4 Tahapan Perkembangan Anak yang Perlu Diketahui

Ada berbagai fase dalam perkembangan anak, salah satu fase yang ditunggu adalah saat si kecil mulai mengenali ibunya. Hal ini bagian penting dari perkembangan emosional dan sosial si kecil.

Biasanya anak akan mulai mengenali ibunya melalui pendengaran maupun penciuman mereka. Anak akan melihat ke wajah ibu setiap kali menyusu, bermain,  atau saat sedang digendong. Nah, berikut proses anak mengenali ibu.

Tahapan Perkembangan Anak Mengenali Ibunya

Perlu Moms tahu jika dasarnya anak sudah dapat mengenali ibunya dari dalam kandungan di usia 7 bulan. Mereka dapat mendengarkan suara dan bau tubuh ibu. Setelah lahir mereka akan menggunakan panca indra untuk dapat mengenalinya.

1.     Pendengaran

Tahap pertama si kecil mengenali ibunya dengan mendengarkan suara. Moms bisa sesering mungkin mengajak si kecil berbicara ketika masih dalam kandungan maupun saat sudah lahir.

Bayi akan memberikan respon dengan menendang perut. Ketika si kecil sudah lahir, anak akan mengenali ibunya melalui sentuhan. Mereka akan merasa nyaman dan hangat.

Dalam usia 30 minggu kehamilan biasanya janin sudah berkembang. Meskipun suara ibu yang terdengar rendah, namun suara tersebut dapat terdengar hingga telinga si kecil.

Agar si kecil lebih mengenali ibunya, Moms bisa mengajaknya bernyanyi atau membaca buku cerita atau dongeng bersama. Cara ini lebih mudah membantu anak dalam mengenal orang tuanya.

2.     Penciuman

Proses bayi mengenali ibunya selanjutnya melalui penciuman. Mereka sudah terbiasa dengan bau tubuh ibu ketika di dalam kandungan. Secara naluriah bayi akan mengamati wajah ibu saat menyusu.

Mereka akan otomatis melihat ke atas. Jadi tidak heran saat bayi menangis dan didekatkan pada ibunya mereka segera berhenti menangis.

3.     Peraba

Dengan sentuhan biasanya si kecil sudah bisa mengenali ibunya. Moms bisa mengelusnya dengan tulus dan penuh kasih sayang.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa bayi akan merespons sentuhan ibu dengan senyuman atau gerakan yang mengekspresikan perasaan senang. Mengenali wajah ibu menjadi salah satu perkembangan kognitif.

Selain itu, untuk menstimulasi agar si kecil lebih mudah mengenali ibunya. Moms bisa sesering mungkin memeluk dan menggendongnya, serta mengajak si kecil bermain atau membaca bersama.

4.     Penglihatan

Bayi baru dilahirkan memiliki kemampuan melihat yang masih sangat minim dan terbatas. Biasanya mereka hanya mampu melihat dengan jarak sekitar 20–30 cm saja.

Meskipun dengan jarak pandang yang terbatas mereka sudah bisa melihat wajah orang-orang yang ada  disekitarnya. Jika si kecil sudah memasuki usia 4 bulan, mereka akan lebih mudah untuk mengetahui ayah dan ibunya.

pada dasarnya, tahapan perkembangan anak memang berbeda-beda. Moms dapat dengan mudah untuk membantuu si kecil mengenal ibunya sejak dalam kandungan. Mereka akan memberikan respon senang apabila berdekatan dengan ibunya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *