kesalahan wanita saat hamil

11 Kesalahan Wanita saat Hamil yang Harus di Hindari

Menjaga kesehatan saat hamil sangatlah penting loh. Akan tetapi ada beberapa kesalahan wanita saat hamil yang harus bunda perhatikan nih bund.

Terlebih pada awal kehamilan, ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam beberapa hal, pola makan misalnya atau yang lain.

Ya meskipun ibu hamil mungkin sudah mengerti dan paham pedoman umum menjalani masa kehamilan, tetapi pada kenyataannya masih banyak juga ibu hamil yang melakukan berbagai kesalahan umum saat mereka tengah hamil.

Perlu bunda ketahui, disadari atau tidak jika terlalu sering melakukan kesalahan tersebut akan berakibat buruk pada ibu hamil dan janin.

Tapi tenang bund, jangan terlalu meresahkan kesalahan wanita saat hamil ini. Masih ada waktu untuk memperbaikinya.

Nah, berikut ini beberapa daftar kesalahan wanita saat hamil yang harus bunda hindari untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan baik-baik saja.

Apa saja kesalahan wanita saat hamil ?

Mungkin bunda sudah banyak yang tahu tentang kesalahan wanita saat hamil ini. Tapi mingin ada beberapa hal yang belum bunda ketahui juga tentang ini.

Nah, inilah beberap kesalahan wanita saat hamil yang harus bunda perhatikan saat masa kehamilan.

Memilih operasi caesar daripada melahirkan normal

bahaya operasi caesar

Banyak ibu hamil yang memilih untuk operasi caesar daripada melahirkan normal ketika menjelang lahiran. Banyak sekali yang mengaitkan persalinan normal dengan rasa sakit yang luar biasa dan menjadi momok sangat menakutkan bagi seorang wanita.

Oleh karena itu tidak sedikit yang memilih untuk operasi caesar ketika mau melahirkan. Meskipun operasi caesar terlihat lebih cepat dan mudah untuk menghilangkan rasa nyeri, akan tetapi kenyataannya tidak seperti itu.

Percaya atau tidak, persalinan dengan cara operasi caesar akan melibatkan proses penyembuhan yang lebih sulit dan menyakitkan jika dibandingkan dengan persalinan normal.

Seperti yang bunda ketahui, persalinan caesar merupakan operasi besar yang menyebabkan enam minggu masa down-time post-partum, kesulitan dalam menyusui nantinya, infeksi, dan periode pemulihan lebih lama.

Tidak menjaga kesehatan mental

cara mengatasi ibu hamil yang stres

Ternyata penting juga loh bund untuk menjaga kesehatan mental saat masa kehamilan. Mungkin sering kali ibu hamil merasakan mood swing. Jika bunda tidan bisa mengendalikan mood swing ini justru akan menimbulkan stres yang tidak perlu dan mempersulit hubungan bunda.

Akibatnya bunda akan merasakan depresi yang berat. Maka dari itu sangan penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan mental saat hamil bund.

Selain itu, ternyata banyak juga yang ketika hamil muda mereka mengalami stres karena peningkatan berat badan. Padahal itu adalah suatu hal yang wajar karena menunjukan pertumbuhan aktif dari bayi yang ada di rahim.

Dalam seuah penelitian menunjukan bawa orang yang stres dan kelelahan secara fisik, pikiran atau mental, akan lebih banyak menyerap nutrisi makanan. Dan juga ketika kita stres, memiliki dampak negatif pada pilihan diet.

Akibatnya bunda akan lebih banyak makan dan kadang tidak bisa mengatur mana makanan yang baik dan mana makanan yang kurang sehat. Alhasil, bisa merisikokan pertambahan berat badan tidak sehat.

Baca juga : Daftar minuman yang dilarang untuk dikonsumsi saat hamil

Tidak mendapatkan vaksin

Banyak ibu hamil yang memutuskan untuk tidak mau mendapatkan vaksin. Padahal, vaksin merupakan salah satu dara untuk menghindari komplikasi serius dari flu.

Dalam sebuah jurnal Pediatrics  menunjukan bahwa 90 persen wanita tidak mendapatkan vaksin flu, tapi bayi dari ibu yang menjalani vaksin menunjukkan 70 persen penurunan risiko flu.

Tidak berolahraga

olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil

Bagi orang biasa saja olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan. Apalagi ibu hamil, kegiatan olahraga sangat dianjurkan.

Selain untuk menjaga kesehatan sang ibu berolahraga juga sangat baik untuk kesehatan janin. Sering berolahraga ternyata juga bisa membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Maka dari itu sangat disarankan untuk tetap berolahraga.

Akan tetapi jika bunda ingin berolahraga, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter jenis latihan yang disarankan untuk ibu hamil. Dan juga ketika berolahraga bunda harus tetap berhati-hati supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran, dehidrasi atau yang lainnya.

Keseringan tidur

bahaya keseringan tidur saat hamil

Banyak dokter yang menyarankan kepada para ibu hamil untuk selalu istirahat dan menjaga kesehatan agar tidak kecapekan. Ketika bunda hamil, ada prubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan yang membuat bunda menjadi lebih cepat lelah, mudah ngantuk, sulit tidur di malam hari.

Dengan demikian menuntut kita untuk selalu istirahat dan selalu menjaga agar tidak kecapekan.

Meskipun begitu, tetapi bukan berarti saat hamil bunda terus-terusan berada di tempat tidur setiap waktu. Tidur memanglah salah satu cara untuk mengembalikan kebugaran tubuh kita. Akan tetapi jika kita tidur terus-terusan juga bisa membahayakan kesehatan sang ibu dan janin.

Perlu bunda ketahui juga bahwa ketika kita sedang tidur, saat itu juga tubuh kita mengalami penurunan darah. Nah, jika kita terlalu sering tidur maka tekanan darah yang dialirkan ke janin bisa berkurang dan ini juga sangat berpengaruh pada perkembangan bayi bunda.

Berlebihan memuaskan ngidam

bahaya terlalu banyak makan saat hamil

Tak bisa dipungkiri lagi, hampir semua wanita mengalami ngidam saat hamil. Pada saat itu nafsu makan bunda akan meningkat. Tetapi kehamilan tidak seharusnya dijadikan alasan untuk berlebihan memanjakan tubuh dengan makanan yang Anda idam-idamkan.

Pada saat bunda ngidam juga harus mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan jangan sembarangan memilih makanan. Menjaga pola makan juga banyak manfaatnya. Selain bagus untuk sang ibu tapi juga bayinya menjadi lebih sehat dan membantu perkembangan bayinya.

Makanlah sewajarnya saja, karena berlebihan memuaskan ngidam bisa berdampak kurang baik terhadap kehamilan Anda.

Makan terlalu banyak

Pasti bunda pernah beranggapan bahwa harus makan untuk 2 orang yaitu, untuk dirinya sendiri dan janinnya. Dengan demikian membuat porsi makan bunda meningkat dua kali lipat.

Kelebihan makan justru akan membuat berat badan bunda melonjak naik dengan cepat dan berisiko mengalami obesitas, hipertensi, maupun diabetes gestasional.

Baca juga : 7 Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin

Kebanyakan mengonsumsi vitamin dan suplemen

suplemen dan vitamin untuk ibu hamil

Kebutuhan vitamin dan mineral saat hamil memanglah meningkat. Akan tetapi kebutuhan tersebut belum bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang biasa saja setiap hari.

Bunda harus mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang dianjurkan untuk ibu hamil serta vitamin.

Namun jika bunda terlalu banyak megonsumsi suplemen justru akan berimbas kirang baik dan bisa mengganggu perkembangan janin.

Sebenarnya penambahan suplemen dan vitamin untuk ibu hamil ini tergantung pada kebutuhan. Kemudian untuk penggunaan suplemen tersebut juga harus tetap dengan resep dan juga pengawasan dari dokter supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tadi bund beberapa kesalahan yang umumnya sering dilakukan saat masa kehamilan. Dengan demikian bunda sudah tau apa saja kesalahan saat hamil dan juga dampaknya jika terus-terusan kita lakukan.

Semoga bisa bermanfaat dan menjadi kewaspadaan kita semua untuk selalu menjaga kesehatan bunda dan janin. 😉

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *