Fase Terrible Two Pada Anak: Pengertian dan Ciri-cirinya

Istilah fase terrible two pada anak dapat diartikan sebagai fase anak mengalami perubahan suasana hati dan perilaku. Hal ini sering terjadi pada anak usia 2 tahun, mereka memiliki perilaku yang negati seperti mengamuk atau tantrum.

Namun, Moms tidak perlu khawatir mengenai kondisi ini, karena fase terrible two akan berakhir pada usia 3 atau 4 tahun. Nah, untuk informasi lengkapnya baca di bawah ini, ya Moms!

Apa Itu Fase Terrible Two?

Fase terrible two biasanya untuk menggambarkan perubahan perilaku pada anak. Sering dikatakan juga sebagai kenalakan anak di usia 2 tahun. Kondisi ini memanhg hal yang normal, namun Moms perlu untuk mengatsinya agar tidak berkelanjutan hingga dewasa.

Fase ini juga membuat perubahan dalam suasana hati si kecil, mereka akan mudah mengalami tantrum atau menangis dengan berteriak-teriak, serta tiba-tiba merasa kesal tanpa ada penyebabnya.

Ciri-ciri Fase Terrible Two Pada Anak?

Ketika anak memasuki usia 1 tahun keatas biasanya ada beberapa peruahan yang terjadi selain fisik dan perkembangan motoriknya. Anak juga akan mengalami perubahan dalam perilaku maupun perasaan mereka. ijnilah beberapan ciri yang harus Moms kenali agar dapat mengatasinya.

1.     Tantrum

Akan mulai mengalami tantrum? Itu bisa menjadi salah ciri anak memasuki fase terrible two. Mereka akan berteriakan histeris dan merengek terus-menerus.

Selain itu, anak juga akan memukul hingga melempar barang-barang yang ada disekitarnya. Biasanya tantrum tersebut akan berlangsung sekitar 5 menit atau lebih.

2.     Emosi berlebihan

Ketika anak memasuki fase tersebut, biasanya akan kesulitan dalam menyampaikan emosinya. Anak akan mudah merasa kesal apabila tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

3.     Mulai melawan atau menolak

Anak akan memperoleh keterampilan dan kemampuan baru setiap harinya. Mereka mulai memiliki kemampuan untuk melawan atau menolak.

Hal ini biasa terjadi saat memilih pakaian atau bermain. Si kecil juga mulai mengambangkan kemandirian, mereka akan bersikeras melakukan banyak hal sendiri. Maka, Moms harus memperhatikan apa saja yang anak sukai.

4.     Lebih aktif

Dalam fase ini anak akan lebih aktif untuk eksplorasi dengan berbagai hal yang mereka ingin ketahui. Mereka  akan menyentuh maupun meraba yang ada disekitarnya. Hal ini dilakukan agar mengenali lingkungan mereka.

5.     Memiliki Kecemasan

Saat memasuki fase ini biasanya anak memiliki kecemasan dalam berbagai hal, sehingga dukungan dan pemahaman, serta perhatian orang tua menjadi hal yang penting bagi si kecil.

Baca juga: Bagaimana Tahapan Tumbuh Gigi Susu Pada Bayi? 

Nah, perlu Moms ingat jika fase terrible two pada anak memang hal yang normal dan kondisi ini sering terjadi pada si kecil ketika memasuki usia 2 tahun. Maka, Moms harus mengenali ciri-ciri dari fase tersebut agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *