Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami Dengan Tepat?

Setelah melahirkan biasanya banyak ibu yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Hal ini sering terjadi pada ibu muda yang baru memiliki satu anak, Moms bisa melakukannya secara alami.

Menurunkan berat badan setelah melahirkan tentu bukan sekedar mimpi sesaat. Moms bisa melakukannya dengan sabaran agar tetap aman dan tidak mengganggunya kondisi tubuh ibu. Di bawah ini ada beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Secara Alami

Menurunkan berat badan pascapersalinan memang tidak mudah karena ibu yang sedang menyusui tetap harus menjaga asupan makanannya.

Jadi untuk cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami membutuhkan waktu proses yang cukup lama, namun terhindar dari risiko berbahaya. Adapun cara yang alami adalah sebagai berikut.

1.     Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Cara menurunkan berat badan secara alami, dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Moms dapat minum air putih yang cukup setiap harinya.

Selain membantu menjaga cairan dalam tubuh, juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat memberikan efek kenyang.

2.     Menghindari Makanan dan Minuman Manis yang Berlebihan

Jika Moms ingin menurunkan berat badan denga cara yang sehat, Moms bisa menghindari makanan maupun minuman manis yang berlebihan. Dengan tidak mengkonsumsi yang terlalu manis akan mempermudah untuk menghancurkan lemak disekitar perut.

Moms bisa mengganti minuman manis dengan jus buah tanpa gula. Pilihlah buah yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh ibu setelah melahirkan dan bisa menurunkan berat badan secara alami.

3.     Mengatur Jenis Makanan yang dikonsumsi

Program menurunkan berat badan bukan berarti mengurangi semua makanan. Moms perlu mengatur jenis makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan stabil. Moms bisa memperbanyak makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus.

4.     Olahraga Ringan

Salah satu cara yang harus Moms lakukan setelah melahirkan dan proses pemulihan selesai, Moms bisa melakukan olahraga ringan untuk membantu menjaga kebugaran tubuh.

Dengan berolahraga dapat membantu mengembalikan kekuatan otot dan meningkatkan energi. Moms dapat berjalan-jalan setiap sore atau pagi kurang lebih 30 menit.

5.     Memperbanyak Makanan Berserat

Dengan memperbanyak asupan makanan yang berserat akan membantu menghancurkan lemak yang ada di sekitar perut Moms.

Untuk makanan berserat biasanya membutuhkan cukup waktu lama untuk dicerna. Dalam sebuah penelitian mengatakan jika buah dan sayuran yang kaya serat dapat menurunkan jumlah lemak.

Baca juga: Inilah! Jenis-jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan 

Beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan secara alami diatas tentu mudah untuk Moms lakukan. Namun, untuk menurunkan bb pastikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, jangan berlebihan agar tidak mengganggu kestabilannya, apalagi bagi Moms yang sedang menyusui tentu masih membutuhkan asupan yang bergizi dan bernutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *