Inilah Penyebab Bayi Menangis Menjelang Maghrib

Pastinya Moms bertanya-tanya kenapa setiap menjelang maghrib anak selalu menangis. Banyak yang mengira jika memasuki waktu maghrib banyak mahlus halus yang mengganggu sehingga membuat bayi rewel. Tentunya ini sebuah mitos, Moms!

Ada berbagai penyebab bayi menangis menjelang maghrib bukan hal yang aneh selama bayi tidak mengalami kondisi yang lainnya. Yuk, Moms ketahui apa penyebab dan cara mengatasinya!

Apa Saja Penyebab Bayi Menangis Menjelang Maghrib?

Buat ibu muda tidak perlu khawatir ketika bayi sering menangis menjelang maghrib karena semua bayi pasti mengalami hal tersebut. Biasanya bayi akan mulai menangis di sore hari pada usia 4-6 enam minggu.

Hal ini bukan pengaruh dari gangguan mahlus halus seperti mitosnya. Dilihat dari dunia kesehatan memang belum mengetahui pasti penyebabnya.

Namun, beberapa pakar kesehatan memberikan pendapat jika fenomena bayi menangis di sore hari termasuk proses tumbuh kembang bayi yang normal.

Salah satu alasan yang masuk akal dan umumnya banyak diketahui adalah bayi kelaparan dan ingin menyusu. Apalagi memang sudah mendekati waktunya si kecil tidur. Untuk alasan lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Bayi merasa gelisah dan tidak tenang ketika sore hari dan untuk meluapkan emosinya dengan cara menangis.
  2. Terjadinya perubahan waktu siang ke malam, juga bisa membuat bayi merasa lelah.
  3. Adanya perubahan rutinitas juga bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.
  4. Ada beberapa kondisi bayi menangis setiap sore menjelang maghrib karena kolik.
  5. Bayi kekenyangan dan lelah sehingga untuk menyampaikan ketidaknyamanannya bayi akan menangis. Hal ini sering terjadi memasuki waktu maghrib.
  6. Ketika tidur siang bayi tidak nyenyak karena disekitarnya berisik atau cuaca tidak bagus juga bisa membuat si kecil akan rewel setiap sore menjelang tidur malam.

Penyebab lainnya bayi sering  membuat menangis di waktu menjelang maghrib yang jarang sekali diketahui oleh orang tua adalah bayi memasuki fase purple crying juga bisa menjadi alasan bayi menangis.

Moms juga perlu untuk memperhatikan dan mewaspadai tanda tangisan bayi yang menandakan adanya gangguan kesehatan atau tidaknya.

Bagaimana Cara Menenangkan Bayi Menangis Menjelang Maghrib?

Agar bayi cepat tenang saat rewel di waktu mendekati maghrib, Moms bisa membawa si kecil masuk kamar dan tempatkan bayi pada posisi tidur yang nyaman dan penuhi kebutuhan ASI bayi.

Moms juga bisa menggendong bayi sekitar 5 menit, agar si kecil merasa tenang dan nyaman. Sehingga bayi akan tertidur dengan mudah. Dengan sentuhan ibu, bayi tidak akan merasa kesepian lagi.

Itulah beberapa penyebab bayi menangis menjelang maghrib, jadi bukan karena ada gangguan mahlus halus, ya Moms! Moms tidak perlu panik jika si kecil menangis ketika sore hari dalam durasi waktu yang lama.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *