Inilah Ciri-ciri dan Penyebab Anak Melawan Orang Tua yang Wajib Diketahui

Penting bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan anak, dari kecil hingga dewasa nantinya. Komunikasi menjadi salah satu hal yang perlu untuk dilakukan agar mengetahui apa saja yang diinginkan dan dikerjakan si kecil.

Dengan berbagai faktor dapat menjadi pemicu anak melawan orang tua. Moms harus mengetahui penyebab anak melawan orang tua dan bagaimana ciri-cirinya. Yuk, simak selengkapnya di artikel kali ini.

Penyebab Anak Melawan Orang Tua

Ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab dari si kecil membangkang atau mulai berani melawan orang tua. Berikut beberapa penyebab umum yang sering kali dialami anak.

1.     Aturan dan Batasan yang Ketat

Anak sering kali melawan orang tua karena banyaknya aturan dan batasan ketat yang diterapkan oleh orang tua pada anaknya. Batasan maupun aturan yang tidak adil akan membuat si kecil mulai melawan.

2.     Kurangnya Komunikasi

Anak sering kali melawan orang tua salah satunya karena kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua. Maka, perlunya melakukan pendekatan dengan anak dengan menanyakan kondisi dan apa saja kegiatan setiap harinya.

3.     Lingkungan Buruk

Lingkungan juga menjadi salah satu faktornya. Maka, orang tua perlu untuk memperhatikan lingkungan sekitar si kecil agar tumbuh menjadi pribadi yang baik. Moms perlu mencari tahu apa yang menjadi pemicu anak melawan perintah orang tua dari pergaulan anak seusianya.

4.     Terlalu Memanjakan Anak

Memanjakan anak bukan hal yang salah, namun perlu Moms ingat jika anak harus diajarkan juga dengan menerima keadaan. Apabila terlalu memanjakan si kecil dengan cara menuruti semua yang diinginkannya dapat membuatnya kurang menghormati orang tua.

5.     Orang Tua Bersikap Otoriter

Sikap otoriter orang tua terhadap anak sering kali memicu terjadinya perlawanan pada anak. s Sikap yang terlalu menekan anak membuat si kecil mengalami frustasi sehingga mereka akan melawan apa yang diperintahkan oleh orang tua.

Baca juga: Bagaimana cara latihan mindfulness bagi ibu hamil?

Bagaimana Ciri-ciri Anak Melawan Orang Tua?

Banyak faktor yang memang menjadi penyebab dari anak melawan orang tua. Moms bisa memperhatikan apa saja ciri-ciri dari anak yang melawan orang tuanya, seperti berikut ini.

4.     Tidak Mendengarkan Nasihat Orang Tua

Anak tidak akan mau mendengarkan nasihat baikbyang diberikan oleh orang tua. Mereka akan mengabaikan peringatan yang diberikan pada anak untuk keselamatannya.

5.     Mengabaikan Kewajiban yang Diberikan

Ciri anak yang melawan orang tua berikutnya adalah mengabaikan berbagai kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya, seperti belajar. Anak akan lebih melimpah tugas tersebut pada orang lain yang ada disekitarnya.

6.     Bersikap Kasar

Moms perlu untuk memperhatikan sikap anak. Saat si kecil mulai bersikap kasar dapat menjadi salah satu ciri anak melawan orang tua. Moms bisa menanyakan pada anak kenapa bersikap seperti itu, sehingga Moms dapat mengatasinya dengan tepat.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab anak melawan orang tua. Pastikan Moms mengetahui ciri-cirinya agar dapat membimbing dan mengajarkan anak dengan baik. Salah satu cara yang dapat Moms lakukan adalah menghargai berbagai kegiatan positif yang dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *