Bagaimana Cara Stimulasi Oromotor Bayi 6 Bulan?

Istilah oromotor memang terdengar asing ditelinga. Biasanya lebih dikenal dengan motorik oral yang berhubungan tentang kemampuan dasar anak dalam hal makan.

Namun, oromotor tidak terjadi begitu saja, Moms perlu untuk melatihnya dan mempelajari secara bertahap. Moms bisa mencoba stimulasi oromotor bayi 6 bulan agar bisa MPASI yang diberikan dengan baik.

Apa Itu Stimulasi Oromotor?

Stimulasi oromotor adalah suatu latihan yang dirancang untuk merangsang hingga meningkatkan kemampuan dalam mengontrol dan mengkoordinasikan gerakan otot di bagian mulut. Latihan ini mencakup latihan lidah, bibir, rahang, dan berbagai aktivitas yang melibatkan gerakan.

Oromotor sendiri telah mencangkup pada gerakan dan fungsi otot-otot di bagian-bagian mulut hingga rahang. Dengan melatih kemampuan oromotor sangat penting untuk mendukung perkembangan anak.

Moms bisa memberikan stimulasi oromotor pada bayi sejak memasuki usia MPASI. Namun, perlu diingat jika setiap bayi memiliki keterampilan yang berbeda meski sudah memasuki usia 6 bulan.

Maka, Moms bisa memberikan pelatihan oromotor pada bayi secara perlahan agar kedepannya nanti si Kecil tidak mengalami kesulitan makan. Pastikan Moms memberikan makanan sesuai dengan usia bayi agar tidak mengalami gangguan pada pecernaannya.

Cara Stimulasi Oromotor

Dengan stimulasi oromotor diharapkan dapat membantu si kecil untuk memiliki kemampuan makan dengan baik. Maka, Moms perlu mengetahui cara yang tepat dalam menstimulasinya, seperti berikut ini.

1.     Memberikan MPASI Tepat Waktu

Moms bisa mencoba memberikan MPASI pada bayi di usia 6 bulan. Dengan memberikan stimulasi pada anak, Moms dapat mengetahui waktu tepat untuk memberikannya makanan padat lainnya.

2.     Memberikan Mainan yang Aman Digigit

Dengan memberikan mainan yang aman digigit bayi dapat  memberikan rangsangan gerakan mengunyah dan membantu dalam memberikan tekanan pada gusi dan gigi si kecil.

3.     Mengajaknya Berbicara

Moms bisa mengajak si kecil untuk berbicara. Dengan bicara dengan percakapan yang lembut dapat menstimulasi gerakan lidah dan bibir bayi.

4.     Berlatih Menggerakan Lidah

Ajak bayi untuk menggerakan lidah, seperti ke kiri atau kanan dan menjulurkan. Dengan menggerakan lidah dapat membantu si kecil untuk mengontrol lidahnya.

5.     Menggunakan Dot Sesuai Usianya

Ternyata dot dapat membantu melatih lidah bayi dengan alami, namun pastikan memberikan dot sesuai dengan usia si kecil untuk menghindari masalah tersedak. Penggunaan dot yang tepat dapat mendukung gerakan menghisap si kecil secara sehat.

Baca juga: Fungsi Zat Besi untuk Bayi

6.     Memberikan Makanan Lembut

Memasuki awal MPASI Moms bisa memberikan makanan yang lembut terlebih dahulu dan memberikan makanan padat lainnya secara bertahap. Cara ini dapat membantu mengembangkan kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan.

Dengan cara stimulasi oromotor bayi 6 bulan diatas, dapat membuat si kecil cepat bisa mengunyah yang baik. Namun, Moms juga bisa menggunakan  cara lainnya seperti minum menggunakan sedotan, meniup balon, dan lainnya.

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *