Gigi Susu Pada Bayi: Tahapan dan Jumlahnya

Gigi susu sebagai gigi pertama si kecil, yang tumbuh sesuai dengan urutan tertentu. Gigi susu memiliki banyak fungsi bagi anak untuk membentuk wajah dan anak dapat berbicara dengan lebih jelas.  Gigi susu sendiri akan tumbuh dari usia 6 hingga 33 bulan. Nah, bagaimana tahapan gigi susu pada bayi?

Tahapan Tumbuh Gigi Susu Pada Bayi

Untuk tahapan gigi susu pada bayi menjadi salah perkembangan fisik yang penting. Umumnya, pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda. Berikut tahapan tumbuh gigi pada bayi yang umum terjadi.

1.     Usia 6-10 bulan

Umumnya, gigi seri akan  muncul, yaitu dua gigi seri bawah di depan. Biasanya proses pertumbuhan gigi susu ini akan mulai tumbuh dari usia 6 hingga 10 bulan.

2.     Usia 8-12 bulan

Berikutnya gigi seri bagian rahang atas akan tumbuh ketika si kecil memasuki usia 8-12 bulan. Dengan gigi seri atas akan membantu si kecil untuk memotong dan menggigit makanan menjadi lebih mudah.

3.     Usia 9-13 bulan

Pada usia 9-13 bulan biasanya akan tumbuh gigi seri bagian atas. Proses pertumbuhan gigi seri memang tidak bersamaan, hal ini untuk memberikan ruang pada gigi permanen yang tumbuh ketika usia si kecil sekitar 3 tahun kurang lebihnya.

4.     Usia 10-16 bulan

Proses pertumbuhan gigi sei yang beikutnya dapat terjadi sekitar usia 10-16 bulan akan tumbuh gigi seri bagian samping bawah. Dengan bantuan gigi seri samping akan mempermudah si kecil dalam mengunyah.

5.     Usia 13-19 bulan

Memasuki usia 13-19 bulan akan tumbuh gigi geraham pertama pada bagian atas. Gigi geraham memiliki fungsi untuk menghaluskan dan menguyah makanan lebih baik.

6.     Usia 14-18 bulan

Si kecil akan mulai tumbuh gigi geraham bagian atas. Dengan gigi geraham anak dapat mengunyah dan menggiling makanan lebih mudah dan baik.

7.     Usia 23-31 bulan

Tumbuh gigi geraham belakang akan membantu menguyah makanan menjadi lebih halus. Apalagi gigi geraham menjadi gigi yang paling kuat dan paling besar.

8.     Usia 25-33 bulan

Pada usia 25-33 bulan akan tumbuh gigi geraham bagian atas. Tidak hanya untuk menguyah dengan halus, tetapi gigi geraham juga membantu terhindar dari kerusakan saraf pada rahang dan membantu mencegah gigi terlalu padat.

Berapa Jumlah Gigi Susu Pada Anak?

Gigi susu atau disebut dengan gigi sulung biasanya akan tumbuh ketika si kecil masih dalam usia bayi atau balita sebelum tumbuh gigi permanen. Gigi susu sendiri memiliki fungsi untuk menjaga lengkung gigi agar tidak terjadi penyempitan, sehingga gigi permanen dapat tumbuh secara optimal.

Untuk jumlah gigi susu pada bayi adalah 20 yang terbagi dengan 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Maka, tahapan gigi susu harus Moms perhatikan dengan baik. Gigi susu akan mulai pertumbuhan dari usia 6 bulan ketika memasuki usia MPASI.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *