manfaat alpukat untuk ibu hamil

Wajib Tahu! 8 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Ketika seorang wanita berada dimasa kehamilan, penting sekali untuk mengkonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi nutrisi tubuh. Buah alpukat, banyak sekali manfaat alpukat untuk ibu hamil terlebih saat hamil muda.

Salah satu alasan kenapa bual alpukat menjadi buah yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu karena buah ini mengandung asam float.

Yang mana asam float tersebut sangat bagus untuk perkembangan janin.

Tentunya manfaat buah alpukat untuk ibu hamil tidak hanya sebatas itu saja. Ada masih banyak sekali manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah yang satu ini.

Maka tidak heran lagi jika buah yang satu ini kerap menjadi pilihan wajib untuk para ibu hamil untuk di konsumsi.

Kira-kira apa saja manfaat alpukat yang bisa bunda dapatkan jika dikonsumsi pada masa kehamilan ?

Nah, berikut ini penjelasan manfaat buah alpukat untu ibu hamil yang perlu bunda ketahui. Berikut penjelasannya.

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Alpukat?

manfaat alpukad untuk ibu hamil

Jelas boleh dong dan dianjurkan.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa buah alpukat ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

Bnayak juga yang merekomendasikan buah yang satu ini untuk dikonsumsi saat hamil.

Jadi bunda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Dikutip dari Kids Health, salah satu kunci pola makan sehat selama kehamilan adalah meningkatkan nutrisi, bukan memperbanyak porsi makan.

Pada masa kehamilan ini, seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan lebih banyak zat besi, kalsium, protein, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium, dan zinc.

Salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi harian ibu hamil adalah buah alpukat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Pasti bunda sekalian masih bertanya-tanya, kira-kira apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Tenang, kali ini akan kami jelaskan manfaat dari buah yang satu ini untuk ibu hamil.

Berikut daftar manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Mengandung Asam Float

Asam float merupakan nutrisi utama bunda pada saat kehamilan, yang mana memproduksi dan memelihara sel sel baru. Dengan demikian bantu mencegah terjadinya bayi cacat saat lahit.

Perlu bunda ketahui bahwa penting sekali memenuhi kebutuhan float selama trimester pertama kehamilan. Hal ini karena sistem saraaf bayi (termasuk otak dan sumsum tulang belakang) sedang terbentuk di masa ini.

Dengan demikian sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi buah alpukat pada masa tersebut. Karena buah ini mengandung asam float yang tinggi.

Cara gampang mengkonsumsi buah ini yaitu dengan cara di jus.

Setengah buah alpukat mengandung sekitar 90 mikrogram (mcg) asam folat, sementara dua buah pisang mengandung 60 mcg asam folat.

Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi kehamilan seperti depresi, anemia, cacat lahir, keguguran, dan preeklampsia.

Baca juga : Rahasia dan manfaat dibalik bayam untuk ibu hamil

Mencegah dan Meringankan Kram

manfaat alpukad untuk ibu hamil muda

Kram merupakan satu dari sekian banyak masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Sebagai contohnya yaitu kram pada kaki.

Kram kaki saat hamil biasanya terjadi di trimester ketiga karena tubuh kekurangan asupan kalium, kalsium, serta magnesium.

Nah, salah satu manfaat dari buah alpulat ini yaitu untuk mencegah kram. Hal ini karena didalam buah alpukat terdapat kandungan kalium sebanyak 458 mg dalam 100 gram.

Perlu bunda ketahui juga bahwa buah selain bagus dimasa kehamilan, buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan untuk program hamil karena lemak baik serta antioksidan didalamnya.

Mencegah Masalah Pencernaan

Sakit perut dan sembelit adalah masalah perut yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Nah, salah satu cara mencegah masalah pencernaan tersebut yaitu dengan mengkonsumsi buah alpukat.

Seorang ahli gizi Dr. Andrew Orr dari Australia pernah mengatakan bahwa “Buah alpukat juga memiliki senyawa non-esensial dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti serat, lemak tak jenuh tunggal, antioksidan yang larut dalam lemak. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk peningkatan kesehatan ibu hamil dan dapat menjaga kualitas ASI ketika sudah menyusui nantinya.”

Mengkontrol Kadar Gula dalam Tubuh

Manfaat buah alpukan untuk ibu hamil yang tak kalah penting lainnya yaitu depat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu dan mengatur kadar gula darah.

Dengan demikian bisa mengurangi risiko komplikasi kehamilan.

Menjaga gula darah dan lemak darah juga sangat penting bagi ibu hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan aman.

Selain itu buah alpukat juga mengandung karbohidrat yang rendah, lemak sehat dan juga kaya serat. Dengan demikian menjadikan buah alpukat ini pilihan tepat untuk orang hamil dengan gula darah tinggi atau diabetes.

Membantu Perkembangan Janin

perkembangan janin ibu hamil

Dikutip dari sebuah Jurnal kesehatan Nutrients , disebutkan bahwa didalam buah alpukad ini mengandung float dan kalium yang cukup tinggi. Yang mana kedua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Ketika berada dimasa kehamilan, kebutuhan asam float pada ibu hamil sangat meningkat karena untuk pembentukan sel dan jaringan baru.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, maka kebutuhan asam float pada tubuh ibu hamil akan tercukupi.

Selain itu asam folat juga dapat mencegah kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan mencegah cacat jantung serta cacat tabung saraf pada janin.

Mempercepat Proses Penyerapan Nutrisi

Sebenarnya ada banyak sekali kandungan didalam buah alpukat yang dapat membantu memenuhi asupan harian yang dibutuhkan ibu hamil.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat membantu meningkatkan penyerapan karotenoid oleh tubuh yang ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau.

Ada beberapa kandungan penting didalam buah alpykat yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya berupa protein, vitamin A, vitamin K, folat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E.

Baca juga : Ibu hamil harus tau! Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

cara menjaga tekanan darah saat kehamilan

Seperti yang kita ketahui bahwa didalam buah alpukat terkandung magnesium dan kalium. Sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat ini dapat mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah.

Jika bunda ada yang mengalami hipertensi gestasional, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah alpukat pada masa kehamilan.

Meskipun hipertensi gestasional dapat hilang setelah melahirkan, tetapi bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami hipertensi kronis di masa depan.

Kaya akan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat untuk membanfu melindungi dari kerusakan sel dan juga membantu meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Sebuah jurnal dalam Current Developments in Nutrition, kandungan lutein yang terdapat dalam buah alpukat memiliki sifat antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk perkembangan mata dan fungsi otak bayi kita.

Manfaat lain dari buah alpukat utnuk ibu hamil yaitu antioksidan dapat meningkatkan regenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.

Varian Sajian Buah Alpukat yang Bisa Dicoba

Bunda bungkin sudah bosan mengkonsumsi buah alpukat dengan cara di jus. Sebenarnya ada banyak sekali sajian buah alpukat. Berikut ini beberapa contoh sajian buah alpukat yang bisa bunda coba.

Nugget Alpukat

resep masakan dari buah alpukat

Bunda pernah mendengar sajian alpukat yang seperti ini? Nah, jika belum sajian yang satu in wajib bunda coba.

Cara penyajiannya pun sangat mudah dan simpel tanpa menggunakan banyak bahan.

Brownies Alpukat

resep makanan dari buah alpukat

Jika bunda suka makanan yang manis, brownies alpukat adalah salah satu sajian yang tak kalah enaknya.

Penyajiannya pun mudah. tinggal dihaluskan dan dicampurkan dengan bahan kue lainnya. Pembuatannya pun hampir mirip dengan membuat kue pada umumnya.

Salad Alpukat

makanan untuk ibu hamil

Bagi bunda yang pecinta salad mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan seperti ini.

Dengan cara pembuatannya yang mudah, jadikan salad dengan cita rasa dengan tambahan alpukat di dalamnya. Bundabisa memilih perasan lemon atau minyak kelapa sebagai dressing-nya.

Nah, itulah tadi daftar manfaat alpukat untuk ibu hamil dan beberapa masakan dengan bahan dasar alpukat.

Jadi, penuhi kebutuhan nutrisi untuk janin bunda dengan mengkonsumsi buah alpukat dan juga diimbangi dengan makanan sehat untuk ibu hamil.

Semoga bermanfaat… 😉

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *