai dengan yang direncanakan ternyata menjadi salah satu faktor  anak lahir cacat fisik maupun intelektual. Penyebabnya karena ibu hamil mengalami depresi yang cukup parah selama kehamilan.

2.     Hamil Muda Di Bawah 20 Tahun

Hamil di bawah usia 20 tahun biasanya mengalami perkembangan panggul yang belum sempurna sehingga dapat membuatnya kesulitan saat melahirkan. Dan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental maupun fisik ibu hamil.

3.     Trauma

Trauma dapat menjadi faktor yang mempengaruhi munculnya kecemasan saat hamil. Pastinya ada berbagai trauma masa lalu yang dialami oleh ibu hamil seperti keguguran pada kehamilan sebelumnya dan lainnya.

4.     Kekhawatiran yang Berlebihan

Apabila ibu hamil mengalami kekhawatiran yang berlebihan biasanya akan memicu rasa cemas. hal ini akan membuat pikiran ibu hamil tidak tenang setiap harinya.

Baca Juga : Daging Apa Saja yang Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil?

Gejala Kecemasan Pada Ibu Hamil

Sebelum mengalami kecemasan biasanya ditandai dengan berbagai gejala yang muncul seperti gelisah, mudah marah, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, tubuh terasa pegal dan tegang, pola tidur yang terganggu, nafsu makan mengalami penurunan, merasa tidak berharga, dan perasaan negatif lainnya.

Meskipun kecemasan yang  wajar, namun Moms tidak boleh menganggap remeh kondisi ini. Maka, penting bagi ibu hamil untuk mengenali penyebab dan gejala kecemasan agar bisa mengantisipasinya sebelum munculnya gejala yang serius.

Selama masa kehamilan biasanya akan timbul kecemasan tentang berbagai hal, baik perawatan anak nantinya. Dengan adanya  perubahan fisik dan emosional bumil, maka ibu hamil harus bisa beradaptasi dan menyesuaikan pola hidup saat kehamilan berlangsung.

Kecemasan sendiri berasal dari perasaan khawatir akan suatu hal yang tidak jelas dan pemicu lainnya adalah ketakutan menjelang persalinan.

Maka, untuk mencegah tingkat kecemasan ibu hamil mengalami peningkatan, lakukan relaksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan, melakukan olahraga, dan kegiatan positif lainnya.

Apabila mengalami kondisi kecemasan yang cukup parah dan membutuhkan penanganan, Moms bisa langsung melakukan konsultasi pada dokter kandungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *