tanda tanda awal kehamilan

9 Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Wajib Diketahui Sedini Mungkin

Kehamilan menjadi saat yang paling dinantikan oleh sepasang suami istri setelah menikah. Ketika pertama kali hamil, wanita cenderung tidak peka dengan tanda-tanda awal kehamilan yang dirasakannya. Anda mungkin hanya merasa sedang tidak enak badan atau sakit karena kelelahan.

Padahal sangat penting untuk mengetahui sedini mungkin bahwa Anda sedang hamil. Setelah mengetahui kehamilan, maka harus mengetahui cara menghitung masa kehamilan dan berbagai tindakan lainnya yang harus segera dilakukan.

Lalu, apa saja tanda-tanda awal kehamilan? Artikel ini akan membantu mengetahui tanda-tanda kehamilan yang mungkin kini sedang dirasakan, sehingga Anda bisa lebih cepat memeriksakan diri ke dokter kandungan. Simak informasinya hingga akhir ya!

Tanda-tanda Awal Kehamilan

tanda tanda awal kehamilan

Mengenali tanda-tanda kehamilan lebih cepat di minggu pertama kehamilan bisa sangat membantu dan bermanfaat. Ya, ketika mengetahui kehamilan dengan cepat, maka Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan dan mendapat penanganan yang tepat.

Berikut ini beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang wajib diperhatikan, yaitu:

Menstruasi Terlambat

Tanda kehamilan pertama yang pasti dialami oleh setiap wanita hamil adalah terlambat menstruasi atau haid. Ya, ketika hamil dinding rahim yang mengalami penebalan tidak akan melebur untuk menjaga sel telur sebagai bakal janin yang menempel pada dinding rahim.

Menstruasi yang terlambat hingga lebih dari 4-5 hari bisa menjadi tanda-tanda kehamilan. Namun, beberapa faktor juga bisa menyebabkan menstruasi terlambat, seperti ketidakseimbangan hormon.

Perut Kembung

tanda tanda awal kehamilan 3 hari

Perut kembung bukan hanya dirasakan ketika sedang sakit atau masuk angin. Namun, perut kembung bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini karena sistem pencernaan yang lebih lambat akibat adanya perubahan hormon.

Selain mengalami perut kembung, biasanya wanita yang hamil muda juga mengalami sembelit.

Indra Penciuman Lebih Sensitif

Indra penciuman hidung akan lebih sensitif terhadap bau pada masa awal kehamilan. Hal inilah yang biasanya memicu mual dan muntah. Selain itu, ibu hamil juga bisa merasa pusing ketika mencium bau tertentu.

Indra penciuman yang lebih sensitif bisa memicu berkurangnya nafsu makan terhadap makanan tertentu. Tentunya hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama terjadi. Anda harus tetap mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah sayur, buah, telur, olahan susu, dan lain sebagainya. Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yaitu membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

Namun, ibu hamil juga bisa membuat ibu hamil suka dengan makanan tertentu. Ya, ibu hamil yang sedang ngidam bisa sangat menginginkan makanan tertentu.

Mual dan Muntah

penyebab muntah saat hamil

Tanda-tanda awal kehamilan lainnya adalah mual dan muntah. Wajar jika ibu hamil mengalami mual dan muntah di pagi hari. Mual juga bisa dirasakan saat siang, sore, bahkan malam hari.

Biasanya ibu hamil akan mual dan muntah pada awal kehamilan hingga trimester kedua masa kehamilan. Namun, perlahan mual dan muntah akan mereda seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Suhu Tubuh Cenderung Naik

Tanda kehamilan lainnya adalah suhu tubuh yang cenderung meningkat pada pagi hari ketika bangun tidur. Anda bisa mengalami tanda kehamilan ini selama 18 hari atau lebih.

Namun, suhu tubuh yang cenderung naik pada pagi hari tidak selalu menandakan Anda sedang hamil ya.

Cepat Merasa Kelelahan

tanda tanda hamil yang tidak disadari

Anda juga akan merasa lebih cepat lelah ketika masa kehamilan. Hal ini umum terjadi karena hormon progesteron yang terus meningkat. Selain merasa lelah, Anda juga akan sering merasa mengantuk.

Ibu hamil memang sudah seharusnya lebih banyak istirahat dengan nyaman.

Mengalami Kram Perut dan Terdapat Bercak Darah dari Vagina

Tanda kehamilan yang umum dialami oleh wanita hamil adalah kram perut. Selain itu, bercak darah atau flek akan keluar dari vagina.

Kram perut dan flek sering kali dianggap sebagai tanda awal menstruasi. Namun, ternyata masa kehamilan juga memiliki tanda-tanda yang sama. Lalu, apa perbedaan keduanya? Perbedaannya terletak pada intensitas dan lokasinya.

Kram perut sebagai tanda kehamilan biasanya terjadi pada satu lokasi saja dan akan mereda dalam hitungan jam. Namun, kram perut karena menstruasi cenderung berlangsung lebih lama hingga berhari-hari.

Bercak darah atau flek akan keluar sedikit 1-2 tetes ketika awal kehamilan. Warna flek darahnya merah muda dan sedikit kekuningan atau kecokelatan. Hal ini terjadi sebagai tanda bahwa embrio berhasil menempel dan tertanam pada dinding rahim.

Berbeda dengan flek tanda kehamilan, flek pada menstruasi cenderung lebih banyak. Setelah flek, biasanya wanita juga akan langsung mengalami menstruasi.

Sakit Pinggang

tanda tanda hamil muda pada perut

Gejala umum yang dialami oleh wanita yang hamil muda adalah sakit pinggang. Bagian yang sakit atau nyeri ada di bagian bawah punggung.

Anda harus mendapatkan posisi tidur yang benar di malam hari agar sakit pinggang tidak bertambah parah. Selain itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter agar mendapat obat pereda nyeri punggung.

Payudara dan Putting Mengalami Perubahan

penyebab nyeri pada payudara

Payudara dan putting wanita yang hamil juga akan mengalami perubahan. Payudara akan terasa lebih kencang bahkan nyeri ketika awal kehamilan. Selain itu, payudara juga akan semakin besar dan berat.

Putting akan terlihat lebih merah dan sekitarnya menjadi lebih hitam dari biasanya.

Payudara dan putting mengalami perubahan karena terjadinya peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Artinya, tubuh Anda sedang mempersiapkan produksi ASI.

Jika Anda mengalami tanda-tanda awal kehamilan seperti di atas, maka sebaiknya lakukan tes kehamilan mandiri dengan menggunakan test pack pada pagi hari agar hasilnya lebih akurat.

Selain itu, jangan lupa konsumsi makanan dan jus yang bagus untuk ibu hamil. Pastikan nutrisi tubuh ibu hamil terpenuhi agar janin berkembang dengan baik ya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *