7 Penanganan Pertama Luka Bakar Pada Anak

Luka bakar menjadi salah satu luka serius yang segera memerlukan pertolongan, apalagi pada anak-anak. Penanganan luka bakar harus dilakukan segera untuk menghindari terjadinya risiko komplikasi. Dengan memberikan tindakan pertama tidak  akan  membuat luka semakin parah. Inilah beberapa penanganan pertama luka bakar pada anak.

Penanganan Pertama Luka Bakar Pada Anak

Sebagai luka yang serius tentu membutuhkan penanganan yang tepat. Apalagi jika si kecil terkena luka bakar, maka orang tua harus siaga untuk memberikan pertolongan pertama agar tidak mengalami infeksi atau pembengkakan yang parah.

1.     Mendinginkan luka bakar

Moms bisa menyiram dengan air sekitar 20 menit. Cara ini bermanfaat agar luka tidak mengalami pembengkakan dan nyeri. Moms bisa menggunakan air dingin, dengan mengompres dingin area yang terluka. Namun, untuk luka bakar dengan area yang luas sebaiknya hindari mengompres dengan air dingin.

2.     Lidah buaya

Lidah buaya dengan sifatnya  antiinflamasi sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada area luka. Moms bisa memberikan penanganan pertama dengan mengoleskan lidah buaya dengan merata pada area luka bakar. Moms bisa mengoleskannya beberapa kali sehari agar mempercepat penyembuhannya.

3.     Madu

Madu dapat membantu untuk penanganan luka bakar sebagai pertolongan pertama. Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sejingga dapat menghindarkan kulit dari infeksi yang sering terjadi pada luka bakar.

4.     Melepas barang yang melekat pada tubuh

Moms bisa mencoba untuk segera melepas pakaian atau perhiasan yang melekat pada tubuh si kecil. Cara ini dilakukan agar luka bakar dapat segera diobati. Hal ini terjadi pada luka bakar ringan maupun besar.

5.     Menggunakan krim pendingin

Untuk meringankan rasa nyeri karena luka bakar, Moms dengan penggunaan krim pendingin yang bisa Moms temukan diberbagai  apotek. Moms juga bisa menggunakan bahan-bahan seperti diatas.

6.     Menutup luka dengan kain bersih dan basah

Penanganan pertama yang bisa Moms lakukan untuk membantu si keci l adalah menutup bagian luka bakar menggunakan kain yang bersih dan basah guna membantu menghilangkan rasa sakit dan mencegah terjadinya infeksi.

7.     Menjauhkan dari sumber panas

Ketika anak terkena luka bakar segera jauhkan dari sumber panas untuk mengurangi terjadinya kerusakan jaringan. Hal ini apabila luka bakar masih tahap ringan atau sedang. Sedangkan untuk luka bakar berat Moms segera cari pertolongan medis.

Baca juga: Gangguan Bicara Pada Anak dan Berbagai Jenisnya

Itulah beberapa penanganan pertama luka bakar pada anak. Namun, Moms perlu ingat jika pertolongan pertama ini untuk perawatan awal saja. Untuk penanganan lebih lanjut Moms bisa segera konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis agar mendapatkan pemeriksaan yang lebih mendalam mengenai luka bakar yang dialami oleh si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *